Polusi Udara Jakarta Tinggi Lagi, Jaga Kondisi Anda dengan Ini

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 13 Aug 2019, 15:20 WIB
Polusi udara Jakarta kembali naik ke level yang mengkhawatirkan. Anda harus menjaga kondisi tubuh dengan melakukan beberapa hal berikut.
Polusi Udara Jakarta Tinggi Lagi, Jaga Kondisi Anda dengan Ini (AsiaTravel/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hari ini, Selasa (13/8), berdasarkan data AirVisual.com, polusi udara Jakarta mencapai titik mengkhawatirkan, yakni dengan konsentrasi 152 berdasarkan US Air Quality Index (US AQI) atau indeks kualitas udara. Ketika menggunakan acuan US AQI, hasil analisis pencemaran udara untuk parameter PM2.5, nilai 152 masuk dalam kondisi sangat tidak sehat.

Seperti Anda tahu, polusi udara dapat menyebabkan serangkaian efek buruk pada kesehatan. Misalnya saja, sesak napas dan infeksi pernapasan. “Efek lainnya, paparan polusi bikin daya tahan tubuh menurun. Anda jadi rentan sakit,” ucap dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

Tips menjaga kondisi tubuh dari polusi udara

Jika sudah begini, warga Jakarta perlu waspada dalam menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kondisi Anda, yaitu:

1. Pakai masker

Pakai masker adalah salah satu cara pencegahan paling mudah untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang sering mengendarai motor atau banyak berkegiatan di luar ruangan. Menurut dr. Alvin Nursalim, Sp.PD dari KlikDokter, pilihlah masker yang memang bisa menjaga kesehatan pernapasan Anda.

"Untuk masker yang banyak digunakan seseorang untuk berkendara sebenarnya tidak terlalu ampuh. Ada sebenarnya masker yang namanya masker N95. Seperti namanya, masker ini menyaring 95% partikel dari udara. N95 ini sebenarnya lebih sering dipakai oleh tenaga medis," ujar dr. Alvin.

"Hanya saja, masker jenis ini karena saking rapatnya bisa membuat seseorang agak susah bernapas, sangat tidak nyaman dan pengap. Kalau dipakai rutin dalam jangka waktu lama, artinya oksigen yang kita hirup hanya sedikit," dr. Alvin melanjutkan.

Selain itu, sebaiknya Anda untuk tidak memakai jenis masker yang sekali pakai dan tidak dipakai berulang.

2. Menjaga pola makan sehat dan berolahraga teratur

Ini cukup klise, tapi menjaga kesehatan saat polusi udara seperti sekarang sangat penting untuk menjaga stamina dan imunitas tubuh Anda. Anda harus menjaga pola makan yang bergizi dan berolahraga secara teratur. "Dengan olahraga, sistem pertahanan tubuh manusia akan meningkat," kata dr. Alvin.

Kalau Anda biasanya berolahraga di luar ruangan, Anda bisa menggantinya untuk sementara olahraga di dalam ruangan, seperti gym, futsal, dan bulu tangkis. Selain itu, Anda perlu memilih waktu terbaik, misalnya pada pagi atau malam hari saat polusi mulai rendah.

3. Atur waktu keluar ruangan

Mengatur kapan waktu untuk beraktivitas di luar ruangan juga penting untuk menghindari terpapar polusi. Pastikan Anda tidak keluar ruangan kalau tidak penting sekali.

"Sebenarnya kalau dilarang keluar ruangan juga tidak bisa karena manusia punya beragam aktivitas. Apalagi matahari diketahui sebagai salah satu sumber vitamin D yang baik untuk kulit. Tapi kalau mau keluar, usahakan jika itu sangat penting," kata dr. Alvin.

4. Menjaga kekebalan tubuh

Penting menjaga kekebalan tubuh Anda agar tubuh tidak mudah sakit. Makan buah dan sayuran yang biasanya memiliki antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, pilih yang mengandung banyak vitamin C dan E.

"Makan sayuran dan buah yang bervariasi supaya bisa mendapatkan asupan vitamin lengkap. Anda juga sebaiknya tidak terlalu banyak makan daging merah," ungkap dr. Alvin.

Di saat polusi udara Jakarta sedang tinggi seperti sekarang ini, lakukan empat hal di atas untuk menjaga kondisi tubuh. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan waktu istirahat yang cukup, yakni 8 jam pada malam hari. Kebutuhan cairan, sekitar 8 gelas sehari, juga harus dipenuhi. Dengan cara-cara ini, daya tahan tubuh tetap terjaga meski Anda dikelilingi udara terpolusi.

[HNS/ RVS]