Tulang Sering Nyeri, Tanda TBC Tulang?

Oleh Tamara Anastasia pada 27 Aug 2019, 14:20 WIB
Tak hanya paru, TBC juga bisa menyerang tulang. Jika tulang sering nyeri, apakah ini salah satu tanda dari TBC tulang?
Tulang Sering Nyeri, Tanda TBC Tulang? (Shaynepplstockphoto/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tuberkulosis (TBC) tulang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang paru-paru, lalu menyebar ke tulang lewat aliran darah. Kalau tulang sering nyeri, apakah itu adalah salah satu tanda TBC tulang?

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, angka kejadian TBC tulang terus bertambah di negara-negara berkembang terkait dengan masalah malnutrisi. Selain itu, kasus TBC tulang juga ditemukan meningkat kasusnya pada penderita HIV/AIDS.

Selain menyebarnya bakteri ke tulang, TBC tulang juga bisa disebabkan oleh resistansi obat ketika masa pengobatan. TBC tulang juga dikenal sebagai TBC ekstra paru.

“Bakteri TBC bisa menginfeksi tulang apa pun di tubuh, tetapi paling sering menyerang tulang belakang. Kasus yang terjadi pada tulang belakang bisa mencapai 50% dari seluruh jumlah kasus TBC tulang,” kata dr. Andika memberi penjelasan.

Penyakit TBC tulang belakang juga dikenal dengan Pott’s disease, biasanya menyerang tulang belakang yang setinggi dengan bagian dada (toraks). Selain itu, TBC tulang juga bisa terjadi di persendian pinggul, persendian lutut, persendian pergelangan kaki, tulang area bahu, dan tulang area siku.

Tanda dan gejala TBC tulang

Waspadai TBC tulang dengan mengenali tanda dan gejalanya. Gejala awalnya biasanya nyeri punggung yang makin hari makin nyeri. Gejala lain yang bisa muncul adalah demam yang hilang timbul, keringat berlebih pada malam hari, serta punggung terlihat makin membungkuk. Lebih lengkapnya bisa dibaca di bawah ini.

  • Peradangan sendi

Menurut dr. Andika, TBC pada sendi biasanya menyerang sendi panggul dan lutut. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala kekakuan hingga munculnya abses (penumpukan nanah) di sendi.

  • Nyeri

Nyeri yang dirasakan pada TBC tulang bervariasi, tergantung dari bagian yang terkena.

“TBC pada persendian dapat menyebabkan nyeri akut dan kekakuan pada sendi, sedangkan TBC tulang belakang dapat menimbulkan nyeri di bagian punggung secara konstan,” ujar dr. Andika.

1 of 2

Selanjutnya

  • Benjolan di punggung

Dokter Andika mengatakan, TBC tulang belakang yang makin parah bisa terus merusak piringan tulang belakang. Ini bisa mengakibatkan penonjolan tulang belakang ke luar. Tonjolan ini dikenal dengan istilah gibbus.

  • Kelumpuhan

Jika TBC tulang belakang tidak terdiagnosis dini dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka dapat menyerang jaringan lain di sekitar tulang belakang secara cepat.

“Ini termasuk saraf yang berada di sepanjang tulang belakang. Jika sudah mengenai saraf tersebut, maka dapat menimbulkan gejala kelumpuhan,” ucap dr. Andika.

Dokter dr. Andika menjelaskan bahwa penderita TBC tulang tak selalu mengalami gejala klasik TBC (demam, keringat malam, atau penurunan berat badan). Namun, 50 persen penderita TBC tulang juga mengalami infeksi TBC pada organ parunya.

Meskipun demikian, biasanya infeksi di paru tersebut tidak bersifat aktif atau dorman. Umumnya, TBC tulang tidak menular karena penularan terjadi melalui droplet yang keluar saat batuk.

Kemungkinan lainnya penyebab nyeri tulang

Meski nyeri tulang bisa menjadi pertanda adanya TBC tulang dalam tubuh, namun penyebab nyeri pada tulang ternyata bisa beragam. Beberapa penyebab lain munculnya nyeri tulang bisa diakibatkan oleh adanya:

  • Ketegangan otot punggung

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, ketegangan otot punggung merupakan penyebab dari nyeri punggung yang paling sering dikeluhkan, terutama jika Anda masih berusia muda. Ini disebabkan karena posisi tubuh yang tidak anatomis ketika Anda duduk, tidur atau melakukan aktivitas lainnya.

  • Peradangan pada sendi tulang belakang

“Peradangan sendi paling sering disebabkan karena adanya pengapuran pada sendi tulang belakang. Terutama pada orang yang memiliki berat badan berlebih, setiap harinya sendi-sendi ini akan berusaha lebih keras untuk menahan beban tubuh,” ujar dr. Reza.

  • • Cedera pada tulang belakang

Jika Anda pernah mengalami cedera sebelumnya, nyeri tulang belakang pasti menjadi kondisi yang sering Anda keluhkan. Biasanya, nyeri tulang belakang diakibatkan karena adanya cedera yang bersifat akut.

  • Kanker tulang

Nyeri di tulang karena kanker tulang dirasakan terus-menerus dan intensitasnya makin bertambah seiring berjalannya waktu. Selain itu, umumnya kanker tulang juga disertai dengan:

  • Nyeri tulang bertambah berat jika sedang beraktivitas
  • Muncul benjolan pada tulang
  • Tulang mudah patah
  • Demam hilang timbul
  • Mudah lelah
  • Pucat
  • Berat badan turun drastis.

Selain tanda dari TBC tulang, nyeri tulang juga bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi medis lainnya. Jika Anda merasakan nyeri tulang yang intensitasnya makin berat seiring berjalannya waktu, lebih baik periksakan diri ke dokter agar segera diketahui penyebabnya. Dengan makin dini penyakit terdeteksi, diharapkan tingkat kesembuhannya juga makin tinggi.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓