5 Pilihan Cara untuk Menghapus Tato Permanen

Oleh dr. Adeline Jaclyn pada 16 Aug 2019, 10:00 WIB
Anda ingin menghapus tato permanen karena satu dan lain hal? Ini pilihan cara yang bisa Anda lakukan.
5 Pilihan Cara untuk Menghapus Tato Permanen (Andrey_Popov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian orang berpikir bahwa tato adalah seni yang terlukis di raga. Tak heran, beberapa orang melukisi tubuhnya dengan tato permanen. Namun sering kali seseorang ingin menghapus tato permanen tersebut karena satu dan lain alasan. Hal ini memang mungkin untuk dilakukan, namun tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Perlu Anda tahu, tato permanen dibuat dengan menyuntikkan tinta atau pigmen ke dalam lapisan kulit dalam (dermis). Karena berada di balik lapisan kulit luar (epidermis), tinta tato akan lebih terlindungi dari dunia luar. Bahkan, sel darah putih makrofag saja tidak mampu mengembalikan pigmen alami yang ada pada kulit.

Oleh karena itu, menghilangkan tato permanen perlu dilakukan dengan teknik khusus. Beberapa teknik yang selama ini sering digunakan, antara lain:

  1. Laser

Prosedur laser merupakan cara paling efektif untuk menghilangkan tato permanen. Namun, prosedur ini sangatlah menyakitkan bagi pasien. Diukur dari angka 1 sampai 10, beberapa pasien mengatakan bahwa rasa nyeri akibat prosedur laser berada di angka 10. 

Selain itu, harga prosedur laser juga cukup mahal dan tidak bisa dilakukan hanya satu kali saja. Ini karena laser perlu berulang dipaparkan pada kulit untuk memecah tinta atau pigmen yang bersembunyi di epidermis.

  1. Krim 

Terdapat krim khusus untuk menghilangkan tato permanen. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, krim ini perlu digunakan secara rutin dan teratur selama tiga hingga sembilan bulan atau lebih dari itu. 

Pada beberapa kasus, krim ini tidak benar-benar memberikan hasil yang efektif. 

  1. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah prosedur mengikis kulit paling luar dengan bahan scrub yang agak sedikit kasar. Meski hasilnya agak menjanjikan, prosedur ini mungkin kurang disarankan karena dapat merusak dan meninggalkan bekas luka permanen pada kulit Anda. 

  1. Bedah plastik

Ingin menghilangkan tato permanen secara instan? Bedah plastik jawabannya! Namun, sebelum melakukan prosedur yang satu ini, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis bedah plastik dan rekonstruksi.

Prosedur bedah plastik yang dilakukan tergantung dari ukuran, jumlah dan letak tato permanen yang hendak dihapus. Prosedur yang dilakukan pun dapat terlihat sederhana maupun sangat kompleks. Selain itu, pasien juga berpotensi mengalami rasa nyeri pada bekas operasi dan perlu dirawat selama beberapa hari di rumah sakit.

  1. Make up

Ingin menghilangkan tato permanen untuk sementara waktu saja? Tidak perlu repot atau menghabiskan banyak biaya. Anda bisa menutupi tato tersebut dengan make up yang mendukung seperti concealer.

Menghapus tato permanen hingga bersih sepenuhnya adalah hal yang sangat sulit dilakukan dan memerlukan tindakan medis yang profesional. Oleh karena itu, berpikirlah hingga berkali-kali sebelum benar-benar memutuskan untuk membuat tato permanen di bagian mana pun di tubuh Anda.

(NB/ RVS)