Benarkah Buah Sirsak Ampuh Mencegah Kanker?

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 11 Aug 2019, 10:00 WIB
Buah sirsak dinilai dapat mencegah kanker. Tapi, benarkah anggapan yang selama ini berkembang di masyarakat?
Benarkah Buah Sirsak Ampuh Mencegah Kanker? (Francisco-Rodriguez-Herna/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Buah sirsak terutama daunnya diduga memiliki salah satu manfaat bagi kesehatan, yaitu mencegah kanker. Hal ini berdasarkan dari kandungan sirsak yang kaya akan antioksidan, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan munculnya sel kanker di dalam tubuh.

Di Indonesia sendiri, masih banyak masyarakat yang memilih pengobatan alternatif dengan mengonsumsi obat-obat herbal dibandingkan obat-obatan kimia, salah satunya pada pengobatan kanker dengan racikan daun sirsak.

Daun sirsak dan penyakit kanker

Penggunaan daun sirsak untuk pengobatan dilakukan dengan berbagai resep racikan obat herbal, salah satunya dengan cara merebus daun sirsak kurang lebih jumlahnya 10 helai daun dengan 3 gelas air putih, lalu air tersebut diminum sebagai obat.

Menang telah banyak penelitian yang dilakukan terkait penggunaan daun sirsak dalam mengobati penyakit kanker. Penelitian tersebut melaporkan bahwa di dalam daun sirsak terdapat zat anti kanker yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan zat tersebut adalah annonaceous acetogenins.

Namun, bukti ilmiah yang sudah dilakukan masih kurang cukup dan kuat untuk mengklaim manfaat daun sirsak dalam pengobatan kanker dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Jika saat ini Anda sedang dalam masa pengobatan kanker, fokuslah dulu dalam pengobatan Anda. Karena obat herbal sebagai pengobatan alternatif sifatnya untuk menjaga kesehatan dan mencegah munculnya penyakit, bukan sebagai terapi untuk menyembuhkan, menggantikan obat dari dokter atau menggabung obat dari dokter dengan obat herbal tersebut.

Karena dikhawatirkan suatu saat keduanya dapat berinteraksi dan menimbulkan efek samping pada tubuh.

Tapi ingat, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter yang selama ini merawat Anda bila ingin mengonsumsi obat dari buah sirsak ini secara berbarengan dengan obat Anda.

Apabila dokter memperbolehkan, perhatikan jumlahnya agar tidak berlebihan. Sebab, konsumsi daun sirsak secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kontrol gerak tubuh dan halusinasi.

Selain itu, penggunaan daun sirsak tidak disarankan pada beberapa kondisi kesehatan tertentu, seperti:

  • Tekanan darah rendah.
  • Sedang dalam pengobatan tekanan darah tinggi dan diabetes.
  • Kondisi Hamil.
  • Ibu menyusui.
  • Menderita gangguan organ hati.
  • Menderita gangguan organ ginjal.

Tips mencegah kanker

Melihat dari berbagai pendapat terkait penggunaan daun sirsak untuk pencegahan kanker, tentunya jangan hanya mengandalkan konsumsi daun sirsak saja. Terdapat beberapa cara lain yang dapat Anda terapkan agar kanker enggan menghampiri, antara lain:

1. Menjaga asupan makanan

Pastikan Anda konsumsi sayur dan buah setiap hari karena di dalamnya terdapat berbagai kandungan vitamin dan mineral yang dapat mencegah terjadinya kanker.

2. Olahraga teratur

Olahraga rutin setiap hari minimal 30 menit dapat membantu mencegah terjadinya kanker.

3. Menjaga berat badan tetap ideal

Semakin berat tubuh, maka semakin tinggi risiko terjadinya kanker. Karena kandungan kolesterol yang tinggi dalam tubuh mudah membuat sel-sel normal di tubuh menjadi sel kanker.

4. Menghindari rokok

Kandungan zat di dalam rokok banyak mengandung zat karsinogen, yaitu zat yang dapat memicu terjadinya kanker. Sebisa mungkin, berusahalah untuk berhenti merokok.

Beberapa hasil penelitian memang menyebutkan manfaat daun buah sirsak untuk mencegah kanker. Tapi sebaiknya, hal ini tidak Anda jadikan satu-satunya cara untuk mencegah dan menangani kanker. Anda disarankan untuk tetap menjalankan gaya hidup sehat setiap hari agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. 

[NP/ RVS]