5 Manfaat Sehat Minum Matcha yang Tidak Pernah Anda Duga

Oleh dr. Arina Heidyana pada 05 Sep 2019, 08:00 WIB
Anda suka minum matcha? Anda beruntung! Banyak sekali manfaat minum matcha yang bisa dirasakan tubuh.
5 Manfaat Sehat Minum Matcha yang Tidak Pernah Anda Duga (Anna_Pustynnikova/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Minum matcha kini makin populer dilakukan masyarakat Indonesia karena minuman ini memang kaya manfaat. Minuman khas dari Jepang ini berasal dari teh hijau yang diproses dengan cara ditumbuk hingga halus. Sebelum diproses, daun teh hijau melalui banyak tahapan panjang agar tetap menjaga pigmen daun tetap sempurna sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga. 

Hal itulah yang membedakan matcha dengan minuman teh hijau biasa. Matcha memiliki kandungan yang sangat kaya akan antioksidan, bahkan kandungan antioksidannya lebih banyak dari jenis teh hijau lainnya. 

Zat ini dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat. Lalu, apa lagi manfaat minum matcha

  1. Mengurangi risiko kanker

Berdasarkan penelitian dari National Cancer Institute (NCI), kandungan antioksidan pada matcha—khususnya Epigallocathecin 3 gallate—dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Kandungan katekinnya secara spesifik mendorong enzim detoksifikasi bekerja. 

Enzim-enzim ini, seperti glutathione S-transferase dan quinone reductase, dikenal mampu mencegah pertumbuhan tumor. Berdasarkan penelitian juga ditemukan bahwa kandungan polyphenols di dalam matcha dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dan bahkan membunuh sel kanker.

  1. Mengurangi berat badan

Salah satu manfaat minum matcha adalah mengurangi berat badan. Diyakini bahwa kandungan tinggi katekin dari matcha dapat membantu Anda mengatur nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk ngemil

Katekin dapat membantu menghambat pergerakan glukosa menjadi sel-sel lemak, yang memperlambat kenaikan gula darah dan penyimpanan lemak selanjutnya. Ketika gula darah tetap stabil, Anda cenderung tidak mudah merasa lapar. 

Selain itu, antioksidan epigallocatechin gallate – atau ECGC – dapat membantu meningkatkan metabolisme. Anda pun lebih mungkin untuk meningkatkan dan menurunkan berat badan, terutama jika Anda juga berolahraga dibarengi dengan konsumsi makanan sehat. 

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Harvard Health melaporkan, “Menurut penelitian di Jepang, orang yang minum lebih dari 5 cangkir teh hijau sehari memiliki risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke 26% lebih rendah daripada orang yang minum kurang dari satu cangkir teh hijau sehari. Penelitian ini dilakukan pada 40.530 orang dewasa di Jepang."

Mereka mengungkapkan, kemungkinan besar manfaat ini berhubungan dengan kandungan katekin dari matcha yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Keduanya diketahui berkorelasi dengan penyakit jantung dan stroke.

  1. Meningkatkan masa penyembuhan pada atlet

Selain sangat efektif untuk membantu mencegah penyakit serius, matcha juga dapat membantu atlet pulih setelah latihan intensif dan membangun kekuatan sel. Ya, matcha mengandung sejumlah katekin dalam jumlah besar melebihi makanan atau minuman yang kaya antioksidan lainnya. 

Aspek penting lain dari katekin adalah kemampuan mereka untuk membantu atlet pulih lebih cepat. Uji klinis telah menunjukkan bahwa katekin mempercepat waktu pemulihan setelah latihan intensitas tinggi. Katekin juga dapat mencegah kerusakan sel akibat ketidakseimbangan antioksidan dan radikal bebas. 

  1. Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

Matcha juga mengandung kafein tiga kali lebih banyak dari teh hijau. Ini menjadikan matcha baik untuk meningkatkan konsentrasi Anda. Tak hanya itu, kafein juga bermanfaat untuk memperlambat penurunan kognitif, menambah daya ingat, serta energi.

Akan tetapi, hindari mengonsumsi kafein sebelum tidur karena dapat mengganggu waktu istirahat Anda. Konsumsi kafein yang aman adalah 300-400 miligram per hari.

Sudah ada begitu banyak penelitian mengenai manfaat minum matcha pada kesehatan. Namun seperti halnya makanan atau minuman lain, matcha juga tetap harus dikonsumsi dalam porsi yang wajar. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan manfaat matcha secara optimal. 

[HNS/ RVS]