Ibu, Ini 7 Cara agar Anak Tidak Takut Saat Disuntik

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 23 Aug 2019, 16:20 WIB
Anak-anak biasanya takut disuntik karena sakit. Tapi, ada cara ampuh yang bisa Anda lakukan agar anak tidak takut saat disuntik.
Ibu, Ini 7 Cara agar Anak Tidak Takut Saat Disuntik (Yuganov-Konstantin/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kebanyakan anak-anak akan menangis ketika akan disuntik, seperti saat imunisasi. Mereka menangis biasanya karena setahu mereka disuntik itu sakit. Nah agar tidak takut saat disuntik, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Orang dewasa sudah tahu bahwa rasa sakit akibat disuntik hanya berlangsung beberapa detik saja, tetapi anak-anak tahunya bahwa disuntik memang sakit. Akibatnya, banyak anak kemudian menjadi takut terhadap jarum dan kunjungan ke dokter.

Seiring bertambahnya usia anak, ketakutan yang tidak berkurang itu bisa mengubah mereka menjadi orang dewasa yang memiliki fobia. Hal ini bisa membuat mereka menghindari vaksin dan perawatan kesehatan yang sangat dibutuhkan.

Agar anak tidak takut saat disuntik

Supaya anak Anda tidak takut saat disuntik, hal yang perlu dilakukan orang tua adalah jangan berbohong demi menenangkannya. Katakan sejujurnya bahwa suntik memang sakit. Tapi jelaskan bahwa itu hanya berlangsung sebentar dan efek sehatnya lebih banyak dibanding sakitnya.

“Sedari awal seharusnya anak sudah diberi pengertian bahwa imunisasi itu memang sakit karena harus menggunakan jarum suntik. Orang tua harus meyakinkan pada anak bahwa, rasa sakit akibat jarum suntik saat imunisasi hanya berlangsung sebentar saja. Sehabis itu, anak akan terus sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya,” kata dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter.

Untuk mengurangi rasa takut disuntik yag dialami anak, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Sambil menyusui

Menyusui si Kecil saat ia akan disuntik bisa Anda tempuh untuk menghindari rasa sakit. Cara ini dapat Anda terapkan, khususnya jika anak masih berusia 0–2 tahun. Bila lebih dari itu, Anda bisa menggunakan dot yang telah diolesi sedikit gula, agar ia bisa sedikit merasa tenang.

2. Alihkan perhatiannya

Mengalihkan perhatian anak – bisa dengan membiarkannya bermain game di gawai - bisa menjadi salah satu cara untuk membuatnya tidak takut saat disuntik. Ketika perhatiannya teralihkan dengan hal lain, anak tidak akan menyadari rasa sakit yang dialaminya ketika disuntik.

3. Jangan pegangi badan anak Anda

Banyak orang tua memegangi tubuh anak erat-erat agar anak mau disuntik. Padahal, itu sama saja dengan memaksanya. Akibatnya anak justru akan panik dan ketakutan. Supaya anak tidak takut, sebaiknya jangan lakukan itu.

1 of 2

Selanjutnya

4. Jangan menakut-nakuti anak

Kata-kata orang tua sangat membekas bagi anak-anak. Jika orang tua salah mengatakan hal soal suntik, itu bisa membuat anak takut. Selain itu, jika Anda suka menakut-nakuti anak Anda dengan kata-kata: "jangan nakal, nanti disuntik dokter". Itu justru membuat anak Anda akan takut dengan suntikan. Pada akhirnya dia malah ketakutan ketika disuntik.

Sementara, saat menunggu giliran disuntik, orang tua harus mampu menjelaskan kepada anak segala prosedur penyuntikan dengan baik. Disarankan agar Anda tetap tenang, mengikuti instruksi dokter, dan sabar menunggu buah hati ketika disuntik.

5. Pelajari soal suntikan

Sebelum mengantar anak untuk disuntik, coba pelajari dulu soal suntikan. Anda bisa bermain "dokter-dokteran" sebelum anak disuntik dan itu dapat sangat bermanfaat bagi anak-anak usia 2 hingga 5 tahun.

Anda juga dapat menggunakan buku atau video sebagai alat untuk memperkenalkan anak tentang apa yang akan terjadi. Lalu, ketika dia akan disuntik, Anda dapat menyebutkan bahwa itu terjadi seperti yang terjadi di buku atau video.

6. Rajin bertanya pada dokter

Cobalah untuk rajin bertanya pada dokter mengenai apa yang bisa dilakukan untuk menangani rasa sakit akibat disuntik. Sering kali, perbincangan seperti ini memunculkan ide baru untuk Anda tentang bagaimana cara agar anak tidak merasa ketakutan ketika disuntik.

7. Dampingi anak Anda

Orang tua perlu mendampingi anak, baik saat sebelum, ketika disuntik, sampai selesainya kegiatan menyuntik itu. Semua ini memang tidak membantu anak-anak terhindar dari rasa sakit akibat suntikan, tetapi bisa mengurangi rasa takutnya.

Beberapa cara di atas bisa Anda lakukan agar anak tidak takut disuntik. Memang, anak-anak pasti akan takut ketika mendengar kata suntikan. Hal itu wajar saja. Sebagai orang tua, tugas Anda adalah memastikan bahwa anak tidak lagi merasa takut saat disuntik, sehingga ia tidak akan mengalami fobia.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓