Turun Berok Juga Bisa Dialami Wanita?

Oleh Tamara Anastasia pada 28 Aug 2019, 15:40 WIB
Umumnya, kasus turun berok terjadi pada pria. Tapi ternyata, turun berok juga bisa dialami oleh para wanita, lo!
Turun Berok Juga Bisa Dialami Wanita? (PRPicturesProduction/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat berbicara tentang turun berok, selama ini para penderitanya cukup identik dengan kaum pria. Akan tetapi, ternyata faktanya tidak seperti itu. Sebab, turun berok bisa dialami siapa saja, termasuk para wanita. Lalu, seperti apa saja kasus turun berok pada wanita?

Turun berok atau dalam bahasa medisnya disebut hernia merupakan penyakit yang tidak boleh disepelekan. Pasalnya, turun berok merupakan kondisi di mana organ dalam perut tidak berada di posisi yang semestinya. Hal ini disebabkan melemahnya otot-otot di sekitar pinggul dan perut, sehingga tidak kuat dalam menahan organ dalam perut.

Mirip dengan gejala pada pria, menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, seorang wanita yang mengalami turun berok akan merasakan adanya benjolan pada bagian tubuh tertentu.

Biasanya, benjolan ini akan disertai dengan rasa nyeri. Selain itu, benjolan tersebut juga dapat masuk kembali atau menghilang saat Anda tiduran, dan akan kembali ketika Anda batuk atau mengejan.

“Turun berok bisa terjadi karena adanya kelemahan otot pada bagian tubuh yang berfungsi untuk menyangga posisi organ. Jika keluhan rasa sakit akibat turun berok semakin parah, maka Anda harus segera ke dokter,” jelas dr. Theresia.

Adapun beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena turun berok, yaitu:

  • Terlalu sering mengangkat beban berat.
  • Mengejan terlalu keras ketika sembelit atau susah buang air besar.
  • Berat badan berlebih.
  • Adanya cairan yang menumpuk pada rongga perut.

Jenis turun berok pada wanita

Menurut dr. Theresia, ada empat jenis turun berok atau hernia yang bisa dialami wanita, yakni:

1. Hernia Hiatus

Jika Anda memiliki benjolan pada diafragma ke arah rongga dada, maka Anda bisa dikatakan mengidap hernia hiatus.

“Benjolan ini bisa muncul karena ada organ dari rongga perut yang naik ke atas dan melewati diafragma, yang pada akhirnya memisahkan rongga dada dan rongga perut. Jika wanita tersebut berusia di atas 50 tahun dan memiliki berat badan berlebih, maka akan ada kemungkinan dia mengalami hernia hiatus,” ujar dr. Theresia.

2. Hernia Fermoralis

Hernia fermoralis merupakan jenis hernia yang paling sering menimpa wanita. Kondisi ini terjadi ketika usus menonjol ke paha bagian atas dan juga selangkangan. Alhasil, Anda akan melihat adanya benjolan pada kedua area tersebut.

Menurut dr. Theresia, biasanya para penderita hernia fermoralis tidak sadar jika memiliki benjolan, sebab tonjolan yang muncul pun akan sangat kecil dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, rasa sakit biasanya akan muncul jika benjolan sudah semakin besar dan ketika Anda sedang mengejan atau mengangkat beban yang berat.

3. Hernia Inguinalis Tidak Langsung

Berbeda dengan hernia fermoralis, benjolan yang disebabkan oleh hernia inguinalis tidak langsung akan berukuran cukup besar dan menimbulkan rasa sakit dan sensasi terbakar. Umumnya, kondisi ini akan lebih berisiko pada ibu hamil.

“Benjolan ini biasanya akan muncul pada area selangkangan, dan rasa sakit yang dihasilkan akan semakin terasa ketika Anda mengangkat beban berat, batuk, dan juga membungkuk,” ujar dr. Theresia.

4. Hernia Umbilikus

Hernia umbilikus merupakan kondisi di mana usus, lemak, dan juga cairan muncul ke dinding rongga perut yang dekat dengan pusar. Akibatnya, akan tampak adanya benjolan di pusar Anda yang cukup terlihat dengan kasat mata.

Umumnya, hernia umbilikus akan menimpa wanita yang sudah memiliki anak (terutama dalam jumlah banyak) dan yang memiliki berat badan berlebih.

Untuk pengobatannya sendiri, Anda perlu memastikan terlebih dahulu jenis turun berok apa yang sedang Anda alami. Namun, tindakan operasi akan diperlukan jika benjolan yang ada memiliki ukuran cukup besar dan menimbulkan sakit dengan intensitas berat.

Nah, sekarang Anda sudah tahu jika turun berok tidak hanya terjadi pada pria, tapi juga bisa dialami wanita. Jika Anda mendapati turun berok pada area perut maupun selangkangan, segera periksakan ke dokter. Hal ini guna mendeteksi jenis hernia yang Anda alami dan pengobatan apa yang sebaiknya Anda terima.

[MS/ RVS]

Ipang MulyanaIpang Mulyana

malam dok..bpa sya kena hernia v blm parah apakah bisa di obati dengan obat biasa?? trma kasih