Ikan Kembung, Sumber Omega-3 yang Tak Kalah dari Salmon

Oleh dr. M. Dejandra Rasnaya pada 22 Aug 2019, 14:00 WIB
Kandungan omega-3 pada ikan kembung tidak kalah lo dari ikan salmon. Baca manfaat lengkapnya bagi kesehatan Anda berikut ini.
Ikan Kembung, Sumber Omega-3 yang Tak Kalah dari Salmon (Akids.photo.graphy/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa ikan kembung mempunyai kandungan omega-3 yang lebih tinggi daripada ikan salmon? Ikan lokal Indonesia ini tidak kalah dari ikan salmon yang banyak terdapat di perairan Eropa dan Amerika. Namun, masyarakat Indonesia masih banyak yang lebih memilih salmon daripada ikan kembung sebagai sumber asupan omega-3. 

Padahal, Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti sudah mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk makan ikan dengan program GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan). Hal ini didorong oleh fakta bahwa ikan adalah sumber protein dan lemak yang baik bagi kesehatan.

Salah satu dari sekian banyak jenis ikan yang ada di Indonesia, ikan kembung diketahui mempunyai kandungan omega-3 tinggi. 

Mengapa asupan omega-3 penting?

Omega-3 merupakan asam lemak yang baik dan banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Zat ini dikenal dapat mencegah penyakit jantung koroner (serangan jantung) karena bersifat sebagai antiradang dan mengurangi risiko pembentukan plak di pembuluh darah akibat kolesterol “jahat”.

Penumpukan plak tersebut jika terjadi menerus akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga dapat berujung pada serangan jantung ataupun stroke.

Selain bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, jenis dari asam lemak yang bernama EPA dan DHA ini bermanfaat bagi sistem saraf, termasuk otak. Kedua jenis omega-3 tadi dapat membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan kemampuan otak, yaitu demensia dan alzheimer. Bagi anak-anak yang masih tumbuh dan berkembang, mengonsumsi omega-3 dapat membantu perkembangan otak agar menjadi anak yang cerdas.

Melihat manfaat  zat omega-3 bagi tubuh, maka penting untuk memasukkan jenis makanan yang menjadi sumber omega-3 ke dalam menu makan Anda. Baik ikan salmon maupun ikan kembung, sama-sama bisa menjadi sumber omega-3.

Namun, di kalangan masyarakat Indonesia, salmon – meski masih impor – masih  menjadi pilihan utama dibandingkan ikan kembung. Padahal, menurut banyak penelitian, tiap 100 gram daging salmon mengandung 1,6 gram omega-3. Sedangkan, dalam jumlah yang sama ikan kembung mengandung sekitar 2,4 gram zat tersebut.

Selain itu, karena kebanyakan daging salmon diimpor, harganya menjadi mahal dan hanya dijual di swalayan tertentu. Jika dibandingkan dengan salmon yang harganya berkisar 120-200 ribu rupiah per kilogram, ikan kembung lokal hanya berkisar 35-50 ribu rupiah per kilogram.

1 of 2

Kandungan nutrisi ikan kembung

Selain kaya akan omega-3, ikan kembung juga mempunyai kandungan nutrisi lain yang tidak kalah menyehatkan dari ikan salmon. Beberapa kandungan nutrisi tersebut antara lain:

  1. Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan setiap hari selain karbohidrat dan lemak. Ikan kembung bisa Anda jadikan pilihan sebagai sumber protein. Per 100 gram ikan kembung, kandungan proteinnya bisa mencapai 20 gram. 

  1. Vitamin D 

Masyarakat Indonesia masih banyak yang kekurangan vitamin D. Ikan kembung sebagai sumber protein yang ekonomis dan kaya vitamin D bisa menjadi  pilihan. Vitamin D merupakan salah satu yang penting bagi tubuh karena membantu penyerapan kalsium, menjaga kesehatan tulang dan gigi, sistem imun, dan sistem saraf.

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 yang terkandung dalam ikan kembung juga penting bagi tubuh. Vitamin ini berperan dalam membantu pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme, menjaga kesehatan sistem imun, dan sistem saraf. 

  1. Selenium

Salah satu mineral yang terkandung pada ikan kembung adalah selenium. Zat ini bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan penyakit lainnya.

Pentingnya omega-3 bagi kesehatan tentu membuat Anda jadi terdorong untuk mengonsumsi ikan lokal Indonesia, yaitu ikan kembung. Tetapi, jika Anda ingin mengonsumsi salmon, silakan saja karena kandungannya juga sehat. Namun, dengan perbandingan harga yang cukup jauh, ikan kembung dapat menjadi alternatif yang lebih ekonomis. 

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓