Air Kelapa Muda Bisa Mengatasi Muntaber?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 29 Aug 2019, 09:00 WIB
Muntaber salah satu penyakit yang menyerang pencernaan. Lalu bisakah air kelapa muda mengatasi muntaber?
Air Kelapa Muda Bisa Mengatasi Muntaber? (Here Asia/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Air kelapa muda adalah salah satu minuman alami yang menyegarkan. Beragam manfaat pun diklaim bisa didapat dari minuman ini. Salah satunya, air kelapa muda dinilai bisa mengatasi muntaber. Benarkah demikian?

Muntaber dan penyebabnya

Muntaber merupakan infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan yang ditandai dengan muntah dan atau diare. Penyakit ini bisa sembuh dalam 2-3. Penyakit ini disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit. Penyebarannya dapat melalui makanan atau air yang sudah terkontaminasi. Dari semua hal tersebut, penyebab tersering adalah infeksi virus.

Dari berbagai jenis virus yang dapat menyebabkan gastroenteritis, dua jenis yang paling sering menjadi penyebab adalah:

  • Rotavirus. Virus ini sering kali menginfeksi bayi dan anak-anak. Ini terkait dengan kebiasaan anak-anak yang gemar memasukkan tangan atau benda – yang bisa saja sudah terkontaminasi – ke dalam mulut.
  • Norovirus. Keracunan makanan yang selanjutnya bisa menyebabkan terjadinya gastroenteritis umumnya disebabkan karena virus yang satu ini.

Masalah yang juga sering ditimbulkan karena gangguan ini adalah dehidrasi. Biasanya karena frekuensi buang air (diare) dan muntah yang tinggi, Anda akan rentan kekurangan cairan. Gejala gastroenteritis antara lain adalah muntah, diare, mual, sakit perut, demam, sakit kepala, dan tidak nafsu makan.

Bisakah muntaber diatasi dengan air kelapa muda?

Seperti sudah disebutkan di atas, ancaman dari muntaber adalah dehidrasi. Untuk mengatasinya, beberapa orang menggunakan air kelapa muda. Sebagian kalangan menilai air kelapa muda memang bisa menyembuhkan gejala muntaber.

Terkait hal itu, dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, mengatakan bahwa air kelapa muda hanya bisa untuk mencegah dehidrasi akibat muntaber. Itu karena kandungan elektrolit dari air kelapa sangat baik membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

"Air kelapa muda bukan untuk mengatasi penyebab dari muntaber itu sendiri. Cuma memang muntaber itu yang bahaya adalah dehidrasinya," ujar dr. Dejandra saat dikonfirmasi.

"Dehidrasinya memang bisa ditangani dengan air kelapa. Kalau ke dokter, biasanya pasien muntaber akan disarankan minum oralit. Namun, air kelapa muda secara sederhana sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kalau tidak ada, air biasa pun sebenarnya sudah cukup untuk mencegah dehidrasi saat muntaber," dia menambahkan.

Menurut dr. Dejandra, pada dasarnya gastroenteritis bisa sembuh sendiri jika disebabkan oleh virus. "Cara mengatasi muntaber itu tergantung penyebabnya. Kalau disebabkan virus, dalam beberapa hari bisa sembuh sendiri. Karena virus itu kan self limiting disease atau penyakit yang bisa sembuh sendiri. Yang penting, tetap pertahankan hidrasi dalam tubuh, atau jangan sampai mengalami masalah kesehatan lain.”

Akan tetapi, dia menambahkan, jika penyebab muntaber adalah karena bakteri, Anda harus minum antibiotik.

Jadi, air kelapa muda untuk mengatasi muntaber sebenarnya kurang tepat. Air kelapa muda hanya bermanfaat untuk mencegah dehidrasi akibat muntaber. Saat mengalami muntaber, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Anda akan diberi resep sesuai penyebab muntaber Anda.

[HNS/ RVS]