Sering Minum Jus Nanas Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi?

Oleh Tamara Anastasia pada 06 Aug 2019, 14:50 WIB
Sebagian orang percaya sering minum jus nanas bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Fakta atau hanya mitos belaka?
Sering Minum Jus Nanas Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi? (Africa Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kolesterol tinggi atau disebut dislipidemia merupakan kondisi di mana terjadi ketidakseimbangan kolesterol akibat tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Sebagian kalangan masyarakat percaya bahwa sering minum jus nanas bisa menurunkan kolesterol tinggi. 

Anggapan tersebut bisa jadi didasari fakta bahwa buah nanas – baik disajikan sebagai buah potong atau dibuat jus – memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, bagaimana pendapat medis bahwa nanas memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol tinggi?

Nanas dan kolesterol tinggi

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter, nanas memang merupakan salah satu buah yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi. Ini karena nanas mengandung serat yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan ekskresi empedu yang berdampak pada berkurangnya siklus enterohepatik. 

“Berkurangnya siklus enterohepatik akan buat kolesterol yang larut dalam empedu banyak dibuang dan jumlah kolesterol yang ada dalam tubuh jadi jauh lebih berkurang,” kata dr. Iqbal. 

Selain kaya serat,  nanas juga mengandung vitamin C dan bromelain. Kedua zat tersebut dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh.

 “Vitamin C dan bromelain itu gunanya menurunkan peradangan yang ada di dalam tubuh, dan mengurangi plak atau lemak yang menempel pada darah manusia. Sehingga, jika lemak yang menempel itu berkurang, maka kadar kolesterol dalam tubuh juga secara otomatis bakal menurun,” imbuhnya. 

Buah lain yang juga ampuh turunkan kolesterol tinggi

Selain buah nanas, ada pula beberapa jenis buah lain yang juga mampu menurunkan kolesterol tinggi. Menurut  dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, beberapa macam buah yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol antara lain:

  1. Apel

Sebuah penelitian di The Florida State University menemukan bahwa wanita lanjut usia yang mengonsumsi apel setiap hari selama 6 bulan mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga 23% dan mengalami peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) sebanyak 4%.

Hal itu diduga berkat kandungan polifenol pada apel yang dapat menghambat proses oksidasi dari kolesterol jahat. Dengan ini, risiko pembentukan plak dan penyempitan pembuluh darah bisa diminimalkan.

  1. Pisang

Tahukah Anda bahwa pisang juga mampu menurunkan kolesterol tinggi? Ini karena pisang mengandung serat yang mampu menghambat penyerapan kolesterol di dalam darah. Selain itu, buah berwarna kuning ini juga memiliki kandungan kalium atau potasium yang mampu menjaga kesehatan pembuluh darah.

  1. Stroberi

Hasil penelitian mengatakan bahwa stroberi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat di dalam darah. Tak hanya itu, serat dan fitosterol yang ada pada buah ini juga bisa menurunkan kadar trigliserida, yang pada akhirnya menekan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

  1. Jus Jeruk

Jeruk kaya akan kandungan sterol, yang diduga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian menemukan peningkatan kadar HDL hingga 21% pada pria dan wanita yang mengonsumsi 750 mililiter jus jeruk setiap hari. Kadar kolesterol baik (HDL) yang tinggi berkaitan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

  1. Anggur

Mengonsumsi buah anggur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Ini karena pterostilbene yang dimiliki anggur bisa memengaruhi enzim yang terlibat dalam proses pengaturan kadar lemak darah.

Nah, ternyata tidak hanya nanas yang bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol yang melonjak dalam tubuh. Beberapa jenis buah yang dipaparkan di atas juga bisa Anda konsumsi.

Jadi tidak hanya makan buah nanas potong, minum jus nanas juga bisa turunkan kolesterol tinggi. Meski buah ini karya serat dan vitamin, namun jangan mengonsumsinya berlebihan ya. Agar penurunan kolesterol menjadi lebih efektif, kombinasikan juga dengan melakukan gaya hidup sehat lainnya seperti olahraga secara teratur, cukup tidur, hindari rokok maupun alkohol, serta kelola stres dengan baik.

(NB/ RVS)