5 Cara Mudah Mencegah Kutu Air di Kaki

Oleh Tamara Anastasia pada 02 Sep 2019, 13:45 WIB
Meski bukan penyakit serius, kutu air di kaki bisa sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Berikut cara mencegah kutu air di kaki.
5 Cara Mudah Mencegah Kutu Air di Kaki (MarioAcevedo22/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tidak seperti namanya, kutu air tidak disebabkan oleh kutu, melainkan oleh jamur kulit yang menimbulkan ruam di antara jari-jari kaki atau telapak kaki. Area yang terinfeksi jamur biasanya terlihat memutih, merah, kering, pecah-pecah, gatal, dan melepuh. Pada dasarnya, cara mencegah kutu air di kaki tidaklah terlalu sulit. 

Dijelaskan dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, kutu air – atau Tinea pedis –disebabkan oleh jamur dengan jenis dermatophytes. Sebenarnya, cara termudah mencegah terinfeksi jamur ini adalah dengan menjaga kebersihan diri.

Menurut dr. Dyan Mega, jamur ini banyak ditemui pada area yang lembap, seperti kolam renang, kamar mandi, dan WC umum); serta bersuhu hangat.

“Jika Anda sering pergi ke kolam renang, pastikan Anda langsung membilas bersih badan sehabis berenang. Jamur penyebab kutu air bisa berada di mana saja, termasuk lantai, dinding, dan pijakan kolam renang,” ujar dr. Dyan Mega. 

Jika masuk ke WC umum, dia menambahkan, pastikan Anda tetap menggunakan alas kaki dan mengelap kering kaki ketika terkena cipratan air. Karena kaki yang basah setelah masuk WC umum rentan menyebabkan infeksi kutu air pada kaki. 

Tips mencegah kutu air 

Sementara itu, seperti disarankan dr. Dyan Mega, agar Anda terhindar dari kutu air, beberapa langkah pencegahan di bawah ini dapat Anda lakukan, yaitu: 

  • Mengganti kaus kaki secara teratur 

Penggunaan kaus kaki secara berulang dapat menyebabkan jamur penyebab kutu air jadi berkembang biak. Hal ini karena kaus kaki yang Anda pakai telah bercampur dengan keringat kaki dan lembapnya suhu sepatu. Untuk itu, gantilah kaus kaki setiap kali Anda menggunakan sepatu. 

  • Hindari menggunakan sepatu berulang

“Sebaiknya miliki lebih dari satu sepatu untuk mencegah kutu air menyerang kaki. Terlebih lagi jika Anda menggunakan sepatu untuk kegiatan sehari-hari. Sepatu yang dipakai secara terus-menerus dan jarang dicuci, mampu menimbulkan jamur yang membuat kaki jadi gatal dan timbul kutu air,” ujar dr. Dyan Mega.

Biarkan sepatu Anda “istirahat” sejenak sebelum akhirnya Anda gunakan lagi beberapa hari kemudian. Gantilah sepatu setidaknya setiap dua hari sekali. 

  • Pilih sepatu yang berpori

Sepatu yang memiliki ventilasi adalah jenis sepatu yang terbaik, sebab kaki mendapat udara dan terhindar dari kelembapan berlebih. Sebaiknya jangan gunakan sepatu berbahan sintetis yang menyebabkan keringat berlebih pada kaki Anda.

  • Pastikan sepatu kering setelah dicuci

Ingat, jamur gemar tinggal di area yang lembap dengan suhu yang hangat. Untuk itu, pastikan sepatu Anda kering luar dan dalam setelah dicuci. Menggunakan sepatu yang masih basah tidak hanya buat kaki jadi kena kutu air, tapi juga buat kaki jadi bau. 

  • Rajin mencuci kaki

Usai beraktivitas di luar, pastikan Anda mencuci kaki sebelum masuk ke rumah maupun kamar. Tidur dengan kaki yang kotor juga jadi pemicu lain kaki jadi kena kutu air. Setelah mencuci dengan menggunakan air mengalir dan sabun, jangan lupa untuk mengelap kering kaki dengan handuk.

Cara mencegah kutu air di kaki sebenarnya sederhana, yakni menjaga kebersihan kaki, sepatu, dan kaus kaki. Namun, jika sudah telanjur terkena kutu air, pastikan Anda membersihkan kaus kaki dan sepatu dengan menggunakan air hangat untuk membunuh jamur yang ada dalam sepatu dan kaus kaki. Selain itu, pengobatan dengan menggunakan salep (harus dengan anjuran dokter) bisa diaplikasikan untuk mengatasi kutu air pada kaki. 

[HNS/ RVS]