Inilah Manfaat Menikmati Alam untuk Kesehatan Anda

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 30 Aug 2019, 17:00 WIB
Menikmati waktu di alam terbuka ternyata baik untuk kesehatan. Jika selama ini Anda jarang melakukannya, mulailah dari sekarang.
Inilah Manfaat Menikmati Alam untuk Kesehatan Anda (Baranq/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat Anda menemani anak-anak bermain di luar ruangan, Anda tentu bisa melihat   bahwa menghabiskan waktu di alam terbuka baik untuk kesehatan mereka, tidak hanya fisik tapi juga psikis. Semua orang tua pasti memahami hal ini. Anak-anak yang bermain dan menikmati alam terbuka akan lebih gembira, mempunyai perilaku yang lebih baik, dan lebih mudah bersosialisasi.

Namun sebenarnya selain berguna bagi anak-anak, menghabiskan waktu di alam terbuka juga memiliki efek yang positif untuk orang dewasa. Hal ini terlihat dari banyaknya orang dewasa yang berlibur ke alam terbuka untuk liburan.

Meski demikian tentu Anda tidak akan bisa terlalu lama berada di alam terbuka, bukan, karena beragam faktor, misalnya pekerjaan. Lalu sebaiknya berapa lama ya waktu yang baik untuk berada di alam terbuka agar bisa mendapatkan manfaatnya sehatnya secara lebih optimal?

Durasi terbaik bermain di alam terbuka

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 19.000 orang di Inggris mengevaluasi pengaruh waktu terhadap keadaan kesehatan dan kesejahteraan seseorang yang berada di alam terbuka pada minggu terakhir.

Para peneliti mendapatkan bahwa seseorang yang menghabiskan minimal 120 menit seminggu di alam terbuka akan mengalami peningkatan kesehatan fisik dan mental. Kondisi tersebut jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menghabiskan waktu sama sekali di alam terbuka.

Para peneliti juga menemukan bahwa manfaat kesehatan yang didapat sama seperti manfaat yang didapat dari berolahraga. Uniknya hal ini tidak bergantung pada aktivitas yang dilakukan dalam waktu 120 menit tersebut. Mereka dapat berjalan-jalan di lingkungan sekitar rumah, pergi mendaki, atau menghabiskan waktu di taman.

Para pakar mengatakan bahwa durasi waktu minimal untuk berada di alam terbuka perlu diketahui. Dengan demikian setiap orang dapat memperoleh manfaat dari menghabiskan waktu di alam terbuka.

Setiap orang juga akan mengerti bahwa tidak perlu menghabiskan keseluruhan dari akhir pekan mereka di alam terbuka. Bahkan, bila hanya mempunyai 15 menit untuk ke taman, manfaatkanlah waktu tersebut untuk menyerap energi positif dari alam di sekitar Anda.

Manfaat bermain di alam terbuka

Beberapa manfaat kesehatan tersebut berkaitan dengan banyaknya aktivitas fisik yang dapat dilakukan saat seseorang berada di alam terbuka. Penelitian menunjukkan, walaupun hanya duduk di alam terbuka, taraf kesehatan seseorang juga dapat meningkat.

Fakta ini tentu memberi “angin segar” bahwa kini Anda bisa menyelipkan waktu di antara jam kerja Anda untuk berada di luar ruangan – tepatnya berada di taman. Cara ini tentu bisa memangkas waktu duduk yang terlalu lama saat Anda mengerjakan tugas-tugas di kantor.

Saat ini, banyak fasilitas di alam terbuka juga menyediakan tempat untuk beristirahat. Kemudahan ini pun bisa memancing Anda untuk meletakkan telepon genggam maupun laptop dan memberikan perhatian penuh pada alam terbuka. Beraktivitas di alam terbuka setidaknya dua jam setiap minggunya dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, setiap akhir pekan, luangkanlah setidaknya dua jam dari waktu Anda untuk menikmati alam terbuka bersama anggota keluarga atau teman-teman. Dengan cara seperti ini Anda bisa merasakan beragam efek positif dari alam untuk kesehatan Anda, baik fisik maupun psikis.

[NP/ RVS]