Ini Dia Makanan Tinggi Zat Besi yang Wajib Anda Konsumsi

Mengonsumsi makanan tinggi zat besi sangat penting untuk mencegah anemia hingga meningkatkan energi. Apa saja makanan yang mengandung zat besi?
Ini Dia Makanan Tinggi Zat Besi yang Wajib Anda Konsumsi

Klikdokter.com, Jakarta Zat besi merupakan senyawa mineral yang sangat penting, tapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Karena itu, mengonsumsi makanan kaya zat besi secara rutin adalah satu-satunya cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini. Jika tubuh kekurangan zat besi (defisiensi zat besi), maka dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. 

Defisiensi Zat Besi

Zat besi adalah senyawa penting yang merupakan komponen dari hemoglobin dan bertugas mengikat oksigen dalam darah. Jika tubuh kekurangan zat besi, sel darah merah tidak mampu mencukupi kebutuhan oksigen tubuh. Akibatnya muncul keluhan mudah lelah, sulit berkonsentrasi, sering sakit kepala, dan pucat.

Apabila didiamkan dan mencapai fase yang berat, dapat timbul gejala jantung berdebar-debar, sesak napas, kelainan jantung, sampai penurunan kesadaran. Kondisi seperti ini biasanya disebut sebagai defisiensi zat besi

Mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan asupan zat besi.  Dengan memilih jenis makanan yang benar, Anda dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi

Karena kalau tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup, orang-orang pasti akan lebih mudah lelah, lemas, dan tidak jarang juga yang terkena anemia.

1 dari 2

Jenis Makanan yang Mengandung Zat Besi

loading

Untuk mencegah risiko-risiko yang mungkin terjadi ketika kekurangan zat besi, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti: 

1. Daging Merah

Daging Merah
loading

Daging merah mengandung banyak nutrisi yang penting, termasuk sebagai sumber zat besi, asam amino, vitamin B12, dan seng. Satu porsi daging sapi tanpa lemak berbobot 3 ons mampu memenuhi kebutuhan zat besi hingga 2,5 mg.

Namun perlu diperhatikan bahwa sebagian besar daging merah mengandung kolesterol. Oleh karena itu, Anda tetap perlu menjaga asupan lemak atau kolesterol yang masuk ke dalam tubuh.

2. Sayuran Hijau

Selain dari daging, makanan tinggi zat besi lainnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli memiliki kadar zat besi yang tinggi serta baik dikonsumsi setiap hari. Anda bisa merebus atau mengukus daun bayam atau brokoli, agar kandungan dalam kedua sayuran itu tidak hilang.

Sekitar setengah porsi bayam yang dimasak, mengandung 3 mg mineral zat besi dan 21 kalori. Selain zat besi, bayam menawarkan kandungan nutrisi lain seperti protein, serat, kalsium, potasium, folat, serta vitamin A, C, dan K yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia.

Artikel Lainnya: Inilah Segudang Manfaat Bayam sehingga Disebut Superfood

3. Kacang Merah

Kacang Merah
loading

Menurut penelitian yang diterbitkan di The American Journal of Clinical, makan kacang merah dalam porsi yang cukup mampu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, mengonsumsi dua setengah porsi kacang merah setiap harinya juga bisa meningkatkan asupan zat besi dalam tubuh.

4. Kacang Kedelai

Makanan yang mengandung zat besi ini tak boleh Anda lewatkan. Sekitar 100 gram kacang kedelai, mengandung sekitar 13 mg zat besi. Cukup tinggi, bukan? Kacang kedelai ini bisa dinikmati dalam berbagai cara, seperti dalam bentuk susu kacang dan tempe.

 

5. Daun Parsley

Daun Parsley
loading

Jika Anda sering memasak, mungkin Anda sudah familiar dengan yang namanya daun parsley. Daun ini memiliki aroma yang dapat meningkatkan cita rasa makanan dan sering kali digunakan sebagai penghias makanan. Daun parsley mengandung zat besi sekitar 6 mg dalam 100 gram.

6. Edamame

Jika Anda sedang mencari camilan yang berprotein tinggi, edamame adalah jawabannya. Dua setengah porsi edamame dapat memberikan sekitar 18 gram nutrisi pembentuk otot dalam tubuh.

Sebagai bonus tambahan, edamame juga menawarkan 3,5 mg zat besi yang diikuti dengan kandungan serat, vitamin D, dan vitamin A. Jadi, selain menjadi camilan, edamame juga dapat menjadi makanan penambah zat besi.

Artikel Lainnya: Berkenalan dengan Buah Bit, si Umbi Merah bagi yang Kurang Darah

7. Dark Chocolate

Dark Chocolate
loading

Dark chocolate mengandung sekitar 3,4 mg zat besi setiap 1 ons. Selain meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, mengonsumsi dark chocolate juga secara signifikan mampu mengubah mood Anda menjadi lebih bahagia dan ceria.

8. Oatmeal

Semangkuk oat saat sarapan dapat memberikan Anda hampir 3,5 mg zat besi. Menurut American Heart Association, gandum penuh serat ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, obesitas, dan diabetes tipe 2.

 

9. Seafood

Seafood
loading

Selain mengandung omega-3, seafood juga kaya akan zat besi. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi kerang dan ikan sarden. Namun, makanan ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena banyak mengandung kolesterol.

10. Kismis

Banyak orang yang menggunakan buah kering ini untuk kue maupun dijadikan sebagai camilan. Selain rasa manis yang menggoda, kismis juga mengandung zat besi, vitamin B kompleks, dan mineral lainnya.

Baca Juga

Nah, sepuluh makanan yang mengandung zat besi di atas akan menghindarkan Anda dari beragam risiko kesehatan, seperti kelelahan hingga sesak napas. Untuk mendukung manfaat zat besi, jangan lupa lakukan olahraga secara rutin. Tubuh yang aktif bergerak akan meningkatkan kinerja jantung sebagai pemasok utama oksigen.

Mau tahu informasi lainnya soal zat besi? Langsung saja konsultasi dengan kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

[FY/ RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Cara Cerdas Menyimpan Makanan Sisa

Info Sehat
18 Mei

Daftar Makanan yang Efeknya Buruk bagi Gigi

Info Sehat
13 Mei

Ini Makanan dan Minuman Penyebab Migrain

Info Sehat
06 Mei

Fakta Tentang Kulit Ayam yang Wajib Anda Ketahui

Info Sehat
22 Apr

Menilik Salad yang Baik untuk Kesehatan

Info Sehat
14 Apr

1 KOMENTAR

Avatar
Niningsih Niningsih
1 Tahun Lalu

assalamualaikum dok apa obat penggemuk badan soalnya saya kurusan bangat

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk