Agar Sukses Persalinan Normal, Ini 5 Hal yang Perlu Anda Tahu

Oleh dr. Devia Irine Putri pada 10 Aug 2019, 16:00 WIB
Beberapa hal penting berikut ini perlu diketahui ibu hamil untuk menyukseskan proses persalinan normal yang akan dijalani nanti.
Agar Sukses Persalinan Normal, Ini 5 Hal yang Perlu Anda Tahu (Nutlegal Photographer/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Setiap ibu pasti senang menyambut kedatangan buah hati ke dunia. Segala persiapan pun sudah dilakukan, termasuk mempersiapkan proses persalinan. Saat ini proses persalinan normal masih menjadi pilihan oleh sebagian wanita.

Lakukan ini agar persalinan normal lancar

Sukses menjalani persalinan normal akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi beberapa wanita. Apabila Anda ingin merencanakan persalinan normal, berikut ini terdapat beberapa hal yang penting untuk diketahui agar persalinan dapat berjalan dengan baik, antara lain :

  1. Pastikan kondisi ibu sehat

Faktor ibu merupakan hal yang utama. Kondisi ibu yang sehat dan tidak ada komplikasi selama kehamilan dapat menyukseskan persalinan normal yang akan dihadapi.

Selama mempersiapkan persalinan, diharapkan ibu hamil tidak memiliki lonjakan berat badan yang hebat. Karena apabila terjadi berat badan berlebih, maka proses persalinan dapat mengalami kesulitan.

Selain faktor kesehatan dari ibu, yang tidak kalah penting adalah adanya power atau kekuatan untuk mengeluarkan janin keluar. Yang dimaksud dengan power pada persalinan adalah adanya kontraksi pada rahim yang kuat dan teratur.

Kontraksi yang baik pada ibu dapat membantu penurunan kepala janin ke bagian mulut rahim, sehingga reflek mengejan dapat terjadi. Selain untuk membantu mengeluarkan janin, adanya kontraksi rahim yang baik dapat mencegah terjadinya perdarahan pasca kelahiran.

  1. Perhatikan jalan lahir

Faktor kedua adalah passage atau jalan lahir janin. Jalan lahir menjadi salah satu faktor yang penting dalam proses persalinan normal. Umumnya, jalan lahir akan dilihat dengan melihat ukuran panggul dari si ibu. 

Apabila wanita tersebut memiliki ukuran panggul yang normal, maka persalinan normal dapat berjalan dengan baik. Begitu juga sebaliknya. Jika ukuran panggul cenderung sempit, maka kepala janin tidak dapat turun ke bagian mulut rahim, sehingga persalinan section cesarean menjadi pilihan.

1 of 2

Selanjutnya

  1. Posisi janin

Faktor janin atau passenger juga menjadi kunci keberhasilan dari persalinan normal. Pada normalnya, posisi terbawah janin adalah kepala janin. Apabila bagian terbawah bukanlah kepala janin, maka persalinan normal umumnya akan mendapatkan kesulitan.

Selain posisi kepala janin harus di bawah, berat janin yang terlalu besar juga memengaruhi kelancaran persalinan. Jika berat janin terlalu besar (lebih dari 4kg), maka janin akan kesulitan untuk keluar dan risiko tersangkut pada jalan lahir juga besar. 

  1. Penolong persalinan

Penolong persalinan juga menjadi penentu apakah persalinan dapat berjalan dengan baik atau tidak. Pilihlah penolong persalinan yang memang memiliki kemampuan pada bidangnya, seperti dokter atau bidan.

Selain itu, pertimbangkan pula tempat Anda ingin melahirkan. Rumah sakit atau rumah bersalin menjadi tempat persalinan yang disarankan untuk melahirkan dibandingkan di rumah.

Hal ini dapat Anda pertimbangkan mengingat pada fasilitas kesehatan tersebut terdapat persediaan obat maupun alat yang dibutuhkan apabila terjadi komplikasi dalam proses persalinan.

  1. Dukungan dari pasangan dan keluarga

Dukungan pasangan dan keluarga pada proses persalinan merupakan faktor yang tak bisa ditinggalkan.

Dalam mempersiapkan persalinan, suami dan keluarga dapat turut serta mendukung ibu hamil seperti ikut ambil peran saat kontrol kandungan rutin, menemani olahraga atau senam hamil, dan memberi motivasi bahwa persalinan bukanlah hal yang menakutkan dan merupakan hal alami yang akan dijalani oleh wanita.

Pada saat persalinan berlangsung, pasangan pun masih tetap dapat memberikan dukungan fisik seperti mengelus punggung ibu saat kontraksi muncul dan memegang tangan. Adanya dukungan positif dari pasangan dan keluarga juga turut membantu kelancaran proses persalinan yang dijalani. 

Kesuksesan dalam persalinan normal tidak hanya dari faktor ibu saja, melainkan melibatkan banyak faktor. Oleh sebab itu, komunikasikan masalah persalinan dengan pasangan, keluarga serta tenaga kesehatan yang akan membantu proses persalinan. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka persalinan dapat berjalan dengan baik.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓