Sering Kena Gusi Berdarah? Atasi Dengan 5 Makanan Ini!

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 12 Aug 2019, 15:20 WIB
Gusi berdarah tentunya akan mengganggu aktivitas Anda. Cobalah beberapa makanan di bawah ini untuk mengatasinya!
Sering Kena Gusi Berdarah? Atasi Dengan 5 Makanan Ini! (Miriam-Doerr-Martin-Frommherz/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Gusi berdarah adalah salah satu gejala paling umum adanya suatu penyakit gusi. Peradangan pada gusi (gingivitis) atau penyakit gusi tahap lanjut (periodontitis) ini bisa menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif dan mudah terluka.

Kenali penyebab gusi berdarah

Umumnya, sebagian besar radang gusi diakibatkan oleh penumpukan plak yang menempel pada permukaan gigi dan tidak dibersihkan, sehingga lama-lama akan mengeras membentuk suatu karang gigi. Kondisi ini tentu akan menambah parah perdarahan di daerah gusi.

Pendarahan pada gusi sesekali bisa saja disebabkan karena menyikat gigi yang terlalu keras atau teknik menyikat gigi yang kurang tepat. Selain itu, penggunaan gigi palsu yang kurang pas juga bisa menjadi penyebabnya.

Namun, pendarahan pada gusi yang terlalu sering dapat mengindikasikan suatu kondisi yang lebih serius.

Gejala yang sering dirasakan di antaranya gusi yang terlihat bengkak dan berwarna merah, serta munculnya rasa sakit di dalam mulut dan di sekitar gusi.

Makanan untuk mengatasi gusi berdarah

Selain penumpukan plak dan karang gigi, salah satu penyebab gusi sering berdarah juga dapat dipicu oleh pola makan yang tidak sehat dan kurangnya asupan vitamin.

Beberapa jenis makanan di bawah ini dipercaya dapat membuat gusi lebih sehat dan mengatasi pendarahan, diantaranya :

1. Teh hijau

Minum teh hijau dapat menghentikan pendarahan pada gusi dan juga meredakan peradangan. Kandungan polifenol di dalam teh merupakan antioksidan tinggi yang dapat memperlambat berkembangnya bakteri penyebab karies gigi dan penyakit gusi yang ada di dalam mulut.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kubis dan sawi hijau merupakan makanan kaya vitamin K, yang notabene adalah nutrisi penting untuk membantu pembekuan darah. Kekurangan vitamin K dapat mempermudah perdarahan, salah satunya pada gusi.

3. Susu

Selain memperkuat tulang, mengonsumsi susu secara rutin juga dapat memperkuat gusi. Hati-hati, bakteri di dalam mulut dapat menyebabkan peradangan pada gusi, sehingga mengakibatkan gusi mudah berdarah. Dengan mengonsumsi kalsium, gusi menjadi lebih kuat, sehingga lebih mampu menahan efek bakteri yang menyebabkan penyakit gusi.

4. Vitamin C

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam melawan infeksi gusi yang menyebabkan gusi menjadi mudah berdarah. Kandungan ini diperlukan untuk produksi kolagen, dimana protein utama membantu Anda dalam melawan penyakit gusi.

Sebaliknya, jika asupan vitamin C di dalam tubuh kurang, kondisi gusi bisa semakin buruk. Terlebih lagi jika Anda memiliki penyakit gusi. Sumber vitamin C yang dimaksud yaitu buah jeruk, paprika dan wortel.

5. Apel

Buah apel adalah salah satu buah yang bagus untuk dikonsumsi karena dapat mengikis penumpukkan plak di permukaan gigi yang menyebabkan gusi mudah berdarah. Makanan yang keras dan renyah dapat masuk ke celah-celah gigi, sehingga membantu menjaga mulut Anda tetap segar.

Selain itu, buah yang renyah juga memiliki kandungan serat tinggi serta kaya akan air, sehingga dengan mengunyah buah semacam ini bisa menghasilkan lebih banyak air liur. Salah satu fungsi air liur adalah untuk membilas bakteri mulut yang ada di dekat gusi.

Beberapa jenis makanan di atas bisa Anda konsumsi untuk membantu mencegah munculnya gusi berdarah. Meskipun pola makan Anda sudah diubah, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dengan rutin menyikat gigi dan memeriksakan gigi ke dokter agar penumpukan plak dan karang gigi dapat dicegah.

[NP/ RVS]