Tips untuk Postur Tubuh yang Lebih Baik

Oleh Krisna Octavianus DwiputraBrama Antariksa pada 15 Aug 2019, 17:15 WIB
Ingin terlihat lebih elegan saat duduk atau berdiri? Lakukan ini agar postur tubuh Anda lebih baik daripada sebelumnya.
Tips untuk Postur Tubuh yang Lebih Baik (Darrin-Henry/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki postur tubuh yang tegap dan terlihat anggun adalah dambaan setiap orang. Sayangnya, hal tersebut sangat sulit dimiliki lantaran sering melakukan kebiasaan duduk atau berdiri yang salah.

Dikatakan oleh dr. Karin Wiradarma, MGizi dari KlikDokter, posisi duduk atau berdiri yang salah dan sudah dilakukan bertahun-tahun lamanya memang dapat membuat postur tubuh menjadi kurang sempurna.

“Duduk terlalu bersandar, berdiri bungkuk, duduk bungkuk, bertumpu pada satu kaki, menggunakan sepatu hak tinggi, dan leher miring adalah beberapa contoh perialku yang bisa membuat postur tubuh terganggu,” jelas dr. Karin.

Lantas, adakah hal yang bisa dilakukan agar postur tubuh tetap sempurna? Ada! Berikut tindakan yang mesti Anda lakukan jika ingin memiliki postur tubuh yang sempurna:

1. Jangan suka membungkuk

Membungkuk, saat berdiri atau duduk, menambah tekanan pada tulang belakang Anda. Hal ini menyebabkan ketegangan pada tulang, otot, dan persendian yang dibutuhkan untuk menahan tulang punggung.

Faktanya, membungkuk tak hanya buruk untuk postur tubuh. Perilaku ini juga bisa membuat paru-paru maupun usus kesulitan untuk berfungsi. Alhasil, akibat dari kebiasaan membungkuk, Anda akan mengalami gangguan saluran cerna dan lebih sulit bernapas.

2. Berdiri tegak lurus

Tak hanya membuat Anda terlihat lebih ramping, berdiri tegak lurus juga turut membentuk postur tubuh yang sempurna. Supaya terbiasa melakukannya, Anda bisa berdiri dengan bersandar di dinding seperti sedang mengukur tinggi badan. Posisikan kepala lurus ke depan dan angkat sedikit dagu Anda. Pastikan posisi telinga di atas bahu.

3. Jangan menunduk terlalu sering

Jangan terlalu sering menundukkan kepala, termasuk untuk melihat ke ponsel Anda. Jika Anda memang ingin memiliki postur tubuh yang sempurna, luangkanlah waktu untuk meregangkan leher secara berkala.

4. Hindari terlalu sering pakai sepatu hak tinggi

Jika bukan karena urusan yang sangat penting, hindari menggunakan sepatu hak tinggi. Sepatu jenis ini bisa menambah beban pada lutut, juga mendorong pangkal tulang belakang ke depan. Sebagai akibatnya, struktur tulang akan berantakan dan saraf saling menekan.

5. Tidur dengan kasur nyaman dan dalam posisi yang benar

Gunakan kasur yang tidak terlalu empuk ataupun keras, dan mampu membantu menahan bentuk alami tulang belakang Anda. Selain itu, pastikan pula bahwa Anda selalu menggunakan bantal untuk menyangga kepala saat tidur. Pastikan bantal yang digunakan tidak terlalu tebal.

Bagaimana dengan posisi tidur menyamping? Jika ingin postur tubuh tetap baik, tidurlah menyamping dengan lutut sedikit ditekuk.

6. Kurangi lemak di perut

Tumpukan lemak di sekitar perut bisa menambah tekanan di punggung. Oleh karena itu, jika ingin postur tubuh yang sempurna, kurangi lemak di perut dengan cara berolahraga dan menerapkan diet seimbang.

Jika Anda terkendala dalam berupaya memiliki postur tubuh yang sempurna, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter. Jangan sungkan, apalagi bila Anda ingin memiliki penampilan yang lebih elegan saat duduk atau berjalan.

(NB/ RVS)