Ini Dia 6 Cara Ampuh Menghilangkan Selulit

Oleh Tamara Anastasia pada 09 Aug 2019, 15:20 WIB
Bagi wanita munculnya selulit terasa mengganggu karena bisa merusak penampilan. Ini lo, ada cara menghilangkan selulit yang bisa Anda coba.
Ini Dia 6 Cara Ampuh Menghilangkan Selulit (Zyn Chakrapong/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kulit sehat dan mulus tanpa cela adalah impian semua orang, khususnya wanita. Bagi wanita kemunculan selulit bisa sangat meresahkan, sampai bisa menurunkan rasa percaya diri. Padahal ada sejumlah cara menghilangkan selulit yang bisa dicoba untuk mengusir masalah kulit yang satu ini. 

Selulit adalah timbunan lemak yang berada di bawah lapisan kulit. Timbunan lemak ini terlihat seperti garis-garis dan biasanya muncul di area paha, perut, bokong, dan bawah lengan. Selulit memutus ikatan antara elastin dan kolagen pada kulit, sehingga membuat kulit tampak lebih rusak.

Jumlah lemak dalam tubuh dan tingkat ketebalan kulit bisa berpengaruh pada munculnya selulit. Pada kebanyakan kasus, selulit muncul hanya pada kulit wanita. Menurut American Society for Aesthetic Plastic Surgery, hampir 85 persen wanita di atas usia 20 tahun memiliki selulit di kulitnya, sedangkan pada pria hanya 10 persen. Ini karena kulit pria cenderung lebih tebal, sehingga lemak lebih sulit menembus lapisan dermis (kulit antara epidermis).

Penyebab munculnya selulit

Sampai saat ini, belum ada penyebab pasti kenapa selulit bisa muncul. Namun, beberapa penelitian menunjukan adanya hubungan antara hormon dan faktor genetik seseorang dengan munculnya selulit.

Pada faktor genetik, yang dimaksud adalah jenis kelamin, ras, metabolisme, dan distribusi lemak bawah kulit. Sedangkan pada hormon, estrogen, insulin, noradrenalin, tiroid, dan prolaktin dipercaya memegang peranan penting dalam proses terbentuknya selulit. 

Seiring bertambahnya usia, produksi estrogen wanita berkurang. Hal ini menyebabkan kolagen di kulit menjadi lebih sedikit, dan aliran darah di kulit juga ikut terhambat.

Pola hidup tidak sehat juga bisa menjadi penyebab selulit muncul pada kulit. Dari KlikDokter, dr. Theresia Rina Yunita juga menyebutkan, orang yang sering mengonsumsi makanan berlemak, mengandung karbohidrat tinggi, dan garam tinggi juga lebih berisiko mengalami selulit.

Selain itu, gaya hidup malas-malasan atau sedenter serta kebiasaan buruk seperti merokok juga turut berkontribusi.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di dalam “Journal of Cosmetic Dermatology” menunjukan bahwa paparan asap rokok dapat melemahkan pembentukan kolagen, yang merupakan komponen struktural utama jaringan ikat. Akhirnya, selulit jadi makin terlihat.

Tidak hanya itu, penggunaan pakaian yang terlalu ketat di area bokong, paha, dan lengan juga dipercaya mampu menimbulkan selulit karena akan menghambat aliran darah untuk bergerak.

1 of 2

Cara ampuh mengurangi selulit

Karena mengganggu penampilan, banyak orang yang berupaya untuk mengenyahkannya. Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada cara yang benar-benar bisa menghilangkan selulit dengan efektif. Namun jangan panik dulu, karena ada beberapa cara yang tetap bisa Anda lakukan untuk menguranginya.

  1. Menurunkan berat badan

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, menurunkan berat badan bisa membantu memudarkan selulit. Ini berkaitan dengan berkurangnya jumlah lemak bawah kulit yang mendorong lapisan dermis. Dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa gelembung lemak akan tertarik dari dermis saat berat badan turun.

  1. Memanfaatkan ampas kopi

Kata dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, Anda juga bisa memanfaatkan ampas kopi untuk meminimalkan penampakan selulit.

“Kafein dalam ampas kopi bekerja dengan menarik cairan dari sel lemak dalam selulit, sehingga selulit tampak mengecil dan kulit terlihat lebih halus,” ungkapnya.

  1. Olahraga

Menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan saja tidak cukup. Anda perlu mengimbangi diet sehat dengan olahraga.  

“Ketika Anda melakukan olahraga, kulit akan jadi longgar dan membuat selulit jadi lebih terlihat. Imbangi dengan olahraga agar kulit jadi tampak lebih kencang dan sehat,” ujar dr. Molly Wanner, M.D., dari Harvard Medical School, seperti dikutip di Shape.

  1. Lakukan pemijatan

Pemijatan pada kulit dipercaya bisa merangsang tumbuhnya sel fibroblast, yang dapat mengurangi keaktifan sel lemak dalam tubuh. Selain itu, pemijatan juga dapat mengurangi selulit dengan berkurangnya edema pada jaringan. 

  1. Oleskan krim 

Mengoleskan krim khusus selulit juga bisa membantu mengurangi selulit tampak pada kulit. Biasanya, krim dioleskan dua kali sehari setelah mandi. Pilihlah krim oles yang mengandung kafein, aminofilin, teofilin, retinol, ekstrak gingko, minyak primrose, dan teh hijau untuk mengurangi selulit. 

  1. Radiofrekuensi

Radiofrekuensi merupakan jalur interval medis yang bisa Anda pilih untuk mengurangi jumlah selulit. Metode ini menggunakan sinar radiofrekuensi hingga suhu 52-55 derajat Celcius. Peningkatan suhu diyakini dapat mengurangi adipogenesis, suatu proses pembentukan lemak.

Meskipun belum ada cara ampuh yang bisa menghilangkan selulit secara efektif dan signifikan, tetapi Anda tetap bisa berupaya untuk menguranginya. Jika cara-cara  tersebut tidak berhasil, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Kalau tak berhasil juga tak perlu sampai patah semangat. Tetap terapkan pola hidup sehat dan cintai tubuh Anda apa adanya.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓