Tulang Rusuk Ngilu, Gejala Apa Ya?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 14 Aug 2019, 15:00 WIB
Tulang rusuk ngilu bisa muncul tiba-tiba saat sedang beraktivitas. Sebenarnya, rasa ngilu di tulang rusuk gejala apa sih?
Tulang Rusuk Ngilu, Gejala Apa Ya? (Everyonephoto-Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat sedang asyik beraktivitas, terkadang tiba-tiba terasa tulang rusuk ngilu. Ketika rasa ngilu ini datang, Anda otomatis akan sejenak menghentikan aktivitas dan menunggunya hingga reda. Sebenarnya, rasa ngilu di tulang rusuk gejala apa sih?

Sebagai informasi, tulang rusuk adalah tulang-tulang panjang melengkung yang membentuk rongga dada. Tulang rusuk ini berfungsi untuk melindungi dada dan organ-organ vital di dalamnya, seperti paru-paru dan jantung.

Penyebab tulang rusuk ngilu

Seperti dijelaskan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, penyebab rasa ngilu di tulang rusuk tergantung keadaannya. Rasa nyerinya pun bisa bersifat tajam atau tumpul. Misalnya, apakah terjadi sepanjang hari atau apakah memengaruhi pernapasan, termasuk saat menarik napas atau membuang napas.

“Kalau misalnya memengaruhi pernapasan Anda, ini kemungkinan karena ada masalah otot. Biasanya ini disebabkan otot-otot jaringan ikat yang ada di sekitar tulang rusuk," ujar dr. Sepriani.

Akan tetapi, menurut dr. Sepriani, kalau terjadi sepanjang waktu dan tidak berhubungan dengan organ pernapasan, mungkin ada suatu masalah di tulang rusuk. “Misalnya seperti pleuritis. Ini adalah rasa nyeri selaput pleura atau radang selaput paru. Kalau terjadi infeksi, penderita akan merasa sakit sepanjang waktu," kata dr. Sepri lagi.

Pada kasus ringan, tulang rusuk terasa ngilu biasanya dapat disebabkan oleh batuk, peregangan otot yang berlebihan, dan perubahan posisi tubuh yang tiba-tiba. Namun begitu, rasa nyeri di tulang rusuk juga bisa berbahaya dan merupakan ciri dari penyakit tertentu.

Beberapa penyebab lain dari rasa ngilu tulang rusuk, di antaranya:

  • Patah tulang rusuk
  • Cedera dada
  • Spasme otot (kejang/kaku otot)
  • Osteoporosis (menurunnya massa tulang)
  • Peradangan, contohnya kostokondritis
  • Penyakit pada paru, seperti pleuritis, bronkitis, tuberkulosis, penyakit paru obstruktif kronik, dan kanker paru
  • Penyakit jantung, seperti serangan jantung atau penyakit jantung koroner
  • Cedera tulang atau otot sekitar akibat aktivitas berlebihan atau benturan
  • Peradangan pada tulang rawan iga
  • Gangguan hati
  • Masalah empedu.

Kalau Anda merasa bahwa sakitnya sangat luar biasa dan sampai mengganggu aktivitas, jangan disepelekan. Saatnya Anda harus segera mencari pertolongan medis.

Segera cari pertolongan medis

Saat mengunjungi dokter, Anda harus jelaskan dengan detail pola nyeri. Antara lain, intensitas, letak nyeri, hal yang memperburuk atau mengurangi rasa nyeri, dan gejala lain yang Anda rasakan.

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik serta penunjang bila diperlukan. Seperti cek laboratorium, sinar-X, MRI, dan juga pemindaian tulang (bila dicurigai ada kanker paru). Penanganan tulang rusuk ngilu akan tergantung dari penyebabnya.

Perawatan unit gawat darurat diperlukan jika terdapat riwayat cedera disertai luka atau lecet pada dada, nyeri terasa hebat. Apalagi jika Anda juga merasakan keluhan sesak napas, demam, perubahan warna kulit atau bibir, pusing, dan perubahan kesadaran.

Meski terkadang dapat sembuh sendiri tanpa keluhan berarti, tulang rusuk ngilu bisa menjadi gejala adanya gangguan kesehatan tertentu di dalam tubuh Anda. Karena itu, perhatikan letak nyeri, kondisi, dan kekambuhannya. Bila kejadian rusuk ngilu ini kerap muncul dan rasa sakitnya semakin berat, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

[HNS/ RVS]