Tips Mengaplikasikan Ulang Tabir Surya Tanpa Merusak Makeup

Oleh Ruri Nurulia pada 26 Aug 2019, 13:00 WIB
Banyak yang malas mengaplikasikan ulang tabir surya karena tak mau makeup rusak. Padahal tanpanya, kulit tak terlindungi dari sinar UV.
Tips Mengaplikasikan Ulang Tabir Surya Tanpa Merusak Makeup (Africa Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anjurannya, tabir surya harus diaplikasikan ulang tiap beberapa jam. Sayangnya banyak yang malas melakukannya dengan alasan takut merusak makeup. Adakah cara mengaplikasikan ulang tabir surya tanpa merusak riasan?

Pentingnya pemakaian tabir surya untuk kulit

Banyak orang yang hanya menggunakan tabir surya pada keadaan tertentu saja. Padahal, tabir surya perlu digunakan kapan pun, tidak hanya saat pergi ke pantai, berenang, atau ke luar rumah. 

Bahkan, di dalam ruangan pun masih ada paparan sinar ultraviolet (UV). Kondisi ini dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan photoaging (penuaan dini pada kulit akibat sering terpapar sinar UVA dan UVB).

Selain itu, paparan sinar UV merupakan penyebab utama kanker kulit, yaitu karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa. Risiko terjadinya kanker kulit bisa ditekan dengan melindungi diri dari kerusakan sel akibat sinar UV, yaitu dengan menggunakan tabir surya.

Sekali saja tidak cukup

Khusus wanita, tak sedikit yang beranggapan bahwa pemakaian kosmetik akan memberikan perlindungan terhadap sinar matahari. Dari KlikDokter, dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc(Hons) mencoba menjelaskannya.

“Penggunaan kosmetik memang akan memberi sedikit perlindungan terhadap sinar matahari. Namun, kosmetik saja tidak cukup. Tabir surya tetap diperlukan, baik sebelum maupun sesudah pemakaian kosmetik,” demikian jelas dr. Alberta.

Selain itu, aplikasi tabir surya juga tak cukup sekali, tetapi harus diaplikasikan ulang tiap beberapa jam.

“Memakai tabir surya hanya sekali pada pagi hari tentu tidak cukup, karena keampuhannya akan memudar sering berjalannya waktu. Sebaiknya pakai ulang tabir surya tiap dua jam.”

Seberapa sering Anda harus mengaplikasikan ulang tabir surya sebetulnya bergantung pada aktivitas, apakah Anda lebih banyak di dalam ruangan atau luar ruangan. 

Sebagian besar dematolog merekomendasikan penggunaan tabir surya dengan SPF minimal 30, lalu diaplikasikan ulang beberapa kali sehari jika berkegiatan di luar ruangan. Sayangnya, banyak wanita yang enggan memakai ulang tabir surya karena tak mau sampai makeup berantakan atau rusak.

Cara aplikasi ulang tabir surya tanpa merusak makeup

Sebetulnya sudah banyak produk kombinasi untuk ritual kecantikan harian, misalnya pelembap dengan SPF, foundation, atau bedak dengan proteksi terhadap sinar matahari. Sayangnya, itu tak cukup. 

Selain itu, meski tabir surya adalah ritual kecantikan pertama Anda pada pagi hari, Anda akan butuh touch-up pada siang atau sore hari, apalagi jika cuaca sedang panas. Mengaplikasikan ulang tabir surya pada waktu ini ditakutkan dapat merusak rias wajah, atau Anda tak punya waktu untuk mengulang ritual kecantikan dari awal.

Dilansir dari Huffington Post, berikut ini adalah solusi mengaplikasikan ulang tabir surya tanpa harus merusak makeup Anda.

  1. Pakai tabir surya yang biasa Anda pakai tiap pagi.
  1. Gunakan setting spray yang mengandung SPF. Sebagai informasi, setting spray adalah produk semprot yang digunakan sebagai top coat makeup, berguna untuk membuat rias wajah lebih tahan lama. Setting spray berwarna bening, sehingga tak akan mengubah warna dan tekstur makeup. Kulit akan tetap terlindungi dari bahaya sinar UV.
  1. Anda juga bisa pakai SPF setting powder atau pakai ulang bedak dengan kandungan SPF saat touch-up dan mengendalikan keringat dan kulit mengilap, sebelum (kembali) beraktivitas di luar ruangan.

Bagaimana, tidak repot, kan? Jangan lagi mencari-cari alasan untuk tidak mengaplikasikan ulang tabir surya, ya. Dengan cara yang disebutkan tadi, tabir surya bisa Anda pakai ulang beberapa kali sehari untuk tetap melindungi kulit, tanpa takut merusak makeup! Jangan cuma wajah, aplikasikan juga tabir surya terpisah untuk melindungi bagian tubuh lainnya yang terpapar sinar matahari.

[RVS]