Inilah Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut Anda

Oleh dr. Nabila Viera Yovita pada 29 Aug 2019, 15:20 WIB
Siapa sangka, minyak kelapa ternyata menyimpan beragam manfaat kesehatan untuk rambut Anda. Cari tahu di sini!
Inilah Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Rambut Anda (seamind224/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Mendengar kata minyak kelapa, hal pertama yang mungkin terlintas di pikiran Anda adalah sesuatu yang digunakan untuk menggoreng. Anggapan tersebut memang tidak salah. Namun, Anda mesti tahu bahwa minyak kelapa tak hanya bisa digunakan untuk menggoreng. Minyak ini bisa dioleskan ke rambut untuk mendapatkan beragam manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Di dunia medis, minyak kelapa telah lama diakui memiliki kemampuan untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan bahan kimia, sinar ultraviolet, dan sejenisnya. Selain itu, minyak kelapa juga bisa menurunkan risiko lepek pada rambut jika digunakan dengan cara yang tepat.

Tidak berhenti di situ, beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa minyak kelapa bisa memberikan beragam manfaat kesehatan ini pada rambut Anda:

1. Melembapkan hingga ke kulit kepala

Dibandingkan minyak jenis lain, penggunaan minyak kelapa pada rambut dapat menembus hingga ke batang rambut. Berkat kemampuan ini, minyak kelapa mampu membuat rambut Anda menjadi lebih halus dan lembut. Bahkan, rambut yang rusak akibat paparan bahan kimia atau suhu panas juga ikut membaik.

Untuk medapatkan manfaat ini, gunakan minyak kelapa untuk melapisi rambut sebelum menggunakan produk penata rambut atau membasuhnya dengan air panas.

2. Mencegah rambut mengeriting (frizzy hair)

Rambut bisa menjadi keriting jika air masuk ke dalam batang rambut. Nah, minyak kelapa dapat membantu mengatasi masalah ini karena memiliki kemampuan untuk menyerap air.

Supaya rambut tidak mengeriting, gunakan satu hingga dua tetes minyak kelapa sebelum keluar rumah pada cuaca yang lembap atau hujan.

3. Mendukung pertumbuhan rambut

Kondisi lingkungan dan polusi bisa menyebabkan terjadinya rambut rontok. Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan minyak kelapa adalah cara yang tepat.

Penelitian mengatakan bahwa minyak kelapa memiliki kemampuan untuk melindungi rambut terhadap kerusakan akibat polusi, dan meningkatkan potensi rambut yang rontok untuk tumbuh kembali.

4. Mencegah kerusakan rambut dari produk kimiawi

Minyak kelapa dapat menembus hingga batang rambut, sehingga mampu mencegah bahan kimia berbahaya yang meresap dan merusak rambut. Studi menemukan bahwa penggunaan minyak kelapa sebelum berenang mampu menghalang klorin untuk masuk dan merusak rambut dari dalam.

5. Menambah kilau pada rambut

Rambut kering dan tampak tidak berkilau? Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoleskan minyak kelapa secukupnya.

Fakta menyebut bahwa penggunaan minyak kelapa pada rambut yang kering dapat memberi kilau serta tampilan halus. Supaya efektif dan manfaatnya lebih terasa, hindari pengunaan produk mengandung silikon dengan fungsi yang sama. Gunakan minyak kelapa sebagai gantinya.

6. Melindungi rambut sepenuhnya

Penggunaan minyak kelapa sebelum mengaplikasikan bahan kimiawi pada rambut, seperti bleaching, warna, atau sampo dengan deterjen kadar tinggi, dapat mencegah terjadinya kerusakan berat.

Perhatikan ini!

Minyak kelapa dapat digunakan untuk berbagai jenis rambut, dari yang halus dan lemas, hingga yang tebal dan kasar. Cara menggunakan minyak kelapa yang terbaik adalah dengan menggunakan satu hingga dua tetes terlebih dahulu, pantau hasilnya, dan sesuaikan dengan keperluan Anda. Semakin tebal volume rambut, semakin banyak minyak yang diperlukan untuk mendapatkan manfaatnya.

Jika Anda memutuskan untuk membeli produk perawatan rambut yang mengandung minyak kelapa di dalamnya, jangan lupa untuk terlebih dahulu membaca label kemasan dengan saksama. Lihat semua komponen yang tertera, dan pastikan tidak ada bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau mencetuskan reaksi alergi.

Apabila rambut Anda berketombe, sebaiknya hindari penggunaan minyak kelapa atau produk perawatan rambut sejenis.  Ini karena minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi pada kulit kepala yang sudah berketombe atau ditumbuhi jamur.

Satu hal yang tidak kalah penting, penggunaan minyak kelapa pada rambut dengan kondisi tertentu perlu dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Hal ini dilakukan agar manfaat minyak kelapa yang dirasakan bisa benar-benar optimal dan mencegah terjadinya efek samping yang merugikan untuk rambut dan kulit kepala Anda.

(NB/ RVS)