Makan Kacang Walnut untuk Menurunkan Tekanan Darah, Efektifkah?

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 12 Aug 2019, 11:30 WIB
Kacang walnut yang biasa ditemukan pada kue disebut-sebut dapat menurunkan masalah tekanan darah. Benarkah demikian?
Makan Kacang Walnut untuk Menurunkan Tekanan Darah, Efektifkah? (Krasula/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ada bermacam-macam jenis kacang yang dijual di pasaran. Manfaat masing-masing kacang tersebut bagi kesehatan pun beragam. Salah satunya adalah kacang walnut yang dianggap dapat menurunkan tekanan darah.

Kepercayaan dan penelitian terkait kandungan kacang-kacangan tersebut menunjukkan terdapatnya berbagai komponen yang dapat memberikan dampak baik bagi tubuh manusia.

Penelitian terkini dari Amerika Serikat memberikan bukti bahwa walnut yang merupakan sejenis kacang kenari, dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang-orang dengan penyakit jantung yang timbul akibat tekanan darah tinggi.

Bahaya tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi (tekanan darah lebih dari 130/80mmHg pada dua kali pemeriksaan yang berbeda), adalah suatu gangguan dalam mempertahankan tekanan darah untuk berada dalam rentang normal. Kondisi ini rentan menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah.

Mengingat pembuluh darah terdapat pada setiap bagian tubuh, maka komplikasi hipertensi dapat terjadi pada bagian tubuh mana pun. Sebagai contoh, jika terjadi kerusakan pada pembuluh darah di jantung, maka dapat terjadi serangan jantung. Sedangkan, jika kerusakan pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi terjadi di otak, maka komplikasi stroke dapat terjadi. 

Di Indonesia, satu dari empat orang mengalami hipertensi, tapi tidak semua orang menyadarinya, karena kondisi ini sering kali tidak menimbulkan gejala. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengendalikan tekanan darah agar tidak melebihi rentang normal dan tidak terjadi komplikasi. Sebab jika komplikasi telah terjadi, tekanan darah harus dikendalikan agar kondisi kesehatan tidak bertambah buruk. 

Penanganan hipertensi

Hingga kini, hipertensi umumnya dikendalikan dengan menggunakan obat-obatan. Meski demikian, kini juga telah dilakukan beberapa studi untuk mencegah hipertensi dengan melakukan perubahan diet atau pola makan. 

Salah satu studi terbaru melibatkan orang-orang berusia 30-65 tahun dan pola makan mereka diseragamkan dengan memastikan jumlah lemak jenuh yang dikonsumsi adalah sekitar 12 persen dari seluruh makanan yang dikonsumsi.

Lalu, satu kelompok diberikan walnut untuk dikonsumsi setiap hari dan kelompok lain tidak diberikan walnut. Penelitian ini dilakukan karena walnut diketahui mengandung omega-3 atau juga dikenal sebagai asam alfa linolenat, yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa pada pasien penyakit jantung, mengganti diet tinggi lemak jenuh dengan lemak yang tidak jenuh memberikan dampak baik terhadap kesehatan jantung. Selain itu, makan kacang walnut juga terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Manfaat kacang walnut bagi tekanan darah

Penelitian tersebut juga membandingkan penurunan tekanan darah dengan konsumsi walnut dan makanan lain yang mengandung asam alfa linolenat. Hasilnya menunjukkan bahwa kandungan walnut sangat khas, sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi lebih baik dibandingkan makanan lain.

Salah satu teori yang dapat menjelaskannya adalah jenis kacang walnut mempunyai komponen lain yang juga turut membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, konsumsi walnut juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan demikian sangat direkomendasikan bagi para penderita hipertensi atau penyakit jantung untuk mengonsumsi kacang jenis ini.

Secara umum, walnut terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi, terutama pada individu dengan penyakit jantung. Namun, bukan berarti hanya dengan makan kacang walnut berbagai masalah kesehatan tersebut bisa langsung teratasi.

Melihat manfaat kacang walnut untuk menurunkan tekanan darah seperti yang ditunjukkan dalam hasil penelitian di atas, rasanya perlu juga untuk menambahkannya dalam menu harian. Walnut bisa Anda nikmati sebagai camilan atau dicampurkan ke dalam salad.

Namun meski menurut penelitian tersebut kacang walnut memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, Anda tidak boleh menjadikannya sebagai terapi satu-satunya. Tetap saja  jika Anda memiliki penyakit jantung dan tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk rutin berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang paling sesuai.

[NP/ RVS]