Pengaruh Kesehatan Gigi dan Mulut pada Tubuh

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 17 Aug 2019, 15:30 WIB
Jangan anggap remeh masalah pada gigi dan mulut. Sebab, kondisi tersebut bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Pengaruh Kesehatan Gigi dan Mulut pada Tubuh (B. Media/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang sering kali masih mengabaikan kesehatan gigi dan mulut. Padahal, mulut merupakan tempat masuknya makanan ke dalam tubuh. Jika terdapat masalah pada gigi dan mulut, tentu akan menghambat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Hal inilah yang bisa menyebabkan munculnya masalah kesehatan pada bagian tubuh lain.

Seperti area tubuh lainnya, rongga mulut pun dipenuhi bakteri-bakteri yang tak terhitung jumlahnya. Meskipun sebagian besar bakteri tersebut tidak berbahaya, tapi beberapa di antaranya tetap dapat menimbulkan penyakit.

Bakteri di dalam mulut menggunakan gula yang ada di makanan untuk membuat asam. Seiring berjalannya waktu, asam dapat menyerang permukaan gigi, sehingga menimbulkan kerusakan seperti lubang pada gigi. 

Lalu, bakteri tersebut, bersama partikel lainnya, secara konstan akan membentuk lapisan lengket dan tidak berwarna yang disebut plak gigi.

Pada akhirnya, plak yang tidak segera dibersihkan akan mengeras menjadi karang gigi dan hanya bisa dibersihkan dengan bantuan dokter gigi. Semakin lama hal tersebut menetap di dalam mulut, semakin berbahaya pula untuk kesehatan rongga mulut.

Bakteri juga dapat menyebabkan peradangan pada gusi yang disebut gingivitis. Pada kondisi ini, gusi menjadi merah, bengkak, dan mudah berdarah. Hal ini merupakan bentuk penyakit gusi yang ringan.

Akan tetapi, jika peradangan gusi tersebut tidak segera diatasi, maka akan berkembang menjadi periodontitis. Pada tahap ini, perlekatan gusi sudah lepas dan bisa menyebabkan gigi goyang dan lepas.

1 of 2

Pengaruh kesehatan gigi dan mulut terhadap tubuh

Menurut sebuah hasil penelitian, kesehatan gigi dan mulut yang buruk adalah penanda atau indikator dari status kesehatan tubuh. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa bakteri yang ada di mulut dan peradangan pada gusi bisa berperan dalam munculnya berbagai penyakit, salah satunya adalah diabetes.

Sebab, penyakit pada mulut atau gusi dapat mempersulit Anda mengontrol gula dalam darah dan memperburuk gejala diabetes. Selain itu, penderita diabetes juga lebih rentan terhadap penyakit periodontal.

Bakteri dari radang gusi dan penyakit periodontal juga dapat memasuki aliran darah dan menuju jantung. Hal ini bisa menyebabkan aterosklerosis, di mana terjadi pengerasan pembuluh darah.

Kondisi ini menyebabkan plak berkembang di bagian dinding dalam arteri yang menebal, sehingga menghalangi aliran darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, hal ini bisa menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung atau stroke. 

Tidak hanya itu, lapisan dalam jantung juga dapat terinfeksi dan meradang, yang dikenal dengan istilah endocarditis.

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut

Dengan pertahanan tubuh alami dan perawatan gigi dan mulut yang baik, biasanya bakteri-bakteri di dalam mulut tetap dapat dikendalikan. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Agar gigi dan mulut tetap terjaga kesehatannya, pastikan untuk selalu merawatnya secara rutin. Sikatlah gigi Anda setidaknya 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Anda juga bisa menggunakan obat kumur dan melakukan flossing untuk menghilangkan partikel sisa-sisa makanan yang masih menempel pada sela-sela gigi, yang mungkin tidak terjangkau hanya dengan sikat gigi.

Selain itu, lakukan pola makan yang sehat dan seimbang, serta batasi konsumsi camilan manis yang mengandung gula tinggi untuk mengurangi risiko-risiko kerusakan pada gigi.

Satu lagi, jangan lupa juga untuk menjadwalkan pemeriksaan dengan dokter gigi secara rutin, minimal 6 bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan agar masalah pada gigi dan mulut dapat terdeteksi secara dini, sehingga dapat segera dilakukan perawatan dengan tepat.

Kini Anda sudah tahu bagaimana kesehatan gigi dan mulut bisa ikut memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh sebab itu, jangan pernah lagi mengabaikan perawatannya. Sebab, dengan kesehatan gigi dan mulut yang baik, maka kesehatan tubuh pun dapat ikut terjaga.

[MS/ RVS] 

Lanjutkan Membaca ↓
dede somantridede somantri

5 bulan yang lalu dok

Mursalina MochadiMursalina Mochadi

saat cabut gigi

femy15femy15

Dah setahun lebih

Lihat Lainnya