10 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Gusi Berdarah
search

Pilihan Makanan untuk Mengatasi Gusi Berdarah

Gusi berdarah dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Berikut ini makanan untuk gusi berdarah yang bisa Anda jadikan pilihan.
Pilihan Makanan untuk Mengatasi Gusi Berdarah

Klikdokter.com, Jakarta Gusi Anda sering berdarah saat menyikat gigi? Hati-hati, kondisi ini merupakan salah satu gejala umum dari penyakit gusi.

Gusi berdarah dan meradang disebut juga gingivitis. Bila tak segera ditangani, keadaan ini akan bertambah parah hingga menyebabkan masalah tahap lanjut atau dikenal dengan istilah periodontitis.

 

1 dari 3

Penyebab Gusi Berdarah

Penyebab Gusi Berdarah
loading

Sebagian besar kasus gusi berdarah dan meradang diakibatkan oleh penumpukan plak pada permukaan gigi. Plak tersebut dapat mengeras membentuk karang gigi apabila tidak dibersihkan dengan saksama.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengalami gusi berdarah dan meradang akibat teknik menyikat gigi yang tidak tepat. Penggunaan gigi palsu yang kurang pas juga bisa menyebabkan kondisi tersebut.

Gusi berdarah dan meradang dapat pula terjadi akibat pola makan yang tidak sehat sehingga menyebabkan kekurangan asupan vitamin. Terkait ini, ternyata ada juga beberapa makanan yang dapat bantu mengatasi gusi berdarah, lho!

Artikel Lainnya: 7 Penyakit Berbahaya Ini Harus Diwaspadai Saat Gusi Berdarah

2 dari 3

Makanan untuk Mengatasi Gusi Berdarah

loading

Berikut ini beberapa makanan untuk mengobati gusi berdarah yang bisa Anda jadikan pilihan:

1. Sayuran Hijau

Mengonsumsi Sayuran Hijau Bikin Otak Lebih Sehat, Lho!
loading

Bayam, kubis, sawi, dan berbagai jenis sayuran hijau lainnya merupakan makanan kaya vitamin K.

Vitamin tersebut adalah nutrisi penting untuk membantu pembekuan darah. Dengan kata lain, mencukupi kebutuhan vitamin K dapat mengurangi risiko gusi berdarah.

2. Stroberi

Stroberi kaya akan kandungan vitamin C, yang terbukti dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Vitamin C yang bisa ditemukan pada stroberi juga diperlukan untuk mengoptimalkan produksi kolagen, yang dapat bantu meringankan gejala gusi berdarah dan meradang.

3. Apel

Seorang Wanita Konsumsi Apel
loading

Apel adalah buah yang bagus untuk dikonsumsi, karena dapat mengikis penumpukkan plak di permukaan gigi.

Selain itu, apel juga memiliki kandungan serat tinggi serta kaya akan air. Dengan mengonsumsinya secara teratur, produksi air liur juga akan optimal. Tahukah Anda, air liur dibutuhkan untuk membilas bakteri yang ada di mulut agar tidak sampai menyebabkan penyakit?

4. Daging Tanpa Lemak

Pilihlah daging sapi tanpa lemak untuk dikonsumsi saat Anda mengalami gusi berdarah. Kandungan mineral di dalamnya berfungsi sebagai antiradang, antioksidan, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

5. Jahe

Mengonsumsi Jahe Ternyata Bisa Bikin Produksi ASI Jadi Banyak (Foto: jcomp/Freepik)
loading

Jahe merupakan penangkal penyakit gusi yang ampuh. Akar jahe dapat membantu melawan penyakit gusi dengan menetralkan asam yang dibentuk oleh bakteri.

Sebagai agen antiradang yang kuat, jahe juga dapat memberikan perlindungan dari penyakit periodontal yang menyebabkan hilangnya jaringan ikat dan tulang pendukung.

Artikel Lainnya: Benarkah Gusi Berdarah Bisa Berujung pada Kanker?

6. Ikan Salmon

Ikan salmon juga termasuk sebagai makanan untuk mengobati gusi berdarah. Pasalnya, jenis ikan berlemak ini memiliki kandungan vitamin D dan omega-3 yang tinggi.

Kombinasi kandungan gizi tersebut membuat ikan salmon mampu mendukung kesehatan gusi, bahkan dapat mencegah dan mengurangi gejala periodontitis.

7. Jeruk

Jeruk Foto: Kaitlyn Chow/Unsplash)
loading

Jeruk terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Dengan demikian, buah dengan rasa asam ini dapat memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat di rongga mulut, serta memperlambat perkembangan peradangan pada gusi.

8. Probiotik

Mengonsumsi makanan probiotik dapat membantu mengurangi gingivitis dan plak di gigi. Probiotik alias bakteri baik dalam makanan fermentasi dapat menekan pertumbuhan patogen yang dapat merugikan kesehatan gigi dan mulut.

9. Teh hijau

Teh hijau
loading

Minum teh hijau dapat menghentikan pendarahan pada gusi, serta meredakan peradangan.

Polifenol di dalam teh hijau juga merupakan antioksidan yang dapat memperlambat berkembangnya bakteri penyebab karies gigi dan penyakit gusi.

10. Susu

Selain memperkuat tulang, mengonsumsi susu secara rutin dapat pula memperkuat gusi. Hal tersebut berkat kandungan kalsium yang ada di dalamnya.

Fakta menyebut, mencukupi kebutuhan kalsium setiap hari dapat membuat gusi lebih kuat sehingga mampu menahan efek buruk bakteri.

Baca Juga

Itu dia makanan untuk gusi berdarah yang bisa Anda jadikan pilihan. Pastikan untuk mengonsumsinya secara teratur dan dalam jumlah yang tepat, sambil dikombinasikan dengan perawatan gigi serta mulut secara rutin.

Jika keluhan tetap berlanjut setelah Anda mengonsumsi makanan untuk gusi berdarah tersebut, tak perlu menunda untuk konsultasi lebih lanjut kepada dokter gigi melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. drg. Dhiyan Andre Prima Poetra

Dokter Gigi
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Hindari Makanan Ini Agar Kulit Berseri

Info Sehat
17 Feb

Aturan Membekukan Makanan di Freezer

Info Sehat
16 Feb

Awas, Makan Makanan Bersantan Bisa Picu Jerawat!

Info Sehat
15 Feb

Efek Buruk Kebanyakan Makan Kue Keranjang

Info Sehat
12 Feb

Daftar Makanan yang Membuat Kebiasaan Mendengkur Makin Parah

Info Sehat
04 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat