Memilih Keju yang Tepat untuk Menghindari Tekanan Darah Tinggi

Oleh Ayu Maharani pada 11 Aug 2019, 13:00 WIB
Penderita tekanan darah tinggi mesti pintar-pintar memilih keju. Berikut panduan yang bisa Anda ikuti.
Memilih Keju yang Tepat untuk Menghindari Tekanan Darah Tinggi (Nitr/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Keju adalah salah satu makanan favorit masyarakat saat ini. Sayangnya para penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi mesti hati-hati dalam memilih keju. Sebab, keju juga punya kandungan garam yang tinggi. 

Dijelaskan dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, hampir semua penderita hipertensi pernah mendapat wejangan untuk menghindari garam dalam menu harian. Penyebabnya, jika dikonsumsi berlebihan, garam di dalam tubuh akan semakin mengikat air. Hal ini akan berdampak pada peningkatan tekanan darah pada penderita hipertensi.

American Heart Association merekomendasikan konsumsi garam harian tidak boleh lebih dari 1.500 mg per hari atau setara dengan tiga perempat sendok teh. Tidak hanya di makanan utama, kandungan garam di camilan dan minuman juga harus diperhatian,” ujar dr. Dyan Mega.

Jenis keju yang aman bagi penderita hipertensi

Oleh karena itu, penderita hipertensi yang gemar mengonsumsi keju wajib memilah dan memilih agar tekanan darah tidak naik akibat asupan garam tinggi. Nah, dilansir dari Womenshealthmag.com, ada lo jenis-jenis keju rendah garam yang bisa dijadikan opsi bagi penderita hipertensi, yaitu:

1. Keju cottage

Keju yang satu ini bentuknya seperti tahu yang dihancurkan. Biasanya, keju cottage disandingkan bersama telur rebus dan roti gandum. Meski ada juga keju cottage yang mengandung banyak sodium, keju ini juga punya variasi yang tanpa garam.

Variasi keju cottage yang tanpa garam juga mengandung bahan pengawet lebih sedikit. Karena itulah, keju cottage bisa menjadi lebih menyehatkan bagi penderita hipertensi.

2. Keju ricotta

Bila Anda penggemar lasagna, tentu Anda kenal dengan keju yang satu ini. Keju ricotta punya tekstur yang ringan sehingga dapat mengimbangi berbagai macam hidangan khas Italia. Keju ricotta memiliki kadar air yang tinggi dan tidak memerlukan garam untuk pengawetan atau untuk mengurangi kelembapan.

Garam sendiri memang tidak diperlukan dalam keju ricotta karena keju tersebut biasanya digunakan pada hidangan yang sebelumnya sudah gurih. Per porsinya, keju ricotta mengandung 171 kalori. 

1 of 2

Selanjutnya

3. Krim keju (cream cheese)

Siapa sangka bahwa cream cheese atau satu porsi krim keju (kalorinya 143) ternyata rendah sodium? Krim keju adalah keju dengan kelembapan yang sangat tinggi, didinginkan, dan dapat dimakan segar. Karena itulah, garam tidak diperlukan untuk proses pengeringannya.

Bila Anda punya biskuit dengan rasa yang netral (bagel atau yang lainnya), mencocolnya dengan krim keju bisa jadi camilan lezat yang bikin Anda susah berhenti mengunyah! 

4. Keju parmesan

Meski kadar sodiumnya tidak terlalu rendah, biasanya keju parmesan hanya menjadi taburan dari sebuah hidangan. Karena itu, Anda tidak akan mendapatkan asupan sodium secara berlebihan.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), keju parmesan biasanya dihidangkan hanya sebanyak 5 gram, sedangkan keju lainnya sebanyak minimal 30 gram dan dengan kadar natrium sebanyak 190 mg. 

5. Keju mozzarella Segar

Bila Anda ingin membeli keju mozzarella, pilihlah keju mozzarella yang segar dan bukan yang sudah diparut. Sebab, keju mozzarella segar (versi Italia) tidak memerlukan penggunaan garam untuk menghilangkan kelembapannya.

Adapun keju mozzarella yang sudah diparut (versi Amerika) sudah mendapatkan penambahan garam yang banyak agar lebih kering. Itu sebabnya, keju mozzarella kurang aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi. 

6. Keju Swiss

Pernah lihat keju bolong-bolong yang ada film kartun Tom & Jerry? Keju kesukaan Jerry itu ternyata disebut keju Swiss! Proses pembuatan keju Swiss ini lebih lama ketimbang keju lainnya. Tujuannya, agar kandungan air di dalam keju berkurang drastis. Dan, keju itu pun tidak lagi memerlukan banyak garam hanya untuk mengeringkannya. 

7. Keju Monterey Jack

Bila yang Anda sukai hanyalah jenis keju cheddar, sedangkan keju cheddar mengandung banyak garam, mungkin alternatif yang bisa digunakan adalah keju Monterey Jack. Meskipun masih mengandung sedikit sodium, setidaknya kadar garamnya tidak setinggi keju cheddar. Uniknya lagi, keju Monterey Jack ini punya aroma paprika sehingga sangat cocok bila disajikan bersama hidangan khas Meksiko seperti taco. 

Bagi penderita tekanan darah tinggi memilih keju yang tepat amat perlu jika ingin menikmati produk susu yang satu ini. Selain memilih jenisnya, Anda tetap harus memperhatikan jumlah keju yang dikonsumsi..

[HNS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓