Cara Praktis Mengatasi Uban di Usia Muda

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 31 Aug 2019, 08:00 WIB
Uban sering menjadi tanda penuaan. Namun, terkadang uban juga muncul pada usia muda. Berikut cara praktis mengatasi uban di usia muda.
Cara Praktis Mengatasi Uban di Usia Muda (PPstudio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Rambut putih alias uban sering dipersepsikan sebagai tanda penuaan. Hal ini sering membuat orang yang memiliki uban di usia muda jadi rendah diri. Tapi ada cara praktis untuk mengatasi uban di usia muda, kok. Jadi Anda – yang mungkin memiliki masalah ini – tidak perlu panik. 

Rambut merupakan salah satu aspek penampilan yang sangat penting bagi sebagian orang. Warna dan gaya rambut dapat secara signifikan memengaruhi penampilan serta body image seseorang.

Uban sendiri lazimnya baru mulai mucul saat seseorang memasuki usia tua. Namun pada sebagian orang, uban justru bias muncul lebih awal dari seharusnya. 

Munculnya uban di usia lebih awal ini dapat terjadi karena adanya faktor genetik (keturunan) atau karena adanya faktor-faktor lain yang memicunya. Apa saja faktor-faktor pemicu munculnya uban di usia muda? 

Penyebab munculnya uban di usia muda

Secara alami, proses memutihnya rambut memang bisa berbeda-beda pada setiap orang. Banyak hal yang memengaruhinya, termasuk faktor ras. 

Pada ras kujlit putih, biasanya uban mulai muncul pada usia di atas 34 tahun. Sementara pada ras kulit hitam, umumnya pada usia di atas 44 tahun. Untuk data dari masyarakat Asia, hingga kini belum diperoleh.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa pada usia 50 tahun, 6-23 persen orang sudah memiliki uban sebanyak 50 persen dari total rambutnya. Lantas, kapan tepatnya seseorang disebut memiliki uban di usia muda? Secara umum, uban di usia muda didefinisikan sebagai munculnya uban sebelum usia 30 tahun.

Selain faktor genetik, beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya uban di usia muda adalah kekurangan vitamin B12, asam folat, dan kekurangan hormon tiroid. 

Selain itu, stres, paparan polusi dan oksidan, serta penggunaan produk-produk yang berisi bahan kimia pada rambut, seperti perwarna atau pelurus rambut, juga dianggap bertanggung jawab dalam memicu munculnya uban di usia muda.

1 of 2

Cara mengatasi munculnya uban di usia dini

Perawatan rambut secara sehat merupakan kunci keberhasilan dalam mengatasi uban di usia muda. Sebab, layaknya kulit, rambut pun membutuhkan nutrisi. 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kekurangan vitamin B12 dan asam folat turut berperan dalam memicu uban di usia muda. Oleh sebab itu, dari segi nutrisi, mengonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin B12 dan asam folat tinggi sangat penting untuk mencegah dan mengatasi munculnya uban di usia muda.

Beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin B12 dan asam folat adalah telur, daging merah, daging unggas, kerang, susu, alpukat, sayur hijau, kacang-kacangan, serta biji-bijian. 

Selain itu, ada beberapa jenis vitamin dan mineral lainnya yang diperkirakan dapat berperan penting dalam mencegah munculnya uban di usia muda. Antara lain adalah biotin, kalsium panthothenate, zinc, tembaga, selenium, serta antioksidan seperti vitamin C dan E. 

Dari segi gaya hidup, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi munculnya uban di usia muda. Di antaranya adalah menghindari stres berlebih, menghindari paparan polusi udara dan asap rokok, merawat dan memberi nutrisi bagi rambut, membersihkan rambut secara rutin, memberikan conditioner dan vitamin rambut, serta menghindari penggunaan pewarna dan pelurus rambut yang terlalu sering.

Jika Anda memang ingin mewarnai rambut, pilihlah pewarna rambut yang berkualitas, sehingga rambut Anda tidak akan mudah rusak dan beruban. 

Produk-produk alami seperti virgin coconut oil atau kombinasi minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak kemiri merupakan beberapa bahan alami yang baik digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, serta mencegah dan mengatasi uban di usia muda.  

Itulah cara-cara praktis mengatasi uban yang muncul di usia muda. Namun, jika uban sudah telanjur muncul dalam jumlah banyak, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit. Menghitamkan rambut dengan pewarna hanya akan menjadi solusi sementara. Dokter kulit memiliki beberapa cara untuk mengurangi atau menghilangkan uban secara permanen.

[MS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓