Kenali 4 Manfaat Totok Wajah untuk Kesehatan Kulit

Oleh Tamara Anastasia pada 02 Sep 2019, 13:30 WIB
Manfaat totok wajah bukan cuma untuk kecantikan, tetapi juga menunjang kesehatan kulit. Ini buktinya!
Kenali 4 Manfaat Totok Wajah untuk Kesehatan Kulit (Leonardo Da/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan dini di wajah juga bisa makin tampak. Beberapa orang mencoba mengatasinya dengan rutin totok wajah. Untuk menunjang kesehatan kulit, apa saja manfaat totok wajah?

Totok wajah atau facial acupressure adalah salah satu terapi tradisional Tiongkok yang sudah sejak lama ada. Totok wajah, dipercaya mampu membuat tubuh dan kulit wajah jadi lebih sehat dan cantik. Hal ini juga dibenarkan oleh dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter

Dirinya mengatakan, totok wajah merupakan salah satu metode perawatan kesehatan dan kecantikan yang aman. Metode ini melibatkan penekanan di titik-titik tubuh dengan jari tangan atau benda tertentu.

“Selama tangan atau benda untuk totok wajah itu bersih, totok wajah sangat aman untuk dilakukan. Jika kotor, bukan tidak mungkin wajah malah bisa mengalami iritasi, berjerawat, dan timbul komedo,” ujar dr. Dyan Mega.

Manfaat totok wajah untuk kesehatan kulit

Kerusakan kulit wajah akibat stres dan polusi udara sering dialami para wanita, terutama yang tinggal di daerah perkotaan. Selain dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin merawat wajah dengan ritual harian (cuci muka, pakai pelembap, tabir surya, serta krim malam rutin), Anda juga bisa mengoptimalkannya dengan totok wajah.

Totok wajah merupakan terapi perpaduan antara dua metode, yaitu acupressure (pijat atau tekan) dan bio energy (tenaga dalam) yang langsung disalurkan ke wajah. Untuk kesehatan kulit, manfaat yang bisa didapat antara lain:

  1. Relaksasi otot wajah

Padatnya aktivitas banyak membuat Anda tanpa sadar sering mengernyitkan wajah atau otot-otot wajah tegang. Ini bisa jadi penyumbang keriput, lo!

“Ketika otot wajah tegang, hal ini akan menimbulkan keriput. Terapi totok wajah mampu menguranginya karena totok bisa memberikan efek tenang di wajah. Tak cuma di wajah, efek relaksasinya juga bisa menyebar ke seluruh tubuh, sehingga jadi ikut relaks,” terang dr. Ega.

  1. Mencegah keriput

Pijatan lembut pada wajah lewat metode totok bisa membantu mengendurkan otot, sehingga dapat membantu mencegah atau mengurangi keriput. Biasanya, totok wajah juga dikombinasikan dengan menggunakan pelembap yang juga bisa mengatasi kulit kering dan flek hitam di wajah.

  1. Eksfoliasi

Totok wajah juga dapat membantu proses ekfoliasi alias mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit jadi tampak lebih cerah dan sehat.

“Totok wajah mampu menstimulasi otot-otot dengan membawa oksigen ke area sel kulit mati penyebab kulit kusam. Aliran darah yang lancar ini mampu mengganti sel kulit mati dengan sel baru, sehingga membuat kulit jadi lebih cerah dan tampak sehat,” jelas dr. Ega.

  1. Meremajakan kulit

Perawatan kecantikan ini dapat merangsang aliran darah, sehingga membuat kulit menjadi tampak lebih segar dan bersinar. Selain itu, aliran darah yang lancar juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang membuat wajah jadi lebih sehat.

Manfaat totok wajah lainnya

Selain untuk kulit, totok wajah juga kerap diandalkan untuk membantu keluhan seperti hidung tersumbat, sakit kepala, dan demam. Meski penelitian tentang manfaat totok wajah sangat terbatas, tetapi beberapa menemukan bahwa penerapannya dapat membantu mengurangi nyeri di tubuh, begitu juga stres.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di “Journal of Korean Biological Nursing Science” tahun 2015, pijat akupresur di wajah bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi gejala kelumpuhan yang menyerang sebagian wajah yang disebut sebagai Bell’s palsy. Gejala depresi juga dilaporkan berkurang.

Selain itu, sebuah studi berskala kecil dalam jurnal “Pain Medicine” tahun 2019 menyebutkan, akupresur yang dilakukan sendiri dapat mengurangi nyeri dan kelelahan.

Menurut sebuah tinjauan tahun 2017 yang dilakukan oleh peneliti dari Saraswati Dental College, India, pijat akupresur juga sering kali digunakan sebagai perawatan gigi non invasif untuk mengurangi nyeri.

Ditambahkan oleh dr. Dyan Mega, totok wajah mampu meringankan rasa sakit kepala akibat mata lelah dan sinusitis. Ini karena titik wajah yang ditekan atau dipijat merupakan titik yang berada di kedua alis dan sisi pangkal hidung.

Meski totok wajah terbilang aman untuk kesehatan kulit (dan tubuh), tetapi dr. Dyan Mega mengingatkan untuk lihat kondisi wajah terlebih dulu sebelum Anda menjalani terapi ini. Jika wajah sedang berjerawat, sebaiknya tunda dulu kalau tak mau jerawat makin meradang. Pastikan juga tempat totok wajah yang Anda datangi terjamin dan dilakukan oleh terapis yang terlatih.

(RN/ RVS)