11 Manfaat Durian Meski Sering Dituding Picu Kolesterol Tinggi

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 10 Aug 2019, 12:00 WIB
Durian tidak sebabkan kolesterol tinggi. Jika dikonsumsi dengan tepat, manfaat durian untuk kesehatan ternyata melimpah.
11 Manfaat Durian Meski Sering Dituding Picu Kolesterol Tinggi (Taveesak Srisomthavil/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Berita bahagia untuk pecinta durian. Buah berduri yang satu ini ternyata tidak terbukti dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Manfaat durian bagi kesehatan tubuh Anda ternyata sangat beragam.

Fakta menyebutkan bahwa durian adalah buah yang memiliki kandungan beragam vitamin dan mineral. Ini dia beberapa manfaat sehat yang bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi durian:

  1. Saluran cerna lebih sehat

Buah durian mengandung kadar serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna Anda. Berkat manfaat ini, durian dapat dijadikan sebagai salah satu solusi mengatasi konstipasi atau sembelit.

  1. Mencegah penuaan dini

Durian mengandung banyak antioksidan yang berperan melawan radikal bebas, sehingga sel-sel di dalam tubuh akan terhindar dari kerusakan. Adanya manfaat ini juga bisa bikin Anda lebih awet muda, lo!

  1. Menunjang kesehatan jantung

Bukannya merusak, durian malah menunjang kesehatan jantung karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) berkat kandungan serat di dalamnya. Perlu Anda tahu, penurunan kadar kolesterol jahat sejalan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

  1. Menurunkan risiko kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada durian juga berperan untuk mencegah pembentukan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Berkat tambahan vitamin A, B, dan E yang cukup, durian mampu menurunkan risiko penyakit kanker.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Durian memiiki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Mengontrol tekanan darah

Durian mengandung kadar kalium, yang dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap berada di rentang yang normal. Ini artinya, konsumsi durian dalam porsi yang sesuai mampu menurunkan risiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  1. Membantu pembentukan sel darah merah

Durian mengandung zat besi dan tembaga yang diperlukan untuk menciptakan sel darah merah. Pada gilirannya, manfaat ini membuat durian mampu menurunkan risiko terjadinya anemia atau kurang darah.

  1. Mengatasi insomnia

Durian memiliki senyawa bernama tryptophan, yang bisa memberikan efek mengantuk (sedasi). Jadi, jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, mengonsumsi durian secara teratur dapat dijadikan sebagai solusinya.

  1. Menurunkan risiko depresi

Terdapat penelitian yang menjelaskan bahwa salah satu pemicu terjadinya depresi adalah kurangnya asupan vitamin B6. Di sisi lain, buah durian mengandung kadar vitamin B6 yang cukup banyak, sehingga mampu mencegah terjadinya depresi dan gangguan mental sejenis.

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Di dalam durian terdapat kandungan potasium yang memiliki peranan dalam menguatkan tulang dan gigi.

  1. Meningkatkan kualitas sperma

Bukan isapan jempol belaka, durian ternyata benar-benar mampu meningkatkan kualitas dan pergerakan (motilitas) sperma pria.

Meski terbukti memiliki beragam manfaat sehat, penderita diabetes perlu berhati-hati dengan buah yang satu ini. Sebab, durian memiliki kadar gula yang tinggi sehingga berpotensi menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Anggapan durian sebagai buah penyebab kolesterol tinggi tampaknya akan bergeser sebagai buah yang memiliki banyak khasiat. Bagi Anda yang bukan penderita diabetes dan ingin merasakan beragam manfaat durian, silahkan saja. Tapi batasi porsinya agar tidak berlebihan.

(NB/ RVS)