5 Manfaat Sehat Meletakkan Tanaman dalam Ruangan

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 03 Sep 2019, 09:00 WIB
Meletakkan tanaman dalam ruangan atau di atas meja kerja manfaatnya lebih besar dari yang Anda pikirkan, lo. Berikut ini penjelasannya.
5 Manfaat Sehat Meletakkan Tanaman dalam Ruangan (Mariia Boiko/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu hobi yang saat ini sedang marak digemari masyarakat perkotaan adalah memelihara tanaman. Gambaran tempat kerja maupun rumah yang tampak hijau dengan tanaman hias dalam dan luar ruangan berseliweran di jagat media sosial. Para pegiatnya pun membuat komunitas dan menyebut diri mereka urban planter

Tak hanya mempercantik ruangan, nyatanya tanaman dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya bahkan sudah terbukti secara ilmiah melalui beragam penelitian.

Manfaat tanaman dalam ruangan

Berikut adalah lima manfaat yang dapat Anda nikmati saat meletakkan tanaman di dalam rumah atau ruang kerja. 

  1. Membersihkan udara

Tanaman dapat meningkatkan kualitas udara di sekeliling Anda. Perlu diketahui, berada di dalam ruangan bukan berarti melindungi Anda dari polusi udara sepenuhnya. Faktanya, di dalam ruangan pun terdapat polutan seperti radon, formaldehyde, benzen, dan asbestos.

Tanaman dalam ruangan dapat membersihkan udara dari polutan tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh NASA Clear Air Study menunjukkan banyak tanaman yang terbukti mampu mengurangi sebagian besar polutan secara signifikan.

Contoh tanaman tersebut antara lain lidah mertua (sanseviera), lili perdamaian (peace lily), lili paris (Spider plant), dan lidah buaya (Aloe vera). Menaruh tanaman-tanaman ini di ruangan kerja akan menyediakan udara bersih untuk Anda hirup. 

  1. Mengurangi stres

Bagi para pekerja, stres sudah seperti “teman” sehari-hari. Hampir 80 persen pekerja mengatakan pernah mengalami stres yang berhubungan dengan pekerjaan (workplace stress).

Stres yang berlangsung jangka panjang dapat membuat kondisi tubuh menurun dan rentan mengalami berbagai penyakit. Merawat tanaman dalam ruangan dapat mengurangi rasa stres tersebut. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dimuat dalam Journal of Physiological Anthropology.

Menurut penelitian tersebut, mereka yang berinteraksi dengan tanaman merasa lebih nyaman dan santai dibandingkan mereka yang terus menerus berhadapan dengan komputer. Tidak hanya stres, memelihara tanaman juga dapat membantu para penderita depresi dan trauma pasca bencana untuk pulih dari gejalanya. 

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif 

Siapa sangka, tanaman hijau kecil di atas meja kerja dapat meningkatkan kemampuan berpikir Anda?

Penelitian di Inggris membuktikan tanaman yang terdapat dalam ruangan akan melejitkan kemampuan Anda untuk fokus dan berkonsentrasi saat bekerja. Kekuatan memori pun akan semakin kuat ketika Anda memelihara tanaman. 

  1. Produktivitas kerja melesat

Masih berhubungan dengan kemampuan kognitif, memelihara tanaman pun dapat meningkatkan produktivitas kerja. Tanaman dalam ruangan dapat meningkatkan produktivitas kerja hingga 15 persen. Selain itu, dengan tanaman, para pekerja pun menjadi lebih stabil emosinya dan lebih mampu bekerja dengan optimal. 

  1. Mempercepat pemulihan saat sakit

Bagi Anda yang sering mengalami sakit kepala, kecemasan, atau sedang mengalami nyeri akibat luka tertentu, memelihara tanaman dapat mempercepat proses penyembuhannya.

Beberapa jenis tanaman bahkan telah terbukti dapat menyembuhkan penyakit, seperti lidah buaya yang bermanfaat untuk mengatasi iritasi kulit. 

Apakah Anda tertarik untuk meletakkan tanaman dalam ruangan baik di rumah atau tempat kerja? Jangan ragu untuk memulainya dari sekarang. Sebagai panduan, Anda bisa memulai dari beberapa jenis tanaman yang mudah untuk dirawat. Dengan demikian, segala manfaat di atas pun dapat Anda nikmati. 

[NP/ RVS]