5 Cara Membangkitkan Semangat Kerja

Oleh Ayu Maharani pada 09 Aug 2019, 14:40 WIB
Membangkitkan semangat kerja perlu segera Anda lakukan jika Anda mengalami rasa jenuh dalam bekerja. Caranya tak sulit, kok. Cukup ikuti tips ini!
5 Cara Membangkitkan Semangat Kerja (miya227/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kejenuhan yang dialami setiap orang adalah hal yang umum terjadi. Namun Anda tidak boleh membiarkannya berlarut-larut. Anda harus segera membangkitkan semangat kerja Anda agar produktivitas tetap terjaga.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membangkitkan semangat kerja Anda dan keluar dari rasa jenuh. Salah satunya adalah dengan mengubah pola pikir. Ketika pola pikir sudah diubah, otomatis hasil atau tindakan Anda ikut berubah. Dengan demikian, Anda punya pasokan semangat lagi sama seperti saat pertama kali bekerja.

Dikutip dari Psychology Today, setidaknya ada lima cara untuk menumbuhkan kecintaan Anda terhadap pekerjaan lama, yaitu:

  • Renungkan lagi apa yang paling menarik dari pekerjaan Anda

Bila Anda sudah bekerja bertahun-tahun, mungkin yang membuat Anda bertahan bukanlah sekadar gaji. Bertahannya Anda di lingkungan kerja lama bisa saja disebabkan oleh orang-orang baik dan hebat di sekitar Anda. Jadi, tiap kali merasa bosan, berinteraksilah bersama mereka.

Namun, orang datang dan pergi. Orang-orang yang menyemangati Anda bisa jadi tidak ada di kantor lagi. Karena itu, pikirkan lagi hal menarik lain dari pekerjaan Anda. Apakah itu tugas luar yang menantang, selalu bertemu orang-orang baru, atau topik-topik baru yang enak dibicarakan.

Berusahalah untuk mencari hal menarik dan positif dari pekerjaan lama Anda. Jika terlalu terfokus pada rasa bosan, Anda akan susah untuk “bangkit”.

  • Mintalah apa yang sudah lama Anda inginkan

Kebosanan bisa terjadi ketika Anda menunggu sebuah hal yang tidak pasti. Jadi, ini mungkin saat yang tepat untuk mengomunikasikan kebutuhan Anda pada manajer. Manajemen mungkin tidak menyadari bahwa Anda telah “kehabisan bensin”. Karena itu, mintalah tambahan anggota tim agar target perusahaan yang sudah dicanangkan tidak mandek.

Satu hal yang perlu diperhatikan, saat sedang meminta sesuatu pada manajer Anda, jangan terbawa emosi. Mintalah bukan berdasarkan keinginan subjektif saja, melainkan dengan data atau fakta yang ada. Atasan pun bisa mempertimbangkan permintaan Anda dengan lebih bijak.

1 of 2

Selanjutnya

  • Pelajari hal baru

Terlalu lama bekerja bisa membuat bosan karena Anda telah menguasai semua yang perlu Anda ketahui. Mulai sekarang, cobalah untuk mengubah pandangan tersebut. Pasalnya, perubahan adalah sesuatu yang pasti terjadi. Karena itu, manfaatkanlah waktu untuk mempelajari hal-hal baru. 

Anda juga bisa meningkatkan nilai diri dengan mengikuti pelatihan atau seminar yang terkait dengan pekerjaan Anda. Ikuti segala kegiatan positif yang diselenggarakan oleh kantor, meski itu tidak berkaitan langsung dengan jobdesc. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengalaman dan ilmu baru sekaligus dapat memercikkan semangat dalam bekerja. 

  • Reset” stres Anda

Sengaja tidak ambil cuti untuk berlibur dan memilih bekerja lama-kelamaan akan membuat Anda kehilangan minat pada pekerjaan. Bila otak kurang piknik dan kurang istirahat, Anda cenderung akan melakukan banyak kesalahan (ceroboh). Jadi, coba beri diri Anda waktu untuk me-reset ulang semua stres dengan berlibur.

Selain itu, maksimalkan waktu istirahat Anda ketika bekerja. Jangan isi waktu istirahat Anda di depan laptop. Seperti dijelaskan dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, orang yang cukup istirahat di tengah pekerjaan justru bisa lebih produktif dan memiliki kadar stres yang lebih rendah. Selain itu risiko penat juga lebih rendah, serta dapat tidur lebih baik dibandingkan yang tidak menggunakan waktu istirahat dengan baik di kantor.

“Jadi, menggunakan waktu istirahat untuk bekerja demi mengefisiensikan waktu sebenarnya tidak tepat. Kebiasaan itu justru akan membuat Anda jenuh, sehingga produktivitas pun menurun,” kata dr. Reza.

  • Letakkan “penyemangat di meja kerja” 

Bila rasa semangat hilang dan kalah dengan rasa bosan, mungkin Anda bisa meletakkan beberapa barang yang dapat mengembalikan lagi perasaan positif. Pasalnya, menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, beberapa benda memang terbukti dapat meningkatkan mood, semangat, bahkan kreativitas. 

Adapun beberapa barang yang bisa diletakkan di meja kerja, antara lain:

  • Tanaman mini penghias meja. Warna hijau dipercaya mampu meningkatkan kreativitas.
  • Foto keluarga untuk mengingatkan alasan mengapa Anda harus bekerja bekerja keras dan pulang dengan selamat.
  • Dark chocolate. Cokelat jenis ini mengandung bahan yang dapat menstimulasi pelepasan hormon endorfin, yakni hormon antistres yang dapat membuat seseorang merasa senang.
  • Akuarium mini. Suara gemericik air dan gerakan ikan yang lambat dengan liukan indah ternyata mampu memberikan efek relaksasi di tengah penatnya pekerjaan.

Jika Anda merasa saat ini sedang kehilangan hasrat untuk bekerja, segera lakukan lima cara di atas. Dengan membangkitkan semangat bekerja, produktivitas Anda pun akan naik. Saat produktivitas Anda meningkat, bukan hanya atasan yang senang, Anda pasti juga akan bangga pada diri Anda sendiri.

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓