5 Camilan yang Tak Boleh Dimakan Saat Sedang Diet

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 14 Aug 2019, 14:00 WIB
Hati-hati, lima camilan ini terlihat ringan, tapi bisa jadi ancaman bagi upaya diet Anda. Apa saja ya kira-kira?
5 Camilan yang Tak Boleh Dimakan Saat Sedang Diet (Pilipphoto/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sudah mati-matian diet tapi berat badan tak kunjung susut? Mungkin permasalahannya ada pada pilihan camilan Anda. Walau dianggap sebagai makanan ringan, nyatanya tidak semua camilan memiliki nilai kalori seringan itu.

Saat diet, sebenarnya Anda sah saja kok ngemil. Tapi kudapan yang dipilih tentu harus camilan yang sehat. Nah kalau Anda memilih camilan yang tinggi kalori, sudah pasti bobot tak akan kunjung susut.

Jenis camilan yang harus dihindari saat diet

Beberapa jenis camilan ringan bahkan mengandung kalori yang dapat melampaui porsi makan utama. Di antara seluruh camilan yang tinggi kalori tersebut, inilah 5 jenis yang paling berbahaya bagi keberhasilan diet Anda.

  1. Kentang goreng

Kentang goreng mungkin menjadi salah satu camilan yang paling banyak diminati dan relatif mudah didapat. Rasanya yang kini banyak divariasikan tentu menjadi daya tarik tersendiri, tidak terkecuali bagi mereka yang sedang menjalankan diet.

Walau hanya sesekali dikonsumsi, ternyata makan kentang goreng mampu menggagalkan program penurunan berat badan seseorang. Bayangkan saja, dalam 100 gram kentang goreng terkandung setidaknya 300 kkal. Untuk membakarnya, Anda harus lari sepanjang 7 km dalam satu jam non-stop.

Jika tidak sanggup akan konsekuensinya, cobalah cara lain untuk menikmati kentang, misalnya dengan direbus. Dibanding dengan kentang goreng, kentang rebus hanya mengandung 87 kkal. Jauh lebih bersahabat, kan?

1 of 2

Selanjutnya

  1. Bubble tea

Bubble tea (Brent Hofacker/Shutterstock)
Bubble tea (Brent Hofacker/Shutterstock)

Bubble tea atau boba tea menjadi salah satu minuman hits yang laris manis belakangan ini. Untuk mencoba rasa unik dan demi update di media sosial, tidak sedikit orang yang rela antre panjang untuk membeli segelas minuman manis ini.

Anda termasuk salah satu penggemar beratnya? Hati-hati, nikmatnya rasa bubble tea nyatanya juga dapat menjadi ancaman untuk diet Anda. Dalam segelas bubble tea ukuran 500cc bisa mengandung hingga 450 kkal.

Jumlah kalori melimpah ini datang dari banyaknya gula dan bahan baku utama pembuatan sang boba, yakni tepung tapioka. 

  1. Jus buah

Walau terdengar sehat, jus buah juga menjadi salah satu yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang diet. Faktanya, segelas jus buah bisa mengandung gula dan kalori yang sama atau bahkan lebih besar dari minuman ringan bersoda.

Belum lagi jika ada penambahan gula atau susu di dalamnya, program diet Anda bisa gagal seketika. Akan jauh lebih baik jika buah dikonsumsi dalam bentuk segarnya. Kandungan gulanya lebih bersahabat, sehat dan tinggi kandungan serat. Jadi, bisa lebih mengenyangkan. Dan kalau Anda mau konsumsi jus buah, buatlah jus dari buah segar, tanpa tambahan gula atau susu.

  1. Es krim

Makan satu hingga dua sendok es krim sebagai pencuci mulut setelah makan utama sebenarnya tidak ada salahnya. Namun masalahnya, sangat mudah mengonsumsi makanan yang satu ini secara berlebihan.

Es krim merupakan salah satu makanan yang tinggi nilai kalorinya dan bahan bakunya didominasi oleh gula. Bagi penggemar makanan manis yang satu ini, Anda tetap dapat menikmatinya dengan es krim buatan sendiri.

Gunakan yoghurt rasa plain dan potongan buah segar sebagai bahan baku pembuatannya, agar es krim yang dinikmati tetap terasa enak dan pastinya jauh lebih sehat.

  1. Yoghurt

Camilan sehat banyak dijadikan andalan pengganjal perut bagi mereka yang sedang menjalani diet ketat, salah satunya yoghurt. Pilihan ini tidak salah, karena memang yoghurt mengandung nutrisi yang sangat tinggi dan juga cukup mengenyangkan.

Namun, Anda tidak boleh salah pilih. Yoghurt yang dimakan haruslah yang plain atau tidak mengandung pemanis maupun perisa tambahan. Yoghurt bercita rasa manis dapat mengandung hingga 35 gram gula tambahan yang tentunya dapat berkontribusi pada gagalnya diet yang sedang dijalani.

Bila tetap ingin mengonsumsi yoghurt dengan rasa manis, Anda dapat menambahkan potongan buah seperti blueberry atau stroberi pada satu cangkir yoghurt tanpa rasa dan pemanis buatan.

Jadi, bagi Anda yang sedang menjalani diet, kelima jenis camilan di atas wajib dicoret dari daftar pilihan. Sebaiknya, gantilah dengan jenis sajian dengan yang jauh lebih sehat, misalnya potongan buah segar atau infused water yang juga  bisa memberi kesegaran dan energi secara alami. Diiringi dengan olahraga rutin, keberhasilan diet Anda tentu lebih bisa dicapai dengan optimal.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓