Diet Ayurveda, Apakah Efektif Menurunkan Berat Badan?

Oleh Tamara Anastasia pada 03 Sep 2019, 16:40 WIB
Pernah dengar tentang diet Ayurveda? Apakah diet tersebut efektif menurunkan berat badan?
Diet Ayurveda, Apakah Efektif Menurunkan Berat Badan? (Oleksandra-Naumenko/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak metode diet yang bisa Anda jalankan untuk mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal. Salah satu yang mungkin pernah Anda dengar adalah diet Ayurveda. Namun, seberapa efektif diet ini dalam menurunkan berat badan? Lalu, apakah dokter merekomendasikannya?

Apa itu diet Ayurveda?

Meski jarang terdengar, diet Ayurveda merupakan jenis diet yang sudah ada di India sejak ribuan tahun lalu. Dilansir dari Verywell Fit, diet Ayurveda merupakan diet yang dilakukan dengan konsep holistik, yang menggabungkan antara kesehatan tubuh dan pikiran.

Meski terdengar baik untuk kesehatan mental dan fisik, namun dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter mengatakan jika diet Ayurveda ini belum direkomendasikan oleh tim medis sebagai acuan utama seseorang dalam menurunkan berat badan.

“Kalau acuannya hanya menggabungkan pikiran, energi (yang berbau spiritual), dan kesehatan tubuh, rasanya kurang nyambung, ya. Diet itu seharusnya mengatur pola makan yang sehat juga. Namun, diet Ayurveda ini juga memakai pedoman di mana seseorang harus menyantap makanan yang masih segar. Kalau pedomannya yang ini, baru benar dan bisa efektif untuk menurunkan berat badan,” ujar dr. Alvin.

Ya, selain menggabungkan antara kesehatan tubuh dan pikiran, diet Ayurveda juga dijalankan dengan membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan-makanan yang masih segar.

“Maksud makanan yang masih segar di sini bukanlah makan daging mentah, telur mentah, atau segala macam yang masih mentah. Melainkan, makanan penuh gizi dengan bahan-bahan alami yang baru saja diolah. Bukan makanan instan atau siap saji,” tambah dr. Alvin.

1 of 2

Cara kerja diet Ayurveda

Dikutip dari laman Healthline, setiap manusia memiliki tipe pikiran tubuh yang berbeda-beda. Tipe pikiran tubuh ini lebih sering disebut sebagai dosha.

Ada tiga tipe pikiran tubuh yang utama, yakni Kapha, Pitta dan Vata. Masing-masing tipe pikiran tubuh tersebut memiliki cara diet Ayurveda yang juga berbeda-beda. Ini penjelasannya:

1. Dosha Kapha

Dosha Kapha merupakan jenis tipe pikiran tubuh yang paling besar. Umumnya, orang yang memiliki dosha ini cenderung memiliki sistem metabolik yang lamban, sehingga akan sangat mudah mengalami kenaikan berat badan dan obesitas. Kondisi ini juga bisa diikuti dengan gejala diabetes, depresi, dan asma.

Bila Anda adalah salah satu orang dengan dosha ini, maka hindari makanan yang digoreng, berminyak, berlemak, serta mengandung banyak susu dan krim. Pilihlah makanan yang segar, seperti sayuran yang telah diolah dengan bumbu masak atau sayuran yang sebelumnya telah dikukus atau direbus. Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan segar sebagai camilan sehat.

2. Dosha Pitta

Dosha Pitta merupakan jenis tipe pikiran tubuh sedang, di mana orang dengan dosha ini sangat gemar makan dan memiliki sistem pencernaan yang lemah. Orang dengan tipe ini biasanya sering mengalami gangguan pencernaan.

Tak hanya itu, risiko terkena penyakit jantung juga lebih tinggi pada orang dengan dosha ini. Oleh karena itu, orang dengan tipe dosha Pitta disarankan lebih sering mengonsumsi sayur dan buah dengan serat tinggi, serta mengurangi konsumsi makanan berminyak.

3. Dosha Vata

Berbeda dari yang sebelum-sebelumnya, dosha Vata merupakan jenis tipe pikiran tubuh bagi mereka yang sulit menaikkan berat badan.

Jika dosha Anda adalah Vata, maka perbanyaklah makanan yang mengandung lemak baik, seperti alpukat, cokelat hitam, ikan salmon, dan produk olahan susu. Hindari minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan, sebab minuman ini bisa membuat berat badan Anda naik dengan cara yang tak sehat. 

Jika Anda berniat untuk melakukan diet Ayurveda, pastikan mengetahui terlebih dahulu dosha apa yang Anda miliki. Lalu, imbangi juga dengan olahraga secara teratur setiap hari. Dokter Alvin menyarankan agar orang yang ingin menurunkan berat badan mengalokasikan sekitar 150 menit dalam seminggu untuk olahraga. Jadi, tunggu apa lagi? Segera atur pola makan Anda dan kosongkan waktu untuk mulai berolahraga.

[MS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓