Tips Cepat Hamil yang Terbukti Efektif

Baru saja menikah dan ingin segera memiliki momongan? Ini tips cepat hamil yang bisa bantu mewujudkan keinginan Anda dan pasangan.
Tips Cepat Hamil yang Terbukti Efektif

Klikdokter.com, Jakarta Kehadiran si Kecil di tengah-tengah keluarga menjadi sesuatu yang paling dinanti. Tak heran, sebagian pasangan yang telah terikat dalam janji suci berupaya sekuat tenaga agar kehamilan bisa segera terjadi.

Bahkan, tidak sedikit pasangan yang rela mencari informasi mengenai cara cepat hamil, baik melalui omongan orang lain maupun internet. Namun, tidak semua tips yang diberikan sesuai dengan fakta medis yang sebenarnya.

Lantas, harus bagaimana? Adakah tips cepat hamil yang terbukti efektif? Ada!

 

1 dari 2

Tips Cepat Hamil yang Alami dan Efektif

loading

Berikut ini beberapa cara cepat hamil yang bersifat alami dan terbukti efektif:

  1. Kendalikan Diri

Ilustrasi Kendalikan Diri dengan Pasangan
loading

Kendalikan diri Anda dan pasangan agar kondisi psikologis tidak ikut bergejolak lantaran memikirkan untuk segera memiliki momongan. Jika Anda dan pasangan tidak mengendalikan diri, stres akan lebih mudah terjadi. Pada akhirnya, kesehatan Anda dan pasangan malah terganggu sehingga menyebabkan gangguan hormon dan kesuburan juga ikut menurun.

Artikel lainnya: Cara Cepat Hamil yang Alami dan Terbukti Efektif

  1. Pemeriksaan ke Dokter

Sebelum melakukan program kehamilan, organ reproduksi istri dan suami perlu diperiksa terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah organ reproduksi kedua belah pihak dalam kondisi normal/tidak.

Faktanya, organ reproduksi yang normal akan menghasilkan sperma dan sel telur yang baik. Hal ini turut berperan dalam meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

  1. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Agar kehamilan cepat terjadi, seorang wanita memerlukan kualitas sel telur yang baik dan pria membutuhkan kualitas sperma yang optimal.

Agar kualitas sel telur dan sperma terjaga dengan baik Anda dan pasangan perlu menerapkan gaya hidup sehat. Caranya, menjauhi rokok dan minuman alkohol, serta lakukan olahraga secara rutin dan teratur.

Artikel lainnya: Ciri-ciri Sperma yang Sehat untuk Mempercepat Kehamilan

  1. Terapkan Pola Makan Sehat

Ilustrasi Pola Makan Sehat
loading

Tingkatkan asupan sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin maupun mineral agar kesuburan lebih optimal.

Berikut asupan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesuburan:

  • Vitamin E. Vitamin ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dinding rahim dan plasenta, sehingga tidak terjadi keguguran. 
  • Vitamin C. Vitamin ini membantu melindungi sperma dari kerusakan karena oksidasi, serta dapat mengurangi aglutinasi sperma (sperma menempel). Bagi wanita, vitamin C dapat menjaga keseimbangan hormon reproduksi.
  • Vitamin B6. Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan hormon seks pria.
  • Asam Folat dan Vitamin B12. Bersama dengan asam folat, B12 diperlukan untuk pembentukan materi genetik, menjaga kualitas sperma pria, serta turut meningkatkan kualitas sel telur wanita.

Artikel lainnya: Mual Saat Hamil Muda, Atasi dengan Tips Ini

  • Zink. Pada wanita, zink membantu mempertahankan hormon reproduksi (estrogen dan progesteron). Sedangkan pada pria, zink diperlukan untuk pembuatan lapisan luar dan ekor sperma, sehingga membuat kualitasnya lebih baik. 
  • Omega-3. Zat ini menghasilkan asam lemak esensial dan prostaglandin, yang berperan untuk mencegah menurunnya kualitas sperma seorang pria.
  • Beta karoten. Ini adalah vitamin A yang juga merupakan antioksidan kuat untuk membantu melindungi sel telur dan sperma dari kerusakan oleh radikal bebas.
  • Arginin dan L-Carnintine. Asam amino tersebut diperlukan untuk pembentukan serta menunjang fungsi normal sperma. 

Artikel lainnya: Tips Menambah Berat Badan Selama Kehamilan

  1. Menghindari Penggunaan Alat Kontrasepsi

Apabila Anda ingin menjalankan program hamil, hindari penggunaan alat kontrasepsi jenis apapun. Karena pada dasarnya, alat tersebut berfungsi untuk menghalangi pertemuan antara sel telur dan sperma sehingga kehamilan tidak akan terjadi.

  1. Berhubungan Seksual Saat Masa Subur

Ilustrasi Berhubungan Seksual Saat Masa Subur
loading

Masa subur dapat diketahui dengan menghitung rata-rata siklus haid yang terjadi secara teratur selama tiga bulan terakhir. Masa subur terjadi sekitar 14 hari sebelum haid berikutnya. Jadi, dengan siklus haid rata-rata 28 hari, wanita akan mengalami masa subur di sekitar hari ke-14.

  1. Tingkatkan Frekuensi Hubungan Seksual

Di luar masa subur, Anda tetap dianjurkan untuk melakukan hubungan seks tanpa kontrasepsi agar kemungkinan hamil bisa meningkat. Ingatlah untuk tidak melakukannya secara berlebihan, dan hindari berhubungan seks saat wanita sedang menstruasi.

Artikel lainnya: Kiat Cegah DVT pada Ibu Hamil

Perlu diketahui, sperma diproduksi setiap 3 hari sekali. Karena itu, hubungan seksual yang baik adalah sebanyak 2–3 kali dalam satu minggu. 

Agar kemungkinan hamil meningkat, wanita dianjurkan untuk berbaring di tempat tidur selama 10–15 menit setelah berhubungan seks.

  1. Kelola Stres dengan Baik

Stres atau kondisi psikologis dapat memengaruhi keadaan tubuh secara keseluruhan, termasuk tingkat kesuburan. Oleh karena itu, bagi pasangan yang sedang dalam program hamil, Anda sebaiknya mampu mengelola stres dengan baik.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres, misalnya:

  • Bermeditasi
  • Liburan
  • Melakukan hobi yang disenangi
  • Berolahraga sesuai minat.

Artikel lainnya:  6 Tantangan Hamil di Usia 40-an

  1. Menjaga Berat Badan

Ilustrasi Menjaga Berat Badan
loading

Berat badan terlalu kurus (underweight) akan menyulitkan Anda meraih kehamilan. Sebaliknya, berat badan berlebih (overweight atau obesitas) juga punya dampak negatif, yaitu meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit diabetes gestasional saat hamil.

Karena itu, Anda wajib menjaga berat badan agar tetap seimbang, baik sebelum, saat, atau setelah kehamilan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai perhitungan berat badan yang tepat bagi Anda.

  1. Cukup Istirahat

Anda dan pasangan wajib mendapatkan istirahat yang cukup, yaitu dengan tidur selama 8 jam tiap malam. Nyatanya, tidur yang cukup turut berperan dalam menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk dapat mengoptimalkan hormon-hormon yang bertugas dalam hal reproduksi.

Baca Juga

Itulah beberapa tips cepat hamil yang perlu Anda dan pasangan terapkan bersama-sama. Jika dalam pelaksanaannya Anda menemukan kendala, jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter kandungan. Anda juga bisa bertanya pada tim dokter tim dokter dari KlikDokter melalui Live Chat 24 jam.

(NB/RPA)

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Harus Siap, Inilah Tanda Ibu Hamil Mau Melahirkan Bayi

Info Sehat
06 Apr

5 Kiat Cegah Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

Info Sehat
01 Apr

Bisakah Wanita dengan Kanker Serviks Hamil?

Info Sehat
30 Mar

Mengapa Angka kematian Ibu Hamil dan Melahirkan Masih Tinggi?

Info Sehat
16 Mar

Olahraga saat Hamil Bikin Bayi Lebih Ramping, Benarkah?

Info Sehat
13 Mar

6 KOMENTAR

Avatar
Popi Merkuri
6 Bulan Lalu

pg dok maaf ganggu ksbknny dpg hr saya mau nny dok saya pny keluhan mslh haid gmn y cr memulihkn haid saya biar bs tratur stiap blnny ad gndala dg hormon saya dok kurag kstabilan hormonny

Avatar
Awi Pee Wee Gaskin
1 Tahun Lalu

klw boleh tau jenis vitaminx ap y dok ?

Avatar
Siti Saadah
1 Tahun Lalu

dok kenpa yh saya setiap udah hubungn beberapa jam kemudian ai mani kita ber dua ituh suka keluwar padahal sudah lama mengendap di pagina rahim dok. mapa jika saya menanykn hal yng jorok seprti ini tong info nya dok.

Avatar
Siti Saadah
1 Tahun Lalu

dok kenpa yh saya setiap udah hubungn beberapa jam kemudian ai mani kita ber dua ituh suka keluwar padahal sudah lama mengendap di pagina rahim dok. mapa jika saya menanykn hal yng jorok seprti ini tong info nya dok.

Avatar
Widyawati
1 Tahun Lalu

gima cara menghitung masa subur ketika haid tdk normal mohon infonya🙏

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk