7 Mitos dan Fakta Seputar Payudara

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 08 Aug 2019, 15:20 WIB
Ketahui berbagai mitos dan fakta seputar payudara berikut ini agar Anda tak salah persepsi.
7 Mitos dan Fakta Seputar Payudara (Expensive/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai salah satu organ yang memiliki daya tarik seksual, payudara memang menjadi bagian tubuh wanita yang kerap menjadi perhatian. Tidak heran ada banyak mitos dan fakta seputar payudara yang berkembang di tengah masyarakat.

Payudara merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang kerap mendapatkan perhatian, baik dari sisi perawatan maupun kesehatan. Payudara sendiri tidak memiliki jaringan otot, karena terbentuk dari jaringan lemak. Jaringan ikat serta ligament lah yang selama ini berperan penting dalam mempertahankan anatomi payudara.

Fakta-fakta semacam itu mungkin jarang diketahui masyarakat. Selama ini awam mungkin lebih banyak berkutat dengan mitos yang banyak beredar, sehingga sering salah persepsi tentang payudara

Mitos dan fakta yang perlu Anda tahu

Nah, agar Anda semakin memahami tentang payudara, berikut beberapa mitos dan fakta seputar payudara yang perlu Anda ketahui. Dengan memahami fakta yang sebenarnya tentang payudara, diharapkan Anda bisa lebih bisa menjaga kesahatan bagia tubuh yang satu ini.

1. Ukuran payudara di bagian kanan dan kiri berbeda

Ini fakta. Perbedaan ukuran payudara kanan dan kiri merupakan variasi normal. Sebanyak 80 persen wanita memiliki ukuran payudara yang tidak sama besar. Dikatakan asimetris apabila ukuran payudara berbeda jauh, misalnya payudara kiri berukuran B sementara payudara kanan berukuran C.

2. Payudara besar dapat memproduksi ASI lebih banyak

Ini mitos. Produksi ASI tidak ditentukan dari ukuran payudara. Karena yang menentukan produksi ASI adalah seberapa sering ASI diberikan. Semakin sering bayi mengisap ASI, maka semakin banyak jumlah ASI yang dikeluarkan.

3. Tidur tanpa memakai bra akan merubah bentuk payudara

Ini juga mitos. Tidur tanpa memakai bra tidak akan mengubah bentuk payudara. Kebiasaan ini dari sisi kesehatan justru sangat baik karena dapat membuat tidur lebih nyaman serta relaks, karena peredaran darah menjadi lebih lancar.

4. Menyusui membuat payudara menjadi lebih kendur

Lagi-lagi ini juga mitos. Menyusui tidak membuat payudara menjadi lebih kendur. Perubahan payudara disebabkan perubahan hormon yang membuat payudara lebih membesar karena memproduksi ASI dan akan mengecil kembali setelah anak mulai disapih.

5. Bentuk payudara akan berubah seiring bertambah usia

Ini jelas fakta. Seiring pertambahan usia, bagian tubuh akan mengalami perubahan termasuk bentuk payudara. Karena massa sel dan otot akan mengalami perubahan dan pengenduran akibat kolagen di dalam tubuh yang mulai berkurang. 

6. Meremas payudara dapat merubah ukuran payudara

Tak perlu dipercaya karena itu cuma mitos. Meremas payudara tidak membuat ukuran payudara bertambah besar, namun yang dirasakan mungkin payudara akan menjadi lebih penuh. Karena rangsangan tersebut membuat aliran darah meningkat ke payudara dan terlihat membesar sementara.

7. Puting yang rata atau masuk ke dalam tidak dapat menyusui

Ini adalah mitos. Menyusui sebenarnya bukan dari puting, tapi dari areola. Sehingga,  ukuran dan bentuk puting tidak memengaruhi produksi ASI. Jadi, wanita dengan puting yang rata atau masuk ke dalam tetap dapat menyusui anaknya dengan baik.

Tips menjaga kesehatan payudara

Payudara merupakan salah satu bagian penting pada tubuh wanita, sehingga perlu dijaga kesehatannya. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan payudara:

  • Mengonsumsi makanan sehat. Terapkan pola makan yang sehat dan kaya akan vitamin serta mineral seperti sayur dan buah.
  • Hentikan kebiasaan merokok dan hindari paparan asap rokok. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak merokok.
  • Rutin olahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Rutin olahraga dapat mencegah penyakit kanker payudara. Usahakan untuk olahraga minimal 30 menit setiap hari.

Nah, kini Anda sudah bisa membedakan antara mitos dan fakta seputar payudara. Agar kesehatan payudara Anda selalu terjaga, lakukan pemeriksaan payudara sendiri di rumah. Apabila ada mendapati ada perubahan pada payudara, segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter agar bisa segera ditangani.

[NP/ RVS]