Menilik Penyebab Wasir setelah Olahraga

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 01 Sep 2019, 13:00 WIB
Hati-hati, wasir bisa saja muncul setelah Anda olahraga. Kenali beberapa hal yang mungkin bisa jadi penyebabnya.
Menilik Penyebab Wasir setelah Olahraga (Dragana-Gordic/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Wasir merupakan masalah kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja. Keluhan ini umumnya membuat penderita merasakan nyeri atau sensasi tidak nyaman saat duduk. Di antara banyak hal, olahraga adalah salah satu yang juga bisa menjadi penyebab wasir.

Dalam istilah medis, wasir disebut dengan hemoroid. Menurut dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, wasir terjadi ketika adanya pelebaran pembuluh darah di sekitar rektum dan anus. Pembuluh darah yang melebar tersebut dapat teregang hebat, menipis, teriritasi, bahkan berdarah.

Hingga saat ini, mekanisme terjadinya wasir masih misterius. Kendati begitu, para peneliti menyebut bahwa risiko terjadinya wasir bisa meningkat tinggi jika Anda menjalani pola makan rendah serat, yang membuat tinja keras hingga konstipasi. Sebab, kebiasaan mengejan dapat meningkatkan tekanan pada daerah rektum sehingga pembuluh darah di daerah tersebut melebar.

Penyebab wasir lainnya adalah masalah kelenturan otot di sekitar rektum dan anus. Ada beberapa orang yang memiliki otot rektum atau anus kurang lentur, di mana hal ini membuatnya harus mengejan tiap kali buang air besar meski tinja tidak keras. Kondisi ini akhirnya berdampak pada pembuluh darah di area rektum, sehingga terjadinya wasir tak bisa dihindari lagi.

Wasir akibat olahraga

Tahukah Anda bahwa jenis olahraga tertentu bisa memicu terjadinya wasir? Dikatakan dr. Dejandra, olahraga yang paling mungkin menyebabkan keluhan tersebut adalah angkat beban.

"Olahraga angkat beban memang bisa membantu mendorong pembuluh darah vena melejit keluar. Jika dilakukan dengan cara yang salah, tekanan di perut bisa meningkat sehingga Anda seperti sedang mengejan. Nah, akibat hal ini, wasir bisa saja terbentuk di anus,” jelas dr. Dejandra.

Kendati demikian, dr. Dejandra menegaskan bahwa angkat beban dengan cara yang salah bukanlah satu-satunya faktor penyebab wasir.

“Ada faktor genetik yang mungkin berperan, misalnya otot di sekitar anus tidak cukup kuat sehingga lebih mungkin terjadi wasir," tutur dr. Dejandra.

Lakukan ini jika mengalami wasir

Bagi Anda yang sudah telanjur mengalami wasir, menjaga pola makan adalah hal yang mesti dilakukan. Berdasarkan penuturan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, orang-orang yang wasir sebaiknya menghindari makanan pedas. Ini karena makanan pedas akan semakin meningkatkan risiko pembengkakan di anus dan memperparah wasir.

"Selain itu, perbanyaklah konsumsi makanan berserat. Dengan banyak mengonsumsi makanan berserat seperti brokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan, risiko pendarahan, peradangan dan pembengkakan lebih lanjut bisa diminimalkan. Serat juga dapat mengurangi iritasi yang memicu wasir semakin parah," kata dr. Astrid.

Selain menjaga pola makan dengan banyak konsumsi serat, olahraga juga tetap penting untuk dilakukan. Olahraga yang dimaksud di sini adalah untuk membakar lemak dan menstimulasi pergerakan usus.

"Usahakan untuk menghindari olahraga yang berat. Cobalah olahraga aerobik yang sederhana atau berjalan 20–30 menit per hari. Olahraga tersebut dapat menstimulasi fungsi usus dan menjaga kestabilan berat badan," pungkas dr. Astrid.

Wasir bisa saja muncul akibat hal-hal tertentu. Bahkan olahraga ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya wasir. Tentu saja kondisi ini bisa terjadi jika saat berolahraga Anda melakukan gerakan yang salah. Jika Anda mengalami wasir dan benar-benar merasa terganggu, jangan malu apalagi sungkan untuk berobat ke dokter. Semakin dini diobati, semakin besar peluang untuk sembuh dan kembali normal.

(NB/ RVS)