Ibu, Ini 7 Makanan Paling Sehat untuk MPASI

Oleh Tamara Anastasia pada 24 Aug 2019, 07:00 WIB
Agar nutrisi bayi 6 bulan ke atas terpenuhi dengan baik, ini dia makanan paling sehat untuk MPASI yang bisa Anda berikan setiap hari.
Ibu, Ini 7 Makanan Paling Sehat untuk MPASI (5 Second Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ketika bayi menginjak usia 6 enam bulan, air susu ibu (ASI) saja sudah tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan gizinya. Untuk itu, Anda perlu memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) agar kebutuhan nutrisi hariannya bisa terpenuhi dengan baik. Lantas, makanan apa saja yang sebenarnya paling sehat untuk MPASI?

Menurut dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, apa pun makanannya, selama makanan tersebut mengandung protein, vitamin, mineral, antioksidan, dan gizi seimbang lainnya, makanan tersebut layak dan sehat untuk MPASI.

“Buah dan sayuran memang menjadi menu MPASI yang paling sehat karena mengandung mikronutrien dan berbagai macam vitamin lainnya, seperti vitamin A, B, C, dan E. Tapi, bukan berarti bayi hanya boleh diberikan buah dan sayur, daging seperti daging merah, ayam, udang, dan sebagainya juga boleh diberikan sebagai menu MPASI,” ujar dr. Arina. 

Selain itu, makanan yang mengandung lemak tidak jenuh juga diperlukan agar pertumbuhan sel-sel otak bayi dapat berfungsi dengan baik. 

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, apabila si Kecil hanya mengonsumsi buah dan sayur, tanpa adanya asupan mengandung lemak, vitamin yang terkandung dalam buah dan sayur tersebut akan sulit diserap maupun dicerna. Selain itu, lemak juga dapat menjadi sumber energi untuk mendukung aktivitas si Kecil. 

Deretan makanan yang sehat untuk MPASI

Jika Anda masih bingung dan ragu dalam memilih menu MPASI untuk si Kecil, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa Anda jadikan pilihan: 

  • Wortel

Dikutip dari laman Parents, wortel kaya akan vitamin A yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata si Kecil. Lalu, wortel juga mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan jantung si Kecil.

  • Daging dan ikan

Daging dan ikan memiliki kandungan zink yang merupakan komponen penyusun DNA, yakni materi genetik dalam tubuh manusia. Tidak hanya itu, menurut dr. Sepriani, zink juga berperan penting dalam memperkuat daya tahan tubuh si Kecil dalam melawan infeksi. 

1 of 2

Selanjutnya

  • Yoghurt

Yoghurt (Fortyforks/Shutterstock)
Yoghurt (Fortyforks/Shutterstock)

Agar gigi si Kecil tumbuh dengan optimal, kalsium tidak cukup hanya didapatkan dari ASI, tapi juga bisa dari produk olahan susu lainnya seperti yoghurt. 

“Bayi memerlukan pasokan kalsium setiap hari. Kekurangan asupan kalsium dapat menyebabkan tulang si Kecil jadi mudah mengeropos saat ia beranjak dewasa,” tambah dr. Sepriani. Anda juga bisa menambahkan potongan buah segar pada segelas yoghurt. 

  • Blueberry

Buah kecil berwarna biru ini kaya akan vitamin C dan juga beta-karoten. Sementara antosianin pigmen biru pada kulit blueberry membantu melindungi bayi dari sel kanker. Satu lagi, blueberry juga  memiliki kapasitas antioksidan tertinggi dibanding jenis buah lainnya, sehingga baik untuk kesehatan jantung. 

  • Kedelai

Kacang kedelai serta produk olahannya, seperti tahu dan tempe, merupakan sumber protein nabati yang baik untuk dijadikan sebagai menu MPASI. Faktanya, setiap 100 gram kedelai mengandung sekitar 30,2 gram protein. 

  • Bayam

Tidak untuk orang dewasa, bayam juga sangat bermanfaat untuk bayi. Bayam mengandung zat besi tinggi yang bisa menurunkan defisiensi zat besi pada si Kecil. Selain itu, bayam juga kaya akan folat dan antioksidan yang mampu meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh. 

MPASI Serealia

Serealia adalah salah satu jenis makanan yang paling sering dipilih untuk dijadikan sebagai menu MPASI bayi. Serealia merupakan makanan yang terbuat dari biji-bijian seperti beras merah, gandum, kacang hijau, oatmeal, dan barley. 

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, serealia memiliki beberapa kelebihan. Antara lain adalah lebih mudah dicerna dan lebih jarang menimbulkan reaksi alergi pada si Kecil.

Meski begitu, serealia tidak mengandung kadar lemak dan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi berusia enam bulan. Itulah sebabnya, serealia tidak dapat dijadikan menu MPASI tunggal dalam jangka waktu lama.

Itulah beberapa menu makanan sehat untuk MPASI yang bisa Anda berikan pada bayi berusia enam bulan ke atas. Anda bisa mengenalkan jenis makanan tersebut satu persatu, agar si Kecil juga jadi terbiasa mencicipi berbagai macam rasa dari jenis makanan yang berbeda-beda.

[MS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓