Makan Durian Saat Hamil Menyebabkan Keguguran, Benarkah?
searchtext customer service

Benarkah Durian Bisa Menyebabkan Keguguran?

Ada anggapan bahwa makan durian bisa menyebabkan keguguran. Bagaimana kebenarannya dari sisi medis? simak ulasannya di sini.
Benarkah Durian Bisa Menyebabkan Keguguran?

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak mitos dan fakta kehamilan yang beredar di tengah masyarakat. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui pasti mana yang mitos dan mana yang fakta. 

Salah satunya mengenai konsumsi buah durian yang menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Apakah makan durian menyebabkan keguguran

Artikel lainnya: Ibu Hamil, Waspadai Tanda-Tanda Keguguran Ini

Durian dan Risiko Keguguran 

Durian dan Risiko Keguguran

Durian bukanlah makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Akan tetapi, faktanya hingga saat ini belum ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi durian dapat menyebabkan keguguran.

Anda tidak dianjurkan mengonsumsi durian selama masa kehamilan, karena buah tersebut mengandung kadar gula dan karbohidrat yang sangat tinggi. 

Lima butir durian saja (bukan 5 buah durian) mengandung sekitar 160 kalori. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dari 330 ml minuman bersoda, lho.

Bahaya durian bagi ibu hamil dapat menyebabkan diabetes selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan kandungan gula dan kalori yang tinggi di dalam durian. 

Sementara, kandungan senyawa alkohol yang terdapat pada durian yang sangat matang tentu akan sangat berbahaya bagi janin di dalam kandungan Anda. Kandungan ini bisa memicu keguguran jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. 

Artikel lainnya: Ketahui Penyebab Umum Keguguran pada Ibu Hamil

Ibu Hamil Tetap Harus Hindari Durian? 

Ibu Hamil Tetap Harus Hindari Durian?

Tenang, ibu hamil tetap bisa, kok, mengonsumsi durian, asalkan dalam jumlah secukupnya dan tidak berlebihan. Sebaiknya Anda menikmati durian setelah makan. Namun, apabila memiliki riwayat sakit mag, hindari konsumsi durian. 

Meski begitu, ada kondisi yang bisa menjadi pengecualian. Bagi ibu hamil dengan ukuran janin yang terlalu kecil, mengonsumsi durian boleh dilakukan untuk menambah berat badan janin. 

Akan tetapi, bukan berarti bumil hanya mengonsumsi durian. Untuk meningkatkan berat badan janin, ibu hamil juga harus makan makanan yang tinggi protein seperti daging, telur, ayam, dan susu. 

Nah, kini Anda telah mengetahui fakta bahaya durian bagi kehamilan, meski tidak terbukti bisa sampai menyebabkan keguguran. 

Perhatikan aturan makan durian bagi ibu hamil di atas agar tidak mengganggu proses kehamilan dan berdampak buruk terhadap janin. 

Baca Juga

Tak perlu bingung lagi untuk mendapatkan fakta kesehatan ibu hamil yang lengkap, semuanya ada di aplikasi KlikDokter! Anda juga bisa konsultasi online dengan dokter kandungan via Live Chat.

(FR/JKT) 

ARTIKEL TERKAIT

Minum Kopi setelah Makan Durian Berbahaya, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
13 Mei

Pantangan Setelah Kuret yang Wajib Anda Hindari

Info Sehat
12 Mei

Jangan Makan Durian dengan Makanan Ini Bersamaan!

Info Sehat
10 Mei

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Keguguran

Info Sehat
21 Apr

Durian Picu Kolesterol Tinggi, Mitos atau Fakta?

Info Sehat
01 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat