Manfaat Olahraga Pagi dan Olahraga Malam Ternyata Berbeda, Lo!

Oleh Ayu Maharani pada 01 Sep 2019, 09:00 WIB
Ada yang mengatakan bahwa manfaat olahraga pagi dan olahraga malam itu berbeda. Memang, seperti apa perbedaannya dan manakah yang terbaik?
Manfaat Olahraga Pagi dan Olahraga Malam Ternyata Berbeda, Lo! (HE68/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin sudah tahu manfaat olahraga secara umum. Tapi, bagaimana dengan manfaat olahraga berdasarkan waktu pelaksanaannya, seperti pagi dan malam? Apakah Anda sudah tahu jika ada perbedaannya?

Meski keduanya bisa menyehatkan tubuh, tetapi seperti dilansir dari ay, ternyata olahraga pagi dan olahraga malam memiliki manfaatnya masing-masing.

Tentang manfaat olahraga pagi

Bagi Anda yang memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan atau sekadar memelihara berat badan yang sudah ideal, olahraga pagi disebut-sebut sebagai olahraga yang paling cocok. Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa melakukan aktivitas fisik di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme gula dan lemak, sehingga berat badan jadi terkontrol.

Tak cuma itu, olahraga pagi juga dapat mengaktifkan gen tertentu dalam sel otot. Oleh karena kondisi otot jauh lebih kuat di pagi hari, maka kemampuan tubuh dalam melakukan tugas metabolisme dan membakar kalori pun akan menjadi lebih baik.

Sementara itu, menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, pagi hari sebenarnya dapat menjadi pilihan waktu yang tepat bagi Anda yang sulit menjaga konsistensi dalam berolahraga.

Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang berolahraga di pagi hari cenderung dapat menjalani pola olahraganya tersebut secara lebih rutin. Bahkan, rutinitas olahraga ini mampu menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi.

Meski sebelumnya dikatakan bahwa olahraga pagi dapat mengaktifkan gen tertentu dalam otot, sehingga dapat membantu membakar kalori lebih banyak, tetapi menurut dr. Dyan Mega, hal tersebut tidak datang dengan sendirinya. Maksudnya, untuk mendapatkan otot yang kuat dan tak kaku, Anda mesti melakukan pemanasan yang ekstra.

Sayangnya, peneliti dari Weizmann Institute of Science, Gad Asher, menuturkan jika olahraga pagi biasanya akan lebih melelahkan ketimbang olahraga malam.

“Itulah sebabnya, atlet profesional lebih banyak berolahraga di sore atau malam hari untuk memaksimalkan performa mereka,” jelas Asher.

Tentang manfaat olahraga malam

Lalu, bagaimana dengan manfaat olahraga malam?

Malam hari dapat menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan performa atau membangun massa otot. Jadi, apabila tubuh Anda sudah berada di angka yang ideal, lalu Anda ingin mengencangkannya dan menguatkannya dengan membangun massa otot, lebih baik lakukan olahraga malam.

Lagi pula, menurut dr. Dyan Mega, otot memang lebih siap digunakan di malam hari karena sudah mendapatkan pemanasan yang cukup dari aktivitas harian yang sebelumnya sudah dilakukan. Sehingga, tingkat keberhasilan dalam menguatkan serta membangun massa otot akan jauh lebih tinggi.

Namun, olahraga malam juga punya sisi negatif. “Pada saat berolahraga, kerja seluruh sistem tubuh akan meningkat. Akibatnya, tubuh perlu waktu lama untuk kembali rileks sebelum Anda beranjak tidur. Inilah yang membuat beberapa orang yang melakukan olahraga di malam hari cenderung merasa kualitas tidurnya terganggu,” jelas dr. Ega.

Oleh sebab itu, diperlukan kecermatan dalam mengatur waktu olahraga malam, yakni setidaknya 2-3 jam sebelum tidur. Jika Anda melakukannya di waktu yang sangat dekat dengan waktu tidur, kewaspadaan tubuh tetap terjaga, sehingga itu membuat Anda sulit tidur nyenyak.

Setelah mengetahui manfaat olahraga pagi dan olahraga malam yang berbeda, kini Anda tidak perlu lagi membandingkan manfaat di antara keduanya. Pasalnya, keduanya sama-sama memiliki kelebihan yang tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika tujuannya ingin menurunkan berat badan, maka lakukan olahraga pagi. Sedangkan, bila tujuannya ingin membangun massa otot, maka lakukan olahraga malam. Mudah, bukan?

[MS/ RVS]