Siklus Haid Tidak Teratur, Apakah Pertanda Tidak Subur?

Oleh dr. Devia Irine Putri pada 07 Aug 2019, 09:30 WIB
Siklus haid yang tidak teratur sering menjadi kekhawatiran para wanita. Tapi, benarkah siklus haid juga bisa jadi penanda kesuburan seseorang?
Siklus Haid Tidak Teratur, Apakah Pertanda Tidak Subur? (9nong/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Haid atau menstruasi merupakan hal yang umum dialami setiap wanita. Terjadinya haid menandakan sistem reproduksi seorang wanita mulai bekerja. Namun siklus haid tidak teratur rupanya dinilai bisa berpengaruh terhadap kesuburan wanita.

Haid sendiri didefinisikan sebagai  keluarnya darah dari rahim secara berkala. Secara umum, normal atau tidaknya haid dinilai dengan melihat siklus, lama haid dan jumlah darah yang keluar. Dari ketiga penilaian ini, umumnya yang sering dikeluhkan adalah siklus haid.

Mengenal siklus haid 

Siklus haid merupakan proses perputaran yang dialami oleh wanita setiap bulannya, dihitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid pada bulan berikutnya. Pada kondisi normal, siklus ini akan terjadi antara 21-35 hari dengan lama perdarahan 2-8 hari.

Apabila ada yang seorang wanita yang mengalami siklus haid lebih pendek dari 21 hari, lebih dari 35 hari atau tidak haid sama sekali dalam 3 bulan terakhir, maka perlu dicari tahu penyebab yang mendasarinya.

Siklus haid sendiri terdiri dari 2 tahapan, yaitu tahapan ovarium yang terbagi menjadi fase folikuler, ovulasi dan luteal, serta tahapan uterus yang terdiri dari fase menstruasi, proliferasi dan sekretori.

Secara singkat, pada tahapan ovarium yang terjadi adalah proses pematangan sel telur. Sedangkan, tahapan uterus menggambarkan perubahan dalam dinding rahim. 

Lalu, bagaimana cara menghitung siklus haid ?

Untuk mengetahui siklus haid apakah teratur atau tidak, Anda dapat membuat catatan kapan hari pertama haid datang selama 6 siklus kedepan. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa siklus haid dihitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya.

Hitunglah jarak antar hari pertama pada 6 siklus haid, sehingga Anda dapat memprediksikan masa subur dan tanggal haid pada bulan berikutnya. Setelah mengetahui perkiraan siklus haid, kini Anda dapat memperkirakan masa subur. 

Masa subur merupakan fase ketika sel telur sudah matang dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Sehingga pada saat melakukan hubungan seksual, kemungkinan terjadi kehamilan akan meningkat. Pada siklus haid yang teratur, masa subur akan jatuh pada 12-14 hari sebelum menstruasi berikutnya.

Sedangkan, bila siklus haid Anda tidak teratur, maka perhitungan masa subur dilakukan dengan cara siklus terpendek dikurangi 18 dan siklus terpanjang dikurangi 11.

Misalnya, siklus terpendek Anda adalah 28 hari dan siklus terpanjangnya adalah 35 hari, maka dengan perhitungan tersebut, masa subur Anda berada pada hari ke 10 hingga hari ke 24.

Siklus haid dan kesuburan wanita

Meski cukup sulit memperkirakan masa subur pada siklus haid yang tidak teratur dengan sistem kalender, Anda juga dapat menggunakan cara lain untuk memperkirakan masa subur dengan melihat adanya lendir serviks yang bening dan licin, peningkatan suhu basal tubuh, ovulation kit (seperti alat tes pack kehamilan) atau dengan aplikasi menstruasi yang bisa di unduh dengan ponsel Anda.

Siklus haid yang tidak teratur bukan berarti menjadi tanda bahwa seorang wanita tidak subur. Ada banyak faktor yang memengaruhi tingkat kesuburan seseorang. Beberapa faktor tersebut antara lain genetik, usia, gaya hidup (alkohol, rokok), berat badan yang berlebihan, riwayat seksual (penyakit menular seksual yang berulang), pekerjaan, gangguan hormon maupun kelainan pada organ reproduksi.

Faktanya sebagian besar perempuan justru kurang memahami siklus haid yang dialami. Dengan mengetahui siklus haid, Anda jadi bisa mengetahui masa subur.

Siklus haid yang tidak teratur dapat menjadi tanda awal suatu penyakit, misalnya gangguan hormon tiroid maupun PCOS. Oleh sebab itu, selalu catat siklus haid Anda. Bila perlu, berkonsultasilah kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mencari tahu apakah ada kelainan yang mendasari.

[NP/ RVS]

emildaoktarina84.gmail_1568093262714emildaoktarina84.gmail_1568093262714

dok.. saya seoeang ibu dari 2 ank.sejak kelahiran ank ke 2 dithn 2007 saya KB suntik 3 bulan.awalnya saya haid meskipun kadang2..dan skrg terahir saya haid 2 tahun yg lalu. setelah itu blm haid lagi. saya masih kb 3 bln.apa nggak bahaya dok?lanttas saya hrs gimana.perut terasa membesar.