5 Perbedaan Perawatan Wajah Pria dan Wanita

Oleh Tamara Anastasia pada 01 Sep 2019, 16:00 WIB
Saat ini ada semakin banyak pria yang lebih peduli dalam menjaga kondisi kulit wajahnya. Lalu apa perbedaan perawatan wajah pria dan wanita?
5 Perbedaan Perawatan Wajah Pria dan Wanita (wavebreakmedia/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Erat dengan sifat maskulin, tetapi bukan berarti pria tak perlu melakukan perawatan wajah. Jadi penasaran, adakah perbedaan perawatan wajah antara pria dan wanita?

Faktanya, makin hari makin banyak pria yang lebih peduli akan kesehatan kulitnya. Itulah sebabnya produk perawatan kulit pria makin banyak di pasaran serta penjualannya laris manis.

Perbedaan perawatan wajah pria dan wanita

Berdasarkan penuturan dari dr. M. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter, perawatan kulit pada wanita maupun pria pada dasarnya sama. Yang membedakan adalah kondisi kulitnya.

1. Pori-pori pada wajah pria lebih besar

“Kulit wajah pria itu cenderung punya pori-pori yang besar, sehingga menyebabkan produksi minyak berlebih ketimbang wanita. Ini juga sebabnya kenapa wajah pria lebih banyak memiliki jerawat ketimbang wanita,” ujar dr. Dejandra.

Inilah mengapa pria dianjurkan mencuci wajah secara teratur, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan.

2. Perbedaan siklus hormonal

“Dibandingkan kulit pria, kulit wanita lebih mudah menghitam (hiperpigmentasi) karena wanita memiliki siklus hormonal yang dapat berpengaruh pada warna kulit,” jelas dr. Dejandra. Oleh karena itu, pria tidak terlalu membutuhkan obat atau perawatan untuk mencerahkan wajah.

3. Rambut wajah

Perawatan wajah pada pria juga termasuk rambut wajah, seperti kumis dan jenggot. Cara mencukur, trimming, serta memilih peralatan mencukur harus tepat.

4. Kulit lebih mudah mengelupas

Juga dari KlikDokter, dr. Reza Fahlevi turut menambahkan. Menurutnya kulit pria lebih mudah mengelupas ketimbang kulit wanita. Oleh karena itu, pria harus lebih sering membersihkan wajah dan dapat menggunakan scrub pembersih wajah lebih sering dibandingkan dengan wanita.

“Itu sebabnya, produk perawatan wajah pria biasanya memiliki konsentrasi zat pembersih yang lebih tinggi dibandingkan produk pembersih wajah wanita,” terang dr. Reza.

5. Kadar kolagen

“Kulit pria mengandung kadar kolagen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kulit wanita. Inilah kenapa kulit pria akan tampak lebih awet muda dibandingkan dengan kulit wanita. Oleh karena itu, produk-produk anti-aging jarang ditujukan untuk pria,” tambah dr. Reza.

Selain itu, wanita dan pria juga memiliki harapan yang berbeda dalam pemilihan produk perawatan kulit. Umumnya pria lebih menyenangi penggunaan produk dengan konsistensi ringan dan cepat menyerap, sementara wanita lebih suka menggunakan produk perawatan kulit hingga berlapis-lapis secara teratur. Dengan demikian, produk perawatan pria sebaiknya bersifat multifungsi, sehingga dapat meminimalkan proses pemakaian.

1 of 2

Cara benar membersihkan kulit wajah pria

Meski sebenarnya membersihkan wajah pria tidak serumit prosedur membersihkan wajah wanita, namun Anda – para pria – juga perlu melakukannya dengan benar. Berikut ini adalah panduan membersihkan kulit wajah untuk pria.

  • Cuci wajah dengan sabun

Dibandingkan dengan wanita, pria mungkin memiliki aktivitas fisik di luar ruangan yang lebih banyak. Karenanya, wajah pria akan lebih mungkin berisiko untuk kotor akibat paparan debu di luar ruangan.

Jika Anda banyak aktivitas di luar ruangan, dr. Dejandra menyarankan untuk rajin mencuci muka dengan menggunakan facial wash atau sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit.

“Pilih produk sabun cuci muka yang sesuai dengan kondisi kulit. Frekuensi cuci muka juga tidak boleh dilakukan terlalu jarang dan terlalu sering. Paling tidak, cuci muka dua kali sehari untuk menjaga kebersihan wajah secara menyeluruh,” ujar dr. Dejandra.

  • Jangan menggosok wajah terlalu keras

Karena kulit pria lebih mudah mengelupas, hindari menggosok wajah terlalu keras saat mencuci muka.

  • Eksfoliasi

Dijelaskan oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, kunci memiliki wajah yang cerah dan sehat adalah dengan melakukan eksfoliasi.

“Melakukan peeling baik di rumah atau di klinik kecantikan bukan hanya penting untuk wanita. Nyatanya, laki-laki juga perlu melakukannya. Eksfoliasi bisa dengan menggunakan scrub atau dengan bahan kimia (chemical peeling). Tujuannya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam.”

  • Menggunakan pelembap

Pakai pelembap secara rutin mampu menjaga hidrasi kulit. Jika dilakukan dengan rutin, kulit akan tampak sehat, tidak kusam, serta memperlambat penuaan dini.

  • Gunakan tabir surya

Pria juga dianjurkan untuk menggunakan untuk melindungi kulit dari berbagai bahaya dari paparan langsung sinar matahari.

“Cari sunblock atau sunscreen dengan SPF yang tinggi (minimal SPF 30) untuk melindungi kulit secara menyeluruh. Pemakaiannya berfungsi untuk mencegah kerusakan kolagen akibat sinar matahari dan mencegah terbentuknya flek hitam,” tambah dr. Theresia.

Selain melakukan langkah-langkah di atas, perawatan kulit wajah juga bisa dilakukan dari dalam tubuh. Cara mudahnya adalah dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan. Hindari kebiasaan merokok, karena paparan asapnya bisa secara signifikan memperburuk kondisi kulit wajah.

Itulah perbedaan kondisi dan perawatan kulit wajah pria dan wanita. Pada dasarnya perawatannya tak jauh beda. Meski ritual perawatan pada pria lebih “sederhana” dibandingkan dengan wanita, tetapi pria tetap dianjurkan untuk mengetahui kondisi kulit terlebih dahulu dengan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit. Nantinya, pemilihan produk akan disesuaikan dengan kondisi kulit, hasilnya pun akan makin optimal.

(RN/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓