Cara Aman Menghilangkan Kutil di Kulit

Oleh Tamara Anastasia pada 21 Aug 2019, 14:20 WIB
Meski kecil tetapi kutil di kulit bisa sangat mengganggu. Bagaimana ya cara aman menghilangkan kutil di kulit?
Cara Aman Menghilangkan Kutil di Kulit (roseshutterstock25/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kutil yang muncul di leher atau permukaan kulit lainnya pada tubuh jelas sangat mengganggu. Meski tidak berbahaya namun kutil di kulit bisa membuat pemiliknya  merasa tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara menghilangkan kutil di kulit dengan aman?

Kutil atau papilloma adalah sejenis tumor jinak di kulit yang muncul karena penebalan lapisan kulit berlebih. Meski ada embel-embel “tumor”, tetapi sebagian besar kutil tidak berbahaya. Namun demikian adanya kutil di kulit bisa sangat mengganggu penampilan, apalagi jika berada di bagian yang tidak tertutup pakaian.

Kutil bisa muncul di mana saja di permukaan kulit, termasuk di wajah dan sela-sela jari. Gangguan kulit ini umumnya memiliki tekstur yang kasar dan ada titik hitam kecil.

Penyebab kutil di kulit

Salah satu penyebab tersering munculnya kutil di kulit adalah infeksi virus, yang menurut dr. Valda Garcia dari KlikDokter adalah human papillomavirus (HPV). Virus ini paling sering menyebabkan kulit menyembul di tangan.

“Jenis lain dari virus HPV juga bisa menimbulkan kutil, tapi tidak di tangan, melainkan di beberapa area tubuh lainnya seperti kaki. Sebagian jenis virus HPV lainnya juga bisa menimbulkan penyakit yang cukup serius seperti kanker leher rahim,” jelas dr. Valda.

Meski tergolong kondisi yang tidak berbahaya, kutil bisa menular lewat sentuhan langsung dengan penderita.

“Seseorang yang sebelumnya sudah memiliki kutil, juga mungkin akan memiliki kutil lainnya di beberapa area tubuh yang berbeda. Jadi jika sebelumnya ada kutil di tangan, ada kemungkinan kutil juga bisa muncul di kaki atau punggung,” tambah dr. Valda.

Menurut dr. Valda, mereka yang mungkin memiliki risiko tinggi mengalami kutil adalah usia anak-anak dan dewasa muda. Selain itu, orang dengan daya tahan tubuh yang rendah (misalnya sedang sakit berat, penderita HIV, atau menjalani transplantasi organ) juga lebih mungkin memiliki kutil di kulit.

1 of 2

Cara aman menghilangkan kutil di kulit

Pengobatan kutil itu sendiri sebenarnya tidak susah. Kutil ditangani berdasarkan lokasi dan juga keluhan yang dialami oleh penderita.

“Biasanya, dokter akan memberikan obat oles yang harus digunakan secara rutin agar kutil hilang. Obat oles tersebut mengandung asam salisilat untuk mengelupas kulit yang telah terinfeksi,” sebut dr. Valda.

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutil di kulit adalah dengan metode pembekuan atau krioterapi. Metode tersebut merupakan penyembuhan dengan mendinginkan kutil dengan nitrogen cair. Terapi ini akan bereaksi dengan cara menimbulkan luka di area sekitar kutil. Setelahnya, jaringan kulit mati akan terangkat dalam kurun waktu sekitar satu minggu.

Waspadai kutil kelamin

Meski sebagian besar kutil di kulit tidak berbahaya, tetapi kutil yang muncul di area genital tidak boleh diabaikan.

Kutil kelamin adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya daging yang tampak seperti jengger ayam atau brokoli di daerah kelamin. Pada pria, kutil biasanya timbul di buah zakar atau sekitar anus, sedangkan pada wanita biasanya muncul di bibir kemaluan dan vagina.

Virus HPV penyebab kutil kelamin adalah tipe HPV 6 dan 11. Kutil kelamin dikategorikan sebagai dalam penyakit menular seksual, yang ditularkan lewat kontak seksual baik vaginal, anal, maupun oral.

Setiap orang yang sudah aktif secara seksual menjadi berisiko untuk mengalami kutil kelamin. Kejadian penyakit ini paling tinggi pada kelompok usia 20-30 tahun.

Kutil kelamin sering kali sulit dideteksi karena penyakit ini biasanya timbul tanpa gejala. Biasanya, penyakit ini baru ketahuan jika sudah muncul berbentuk tonjolan atau bentuk lainnya. Segera cari konsultasi dengan dokter untuk penanganan segera kutil kelamin makin besar, bertambah banyak, dan mudah berdarah.

Pengobatannya bisa beberapa cara, mulai dari tindakan operatif maupun non operatif (obat oles, krioterapi, dan penggunaan larutan asam).

Itulah beberapa cara aman menghilangkan kutil di kulit. Penanganan yang paling tepat tentu harus berdasarkan konsultasi dan pemeriksaan dokter. Hindari mengobati kutil sendiri, apalagi jika Anda punya diabetes atau kelemahan sistem kekebalan tubuh karena bisa rentan mengalami infeksi.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓