Awas, Jangan Memanaskan 5 Makanan Ini di Microwave!

Oleh Ayu Maharani pada 31 Aug 2019, 12:00 WIB
Memanaskan makanan di microwave sudah lazim dilakukan. Tapi, awas ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan dengan cara ini.
Awas, Jangan Memanaskan 5 Makanan Ini di Microwave! (Africa Studio/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memanaskan makanan dengan microwave memang praktis. Tapi, Anda tetap harus berhati-hati. Sebab, jika Anda memasukkan sembarang makanan ke dalam microwave justru bisa memicu ledakan. Hal ini terjadi karena ada beberapa makanan yang memang tidak boleh dipanaskan menggunakan microwave.

Ledakan yang timbul akibat memanaskan makanan yang salah di dalam microwave tentu saja bisa berakibat fatal. Ada banyak kasus yang terjadi di mana orang tersebut mengalami cedera atau luka-luka akibat ledakan tersebut. 

Makanan yang tidak boleh dipanaskan di microwave 

Untuk menghindari terjadinya kondisi tersebut, ada baiknya Anda mengetahui beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan di microwave. Beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan di microwave, antara lain:

  • Telur

Memasak telur di dalam microwave sebaiknya tidak Anda lakukan. Ini karena kuning telur ditutupi oleh sejumlah serat yang apabila terganggu dapat menyebabkan ledakan. 

Temperatur tinggi yang dihasilkan microwave akan menghasilkan uap dalam telur. Kemudian, tekanan yang terbentuk membuat inti dari telur meledak dan cangkangnya akan melukai siapa saja yang berada di sekitar lokasi kejadian. 

  • Daging beku

Microwave memang bisa membantu melumerkan es pada daging beku. Akan tetapi, memasukkan daging beku ke dalam microwave juga bisa merugikan kesehatan Anda. 

Fakta menyebutkan bahwa memanaskan daging beku menggunakan microwave dapat mengubahnya menjadi sarang kuman. Ini karena microwave tidak benar-benar mampu menghasilkan panas yang merata. 

  • ASI perah (ASIP)

Para ibu muda tentu paham bahwa butuh waktu lama untuk mencairkan ASIP yang baru saja keluar dari freezer. Apalagi, jika anak telanjur lapar dan menangis, rasanya tak enak sekali menunggu ASIP beku berubah cair. Hal itu lantas menimbukan keinginan untuk segera mencairkan ASIP menggunakan microwave

Tapi, tahan dulu keinginan tersebut! Menurut Food and Drug Administration (FDA), ASIP tidak akan panas merata saat dipanaskan menggunakan microwave. Hal itu justru menciptakan gelembung didih yang dapat membuat langit-langit mulut bayi melepuh. 

Dikatakan pula oleh dr. Atika dari KlikDokter, memanaskan ASIP dengan microwave bisa merusak nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

“Lebih baik, letakkan kantung ASI beku di bawah air mengalir atau rendam kantung atau botol tersebut di dalam air hangat,” jelas dr. Atika. 

  • Segelas air

Merebus atau memanaskan air di dalam microwave adalah hal yang lumrah dilakukan. Tapi, air tersebut berpotensi meledak apabila Anda mengaduknya atau menambahkan teh saat masih di dalam microwave

Lebih baik, air dipanaskan terlebih dulu sesuai dengan waktu yang diinginkan.  Diamkan sejenak, barulah Anda mengeluarkannya dari microwave. Jangan lupa juga untuk menggunakan gelas atau wadah yang tahan panas dan memang bisa mendapat tekanan panas dari alat tersebut. 

  • Sayuran hijau

Meski tak menimbulkan ledakan atau menjadi sarang kuman, tetapi memanaskan sayuran hijau menggunakan microwave tetap merugikan bagi kesehatan. Sebab, kandungan alami nitrat dalam sayur akan berubah menjadi nitrosamin yang sebenarnya bersifat karsinogenik.

Kepraktisan bukanlah segalanya. Mulai saat ini, hindari memanaskan sembarang makanan di microwave, apalagi menggunakan wadah yang tidak tepat. Selain menghindari terjadinya ledakan, tindakan ini juga bertujuan untuk menjaga kandungan nutrisi pada makanan.

(NB/ RVS)