Daftar Tanaman Pengusir Stres untuk Anda

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 28 Aug 2019, 08:00 WIB
Sering stres dan jenuh di rumah atau di tempat kerja? Mungkin Anda perlu menanam dan merawat tanaman pengusir stres ini.
Daftar Tanaman Pengusir Stres untuk Anda (Aquarius Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kehidupan dan padatnya rutinitas sering kali membuat Anda rentan stres. Berbagai cara dilakukan untuk meredakannya, salah satunya adalah menanam dan merawat tanaman pengusir stres.

Stres bisa dialami siapa saja. Di kalangan pekerja, tentu stres adalah “makanan” sehari-hari. Menurut data dari American Institute of Stress hampir 80 persen pekerja mengaku pernah mengalami stres. Bahkan, sebagian di antaranya mengatakan stres yang dirasakan bersifat berat.

Meski sering dianggap paling sepele dibanding stres lainnya, nyatanya stres di dunia kerja (workplace stress) dapat mengganggu kualitas hidup. Tak hanya itu, dari sisi kesehatan, stres karena pekerjaan yang berlangsung lama dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga serangan jantung.

Alasan kenapa Anda harus (makin) menyayangi tanaman

Bukan sekadar estetika, berada di sekitar tanaman dapat membawa manfaat baik bagi Anda. Merawat tanaman dinilai bisa menenangkan pikiran sekaligus membangkitkan mood. Selain itu, masih ada beragam manfaat lainnya dari menyayangi tanaman:

  • Menghalau stres

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres adalah dengan merawat tanaman. Adanya tanaman di ruang kerja atau di rumah telah terbukti dapat mengurangi stres orang-orang di lingkungan tersebut.

Kemampuan tanaman dalam meredam stres telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam “Journal of Physiological Anthropology”, yang membandingkan dua kelompok. Satu kelompok bekerja di depan komputer, sementara kelompok lain melakukan aktivitas yang berhubungan dengan tanaman. Hasilnya, kelompok yang berinteraksi dengan tanaman merasa lebih nyaman dan santai dibandingkan mereka yang berhadapan dengan komputer.

  • Meningkatkan kemampuan kognitif

Selain mampu mengurangi stres, tanaman juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif. 

Ada penelitian di Inggris yang menunjukkan bahwa tanaman yang diletakkan di dalam ruangan dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan produktivitas saat bekerja sebanyak 47 persen. Bayangkan, memelihara tanaman akan membuat Anda mampu bekerja lebih efektif dan disenangi oleh atasan.

  • Meningkatkan kualitas udara

Tak berhenti sampai di situ, tanaman juga dapat meningkatkan kualitas udara di sekeliling Anda. Bekerja di dalam ruangan tidak serta-merta membuat Anda bebas dari polusi udara, lo!

Ada beberapa polutan yang seliweran di dalam ruangan, seperti asbestos, radon, formaldehida, benzena, bahkan karbon monoksida. Tanaman dapat membersihkan udara dari polutan-polutan tersebut, sehingga Anda dapat menghirup udara yang minim polutan. 

1 of 2

Daftar tanaman penghalau stres 

Tanaman lidah buaya (ViktoriaIvanets/Shutterstock)
Tanaman lidah buaya (ViktoriaIvanets/Shutterstock)

Sampai di sini Anda mungkin tertarik untuk mulai memelihara tanaman. Sayangnya bisa jadi Anda masih bingung mulai dari mana atau membeli tanaman apa.

Ada banyak jenis tanaman yang bisa Anda tempatkan di ruang kerja maupun di dalam rumah. Jika ingin segera online shopping atau mengunjungi toko tanaman, carilah beberapa tanaman ini:

  1. Lidah buaya (aloe vera)

Tak ada yang tak kenal dengan tanaman ini. Tanaman sukulen ini memiliki segudang manfaat. Lidah buaya dapat mengurangi kadar karbon dioksida dan karbon monoksida dalam udara. Selain itu, gel di dalam tanaman ini juga banyak manfaatnya, seperti untuk kulit dan rambut, serta olahannya dapat dikonsumsi dan mampu mencegah konstipasi.

  1. Lili perdamaian (peace lily)

Tanaman ini cocok ditempatkan indoor atau di dalam ruangan. Selain bersifat dekoratif karena kecantikan bunganya, lili perdamaian dapat menghalau berbagai polutan, termasuk benzen dan formaldehida, sehingga udara di ruangan akan lebih bersih.

  1. Lidah mertua (Sansevieria)

Tanaman ini memiliki bentuk yang khas, yakni daunnya keras, tegak, berlekuk, dengan ujung runcing. Merawatnya pun relatif mudah karena lidah mertua mampu tumbuh dengan kondisi sedikit air dan sinar matahari. 

Tanaman ini mampu mengurangi sebagian besar polutan dalam ruangan seperti benzena, formaldehida, dan trichloroethylene. Hal tersebut membuatnya ditetapkan sebagai tanaman dalam ruangan terbaik dalam hal membersihkan udara berdasarkan penelitian NASA Clear Air Study yang dilakukan oleh NASA.

  1. Lili paris (spider plant

Tanaman golongan Chlorophytum ini mungkin sering Anda temui. Bentuknya khas dengan daun yang panjang dan menjuntai sehingga dapat dijadikan tanaman gantung. Serupa dengan peace lily, tanaman ini pun mampu menyerap racun dalam udara.

  1. Filodendron 

Berbeda dengan beberapa jenis tanaman di atas, filodendron memiliki daun yang relatif lebih lebar dengan batang yang lunak. Tanaman ini memiliki banyak varietas dan digemari sebagai tanaman penghias ruangan. Selain dapat mempercantik area kerja atau rumah, filodendron juga dapat membersihkan udara dan mengurangi stres.

Bagaimana, tertarik untuk menghijaukan ruangan kerja dan rumah? Mulailah dengan membeli dan merawat tanaman dari daftar tanaman di atas. Tak hanya bisa jadi pengusir stres dan mempercantik ruangan, udara pun jadi lebih segar dan minim polutan.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓