5 Cara Mudah Mencegah Migrain Kambuh

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 06 Aug 2019, 14:40 WIB
Pepatah menyebutkan “lebih baik mencegah, daripada mengobati”. Lalu, bagaimana cara mencegah migrain agar tidak sering kambuh?
5 Cara Mudah Mencegah Migrain Kambuh (Sebra/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Mencegah migrain kambuh barangkali adalah jurus yang sangat dicari oleh penderita jenis sakit kepala yang satu ini.  Bagi penderitanya migrain akan mengakibatkan nyeri kepala hebat, berdenyut, dan hanya dirasakan pada satu sisi kepala. Keluhan ini dapat bertahan hingga beberapa jam.

Kondisi yang sangat mengganggu ini tentu sangat tidak diinginkan oleh mereka yang biasa mengalami migrain. Tapi, bagaimana caranya untuk mencegah migrain kambuh?

Tips mencegah migrain

Bagi Anda yang sudah terdiagnosa dengan migrain, mungkin dokter juga sudah memberikan resep obat-obatan untuk dikonsumsi. Tapi, selain pengobatan tersebut, ada beberapa hal yang dapat Anda perhatikan untuk mencegah kekambuhan migrain. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tidur yang cukup

Hampir 50 persen serangan migrain terjadi pada pagi hari, sejak pukul empat hingga sembilan pagi. Tentunya hal ini sangat mungkin mengganggu tidur Anda. Di sisi lain, tidur kurang atau jadwal tidur yang tidak teratur bisa membuat Anda lebih rentan terkena serangan migrain.

Oleh sebab itu, mulailah menerapkan hal-hal berikut ini agar tidur Anda lebih berkualitas dan terhindar dari insomnia.

  • Usahakan memiliki jadwal tidur dan bangun yang sama setiap hari, walaupun pada akhir pekan atau sedang liburan. Sebaiknya, Anda menargetkan tidur 7-8 jam setiap harinya.
  • Pakailah kamar tidur hanya untuk tidur dan beristirahat. Sebaiknya minimalkan gangguan, misalnya hindari meletakkan TV di dalam kamar tidur. Selain itu, hindari juga penggunaan ponsel di dalam kamar.
  • Pada sore dan malam hari menjelang waktu tidur, usahakan melakukan aktivitas yang santai dan menenangkan. Misalnya saja mendengarkan musik yang menenangkan, mandi air hangat, atau membaca buku.

2. Kontrol asupan makanan dan minuman

Beberapa jenis makanan dan minuman diketahui dapat memicu migrain. Misalnya saja coklat, beberapa jenis keju, daging yang diawetkan, makanan yang mengandung ragi, ikan asap, makanan yang mengandung pengawet, alkohol (terutama anggur dan bir). Jadi, usahakan menghindari makanan tersebut.

Penderita migrain sebaiknya setiap hari mengonsumsi makanan dari bahan-bahan segar untuk menghindari pengawet. Yang perlu dimakan adalah makanan bergizi yang mengandung sayur dan buah, sumber protein tanpa lemak, dan biji-bijian (whole grain).

Penurunan kadar gula dalam darah juga dapat menjadi pemicu migrain. Jadi, pastikan Anda makan teratur setiap harinya. Usahakan selalu makan dalam jam yang sama. Pastikan juga Anda cukup minum setiap hari, mengingat 1/3 penderita migrain menyatakan dehidrasi juga dapat memicu migrain.

Perhatikan juga konsumsi kafein Anda. Di satu sisi, kafein adalah salah satu zat yang digunakan dalam obat untuk mengatasi migrain. Di sisi lain, terlalu banyak kafein dapat menjadi pemicu migrain. American Migrain Foundation menyarankan pembatasan konsumsi kafein sebesar 200mg per hari.

1 of 2

Selanjutnya

3. Berolahraga secara rutin

Penelitian menunjukkan olahraga aerobik secara rutin dapat membantu serangan migrain lebih jarang muncul, berdurasi lebih singkat, serta nyeri yang terasa menjadi lebih ringan. Anda dapat mencoba berjalan, berenang, atau bersepeda, misalnya.

Saat berolahraga, tubuh akan menghasilkan zat kimia yang dapat memblokir sinyal nyeri menuju otak. Selain itu, olahraga membantu mencegah stres, kecemasan dan depresi, yang dapat menjadi pemicu migrain. Mereka dengan obesitas, yang dapat diatasi dengan olahraga rutin, juga lebih berisiko terkena sakit kepala kronis.

4. Hindari dan atasi stres

Seperti disebutkan sebelumnya, stres adalah salah satu pemicu migrain. Bahkan, stres merupakan pemicu pada hampir 70 persen penderita migrain. Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  • Lakukan hal yang Anda sukai dan bersifat menenangkan setiap hari. Misalnya saja mendengarkan musik, bermeditasi, jalan santai, yoga, dan lain sebagainya.
  • Bagi tugas dan pekerjaan Anda dengan efektif. Buatlah daftar pekerjaan yang perlu dilakukan untuk membantu produktivitas Anda. Jika memungkinkan, delegasikan tugas Anda.
  • Berusaha untuk selalu berpikir positif.
  • Apabila Anda merasa kewalahan, jangan ragu untuk beristirahat sejenak.

5. Perhatikan paparan cahaya dan wangi-wangian

Cahaya alami, lampu fluorescent, cahaya berkedip, serta beberapa jenis wewangian dapat menjadi penyebab migrain kambuh. Oleh sebab itu, Anda dapat melakukan:

  • Gunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan.
  • Saat berada dalam ruangan, usahakan untuk duduk dekat jendela serta hindari cahaya artifisial, terutama yang berkedip-kedip.
  • Hindari penggunaan parfum.
  • Hindari paparan dengan makanan beraroma menyengat, bensin, atau bahan kimia lainnya dengan bau yang kuat.

Sebenarnya, perubahan gaya hidup turut membantu mencegah migrain kambuh. Selain berbagai tips di atas, beberapa jenis obat-obatan juga dapat dikonsumsi secara rutin untuk mencegah timbulnya migrain. Diskusikan pengobatan ini dengan dokter Anda apabila dirasa perlu.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓