Harus Siap, Inilah Tanda Ibu Hamil Mau Melahirkan Bayi

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 06 Apr 2020, 08:31 WIB
Supaya persalinan berjalan dengan lancar dan sehat, ibu hamil wajib mengenali tanda mau melahirkan bayi. Ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Tanda Ibu Hamil Mau Melahirkan Bayi

Klikdokter.com, Jakarta Kehamilan yang sudah mendekati hari perkiraan lahir (HPL) memang bikin deg-degan. Itulah sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui setiap tanda  mau melahirkan. Semakin Anda mengerti, semakin siap pula Anda menyambut kelahiran si buah hati.

Perlu diketahui bahwa secara umum, usia kehamilan yang normal berkisar antara 37–42 minggu. Kehamilan kurang dari 37 minggu disebut prematur, sementara jika lebih dari 42 minggu disebut postmatur. 

Pada kasus kelahiran prematur, umumnya hanya si bayi yang mengalami masalah kesehatan. Hal ini terjadi karena organ tubuh bayi masih belum terbentuk dengan sempurna, sehingga risiko terjadinya masalah kesehatan akan lebih tinggi.

Sedangkan pada usia kehamilan lebih dari 42 minggu, hal ini kurang baik bagi ibu dan janin. Pasalnya, setelah usia kehamilan melebihi 42 minggu, ari-ari atau plasenta tidak bekerja dengan baik. Selain itu, jumlah air ketuban pun sudah berkurang, sehingga bisa menimbulkan jepitan pada tali pusat saat bayi bergerak.

Artikel Lainnya: Ini Bahayanya Jika Ibu Memaksa Lahiran Normal

1 of 3

Tanda Mau Melahirkan Bayi yang Wajib Diketahui

Tanda Mau Melahirkan Bayi: Kontraksi Rahim
Tanda Mau Melahirkan Bayi: Kontraksi Rahim

Apabila usia kehamilan mendekati 37 minggu, Anda sebaiknya melakukan persiapan untuk menghadapi proses persalinan. Selain itu, Anda juga wajib kenali tanda akan melahirkan berikut ini:

  1. Kontraksi Rahim

Memasuki masa melahirkan, kontraksi rahim akan sering terjadi dan sifatnya teratur: kuat dan semakin lama. Kontraksi rahim yang merupakan tanda mau melahirkan tidak akan menghilang meski ibu sudah beristirahat. 

  1. Lendir Bercampur Darah

Selama masa kehamilan, leher rahim (serviks) ditutupi oleh lendir yang kental dan menyumbat. Namun saat memasuki masa melahirkan, serviks akan membesar dan membuat sumbatan tersebut keluar melalui vagina. Lendir yang keluar akan berwarna merah karena bercampur dengan darah.

  1. Pecahnya Air Ketuban

Air ketuban biasanya akan keluar setelah terjadi jarak kontraksi rahim yang teratur dan kuat. Kondisi air ketuban yang normal, yaitu jernih dan tidak berbau.

Jika air ketuban sudah pecah, tandanya masa persalinan akan terjadi sekitar 24 jam setelahnya.

  1. Nyeri di Area Selangkangan

Nyeri di area selangkangan dapat terjadi apabila janin sudah turun ke panggul bagian atas. Namun, tidak semua ibu hamil yang hendak melahirkan akan mengalami kondisi ini.

  1. Gerakan Janin Sudah Mulai Berkurang

Gerakan janin akan sering terjadi memasuki masa trimester ketiga. Normalnya, janin akan bergerak sebanyak 10 kali dalam durasi 1 jam.

Memasuki masa persalinan, gerakan janin di dalam perut akan semakin berkurang dari jumlah tersebut. Hal ini terjadi karena janin sudah masuk ke dalam ‘pintu’ atas panggul, sehingga pergerakannya semakin terbatas karena ruang gerak yang sempit.

Artikel Lainnya: 7 Penyebab Bayi Lahir Prematur

2 of 3

Persiapan Persalinan yang Perlu Dilakukan

Ilustrasi Persiapan Persalinan
Ilustrasi Persiapan Persalinan

Mengetahui tanda mau melahirkan sangat penting bagi ibu yang sudah memasuki trimester ketiga. Hal ini utamanya untuk ibu yang berencana melahirkan normal, karena janin dapat keluar kapan saja saat dia sudah siap.

Guna menghadapi kondisi tersebut, ibu hamil sebaiknya telah melakukan persiapan yang matang dan memutuskan rumah sakit mana yang hendak dijadikan sebagai tempat melahirkan.

Tak cukup dengan itu, Anda dan pasangan juga sebaiknya sudah mulai menyiapkan barang-barang yang akan dibawa ke rumah sakit. Hal ini dilakukan agar semua perlengkapan ibu dan bayi sudah siap dan bisa langsung dibawa jika datang waktunya bersalin.

Perlengkapan yang wajib dipersiapkan, antara lain:

  • Pakaian ibu. Usahakan memilih pakaian yang berkancing agar mudah saat digunakan untuk menyusui
  • Pakaian dalam dan bra khusus menyusui
  • Pembalut untuk ibu
  • Peralatan mandi ibu
  • Pakaian bayi, termasuk sarung tangan, sarung kaki, topi, popok kain dan selimut

Dengan mengetahui tanda bayi akan lahir, Anda bisa melakukan persiapan matang sehingga segala prosesnya berjalan dengan lancar. Karenanya, kenali tanda akan melahirkan agar Anda bisa lebih peka terhadap segala perubahan yang terjadi menjelang waktu persalinan.

Jika Anda ragu dalam mengetahui tanda bayi akan lahir, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada tim dokter dari KlikDokter melalui Live Chat 24 jam. Gratis, lho!

(NB/RPA)

Lanjutkan Membaca ↓