Jangan Memakai Masker Peel Off Saat Jerawatan, Ini Alasannya!

Oleh Ayu Maharani pada 12 Aug 2019, 16:30 WIB
Banyak yang berpikir untuk memakai masker peel off saat jerawatan. Padahal, hal tersebut justru dapat memperburuk kondisi kulit.
Jangan Memakai Masker Peel Off Saat Jerawatan, Ini Alasannya! (Prostock Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memakai masker peel off saat jerawatan kerap dilakukan sebagian orang. Mereka berpikir, sesudah mengaplikasikannya, kondisi kulit akan jauh lebih lembut, peradangan mereda, sehingga jerawat pun akan ikut kering dan mengempis. Bahkan, ada pula masker yang mengklaim bahwa kandungannya efektif untuk mengatasi jerawat.

Masker peel off sendiri adalah masker dengan tekstur pasta yang dioleskan ke seluruh wajah. Lalu, saat sudah mengering, Anda tinggal mengelupasnya.

Saat masker dikelupas, maka lapisan kulit teratas atau lapisan kulit mati biasanya akan ikut terangkat. Maka dari itu, setelahnya kulit akan terasa jauh lebih lebih lembut dan sehat.

Masker peel off bukan alternatif dari memencet jerawat

Saat kulit sedang tak bermasalah, alias hanya kusam dan agak kasar saja, pengaplikasian masker peel off memang bisa jadi opsi perawatan wajah. Tetapi, jika kulit wajah sedang jerawatan dan jerawatnya sudah matang, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter tak menyarankan Anda untuk menggunakannya.

Mereka yang memakai masker peel off saat jerawatan biasanya ingin nanah di dalam jerawatnya cepat keluar. Dengan begitu, maka jerawatnya pun bisa cepat kempis.

Intinya, hal itu dianggap jalan yang lebih baik ketimbang langsung memencet jerawat yang sudah matang. Padahal, baik memencetnya maupun menggunakan masker peel off, sama-sama berdampak buruk.

“Saat dikelupas, otomatis jerawat berpotensi pecah. Akan tetapi, itu sama saja dengan dipecah paksa dan membuka jalan baru bagi bakteri. Alhasil, peradangan jerawat malah memburuk dan bekasnya akan sulit dihilangkan,” jelas dr. Sepriani.

Masker boleh digunakan saat jerawat sudah sembuh

Selain itu, baik sheet mask, clay mask, masker bubuk yang dibuat menjadi pasta, dan masker peel off, semuanya akan memberikan efek samping yang negatif jika digunakan saat berjerawat.

Satu-satunya cara terbaik yang dapat dilakukan saat wajah Anda berjerawat adalah dengan mengoleskan obat jerawat secara rutin. Jika sudah sembuh, barulah Anda boleh mengaplikasikan masker pada wajah.

Timbulnya jerawat memang disebabkan kelebihan sebum yang berakhir pada penyumbatan pori. Kendati demikian, dr. Sepriani tak menganjurkan Anda untuk membuat kulit menjadi terlalu kering saat berjerawat.

Misalnya saja, saat Anda berjerawat, Anda tetap wajib untuk menjaga kebersihan wajah. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus terus mencuci muka.

Terlalu sering mencuci muka, apalagi menggunakan sabun ber-scrub dan dengan komposisi zat kimia yang cukup keras, akan membuat wajah terlalu kering.

“Saat Anda sengaja membuat wajah terlalu kering, wajah justru akan membaca sinyal yang salah. Karena merasa terlalu kering, wajah secara alami akan mengeluarkan minyak yang lebih banyak lagi untuk melembapkan,” tuturnya.

Apa yang mesti dilakukan saat punya jerawat matang?

Menjaga kebersihan wajah itu penting, tapi perhatikanlah jenis sabun yang digunakan. Cucilah wajah dengan sabun lembut yang tak membuat kulit terasa seperti tertarik setelahnya. Jika sabun yang dipakai memberikan efek seperti itu, berarti sabun itu terlalu kering buat Anda.

Ketimbang terlalu sering mencuci muka dengan sabun antiminyak dan pakai masker peel off saat jerawatan, lebih baik pakai toner yang bersifat menenangkan dan melembapkan (bukan toner eksfoliator). Sebab, toner yang bersifat menenangkan dapat meredakan kemerahan akibat peradangan jerawat.

Lalu, setelah itu oleskan obat jerawat secara rutin. Ingat, tak perlu pakai masker apa pun, apalagi sampai melakukan eksfoliasi.

“Apabila tidak memiliki toner, Anda pun bisa mengaplikasikan kompres dingin di bagian yang kemerahan,” pungkas dr. Sepri.

Saat ada asupan nutrisi dan asupan lembap dari skin care, secara alami wajah akan menyesuaikannya, sehingga tak lagi mengeluarkan minyak secara berlebih.

Terakhir, jangan menyentuh jerawat dengan tangan yang kotor. Bila perlu, gunakan acne patch saat Anda keluar rumah agar jerawat tak semakin terkontaminasi bakteri. Lakukan secara konsisten, biasanya kondisi jerawat akan jauh lebih baik dan cepat hilang. 

Sekarang Anda sudah tahu mengapa dilarang memakai masker peel off saat jerawatan. Sebab, bukannya membaik, peradangan jerawat justru bisa semakin parah dan membuat bekasnya susah hilang! Untuk memelihara kelembutan kulit dan mengangkat komedo, gunakan masker peel off saat kondisi jerawat sudah membaik.

[MS/ RVS]