Manfaat Mengajarkan Arti Kemerdekaan pada Si Kecil

Oleh KlikDokter pada 09 Aug 2019, 08:00 WIB
Mengajari Si Kecil tentang arti kemerdekaan bukanlah hal yang mudah dan sederhana. Akan tetapi, manfaatnya sangat besar untuk Si Kecil.
Manfaat Mengajarkan Arti Kemerdekaan pada Si Kecil (Odua Images/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bangsa Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan ke-74 pada tanggal 17 Agustus mendatang. Perayaan dan parade meriah biasanya dilakukan di Istana Negara, kantor pemerintahan, sekolah, hingga rumah warga. Namun tak sekadar meriah, Si Kecil tetap harus memahami apa arti di balik kemerdekaan tersebut. Tugas orang tualah untuk mengajarkan arti kemerdekaan itu pada Si Kecil, tentu harus sesuai dengan usianya.

Arti merdeka bagi Si Kecil

Mengajari Si Kecil mengenai arti kemerdekaan tentu bukan hal yang mudah dan sederhana. Namun, dengan mengetahui pentingnya arti kemerdekaan, Si Kecil akan memiliki kebanggaan yang tinggi pada negeri, menghargai sejarah, dan semakin mencintai Tanah Air.

Kemerdekaan berarti keadaan bebas, lepas, dan tidak terjajah lagi. Bunda dapat mengintegrasikan konsep ini ke dalam pembelajaran Si Kecil agar dia lebih mudah memahami kemerdekaan sesuai dengan versinya sendiri.

Bunda dapat mengajarkan Si Kecil bahwa dengan kemerdekaan, dia bisa merasakan kebebasan pendidikan yang baik dan memiliki tempat tinggal yang layak. Termasuk, hidup bersama keluarga serta mendapatkan asupan makanan dan minuman bergizi yang dia sukai.

Ajarkan juga pada Si Kecil bahwa dengan adanya kemerdekaan Indonesia, dia kini memiliki berbagai hak dan perlindungan. Hak dan perlindungan ini misalnya hak untuk bermain dan belajar, berkarya, tidak dipaksa bekerja selama masih di bawah umur, hak mendapatkan perawatan kesehatan ketika sakit, dan perlindungan dari kekerasan fisik maupun psikis.

Berikan Si Kecil contoh yang mudah dimengerti dan dialami sehari-hari. Misalnya, dia bisa bebas bermain dengan teman-temannya saat ini berkat peran pahlawan-pahlawan terdahulu yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Salah satu cara untuk mengajari Si Kecil makna kemerdekaan sejak dini dapat dimulai dari kegiatan yang sifatnya selebrasi. Misalnya, ikut lomba Pancasila, belajar menyanyikan dan menghafal lagu-lagu kemerdekaan dan nasional, serta mengikuti upacara baik di televisi maupun ikut serta secara langsung.

Ajak Si Kecil untuk memasang bendera Merah Putih di rumah dan ceritakan sedikit mengenai kisah kemerdekaan Indonesia. Tekankan bahwa mengibarkan bendera Merah Putih adalah buah perjuangan panjang para pahlawan Indonesia. Hal tersebut tentu perlu mendapat apresiasi.

Bunda juga bisa mengajak Si Kecil bertamasya ke berbagai tujuan wisata historis, seperti museum atau situs bersejarah lainnya. Bangkitkan rasa ingin tahu Si Kecil dengan menceritakan sedikit cerita di balik tempat wisata tersebut dan perannya dalam meraih kemerdekaan Indonesia.

Sehat dan kuat seperti pahlawan

Ajak Si Kecil mengenal pahlawan-pahlawan kemerdekaan Indonesia dan menjadikannya sebagai panutan. Bangkitkan pula keinginan Si Kecil untuk menjadi pahlawan-pahlawan masa kini. Hal itu dimulai dengan tubuh yang kuat dan sehat.

Nah, bunda bisa memberikan Si Kecil susu Morinaga Chil*Go! setiap hari. Susu steril Enak Bernutrisi ini sangat baik untuk usia 1-12 tahun. Kandungan serat pangan inulin 1700 mg, kolin, inositol, vitamin B kompleks, zat besi, dan yodiumnya dapat mendukung kecerdasan multitalenta, sedangkan zink, kalsium, serta vitamin A, C, E, sangat baik untuk pertahanan tubuh ganda Si Kecil.

Susu Morinaga Chil*Go! juga praktis dan mudah dibawa saat Bunda mengajak Si Kecil upacara di sekolah, mengunjungi museum, atau ikut lomba di sekolah. Karena dikemas dalam bentuk cair, Morinaga Chil*Go! bisa menjadi bekal sehat yang praktis untuk dinikmati di mana saja dan kapan saja, termasuk di sela-sela aktivitas hariannya. Varian rasanya yang beragam, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu, pasti akan disukai Si Kecil.

Mengajarkan Si Kecil arti kemerdekaan Indonesia akan membuatnya lebih menghargai jasa para pahlawan dan mencintai Tanah Air. Si Kecil juga akan termotivasi mengisi kemerdekaan dengan hal positif untuk kemajuan bangsa. Nah, sambil Si Kecil belajar dan mencintai negeri, sertakan juga susu Morinaga Chil*Go! yang Enak Bernutrisi dan praktis!

[HNS/ RH]