6 Bahan Alami untuk Mengatasi Sariawan yang Mengganggu

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 05 Sep 2019, 14:00 WIB
Sariawan dan merasa tak nyaman karenanya? Jangan buru-buru ambil obat. Anda bisa mengatasi sariawan dengan bahan-bahan alami ini!
6 Bahan Alami untuk Mengatasi Sariawan yang Mengganggu (C.PIPAT/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan. Meski terkesan sebagai keluhan yang umum terjadi, namun bisa sangat menganggu mereka yang mengalaminya. Sebelum ke dokter, Anda bisa mengatasi sariawan dengan bahan-bahan alami. Tentu saja jika kondisi sariawan Anda tidak parah ya.

Sariawan biasanya terletak pada bibir bagian dalam, pipi, langit-langit mulut, gusi atau lidah. Keluhan ini bisa terjadi akibat trauma tergigit, gesekan bagian gigi yang tajam terhadap mukosa mulut, kebersihan mulut yang buruk, kekurangan nutrisi dan vitamin, infeksi, stres, hormon yang tidak seimbang, dan adanya suatu penyakit.

Sariawan, dengan bentuk yang oval dengan dasar kekuningan dan kemerahan di pinggirnya, menimbulkan rasa sakit yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, tak sedikit penderita sariawan yang menahan keinginan untuk makan bahkan untuk sekadar membuka mulut.

Nah, bagi Anda yang sedang – atau sering mengalami – sariawan, keluhan yang satu ini sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, apabila merasa jengkel dengan rasa sakit dan nyeri yang timbul karenanya, Anda perlu melakukan tindakan pengobatan agar sariawan bisa sembuh lebih cepat. 

Pengobatan yang dimaksud tak melulu mengandalkan pil atau kapsul yang mengandung bahan kimiawi. Anda juga bisa mengobati sariawan dengan bahan-bahan alami.

1 of 3

Bahan alami untuk atasi sariawan

Lidah buaya (Pixel Shot/Shutterstock)
Lidah buaya (Pixel Shot/Shutterstock)

Beberapa bahan alami yang terbukti efektif untuk mengurangi keluhan, bahkan menyembuhkan sariawan lebih cepat adalah:

  1. Lidah buaya

Lidah buaya telah lama dipercaya dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan sariawan di mulut. Ini karena tumbuhan yang memiliki nama lain aloe vera itu dapat bekerja sebagai antiseptik dan mengandung zat antioksidan serta antiradang. 

Untuk merasakan manfaat ini, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ke daerah yang mengalami sariawan. Anda juga bisa berkumur sebanyak tiga kali sehari, dengan menuangkan satu hingga tiga sendok makan ekstrak lidah buaya. Jangan sungkan bila ingin menelan hasil kumur tersebut. 

  1. Kunyit

Tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, kunyit ternyata memiliki kemampuan untuk membantu mengatasi sariawan di mulut. Manfaat ini berkat zat kurkumin (diferuloylmethane) atau pigmen kuning dalam kunyit, yang juga merupakan antioksidan dan zat antiradang.

  1. Chamomile

Chamomile adalah sejenis tanaman berbunga yang dapat digunakan secara medis sebagai “obat”. Tanaman ini dapat meringankan rasa sakit pada orang yang mengalami sariawan.

Untuk merasakan manfaatnya, Anda dapat mengolah chamomile menjadi teh. Selain itu, untuk mengatasi sariawan, Anda juga bisa berkumur dengan teh chamomile yang disajikan pekat sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari, lalu tempelkan kantong teh chamomile yang sudah diseduh pada daerah yang terkena sariawan.

2 of 3

Selanjutnya

  1. Madu

Madu (Showcake/Shutterstock)
Madu (Showcake/Shutterstock)

Madu dikenal sebagai humektan alami yang dapat menjaga kelembapan dan membantu mulut tetap terhidrasi. Produk lebah ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan, termasuk untuk kasus sariawan. Supaya efektif, Anda dapat mengoleskan madu pada bagian mulut yang terkena sariawan sesering mungkin hingga sariawan sembuh.

  1. Baking soda

Bahan rumahan ini sangat efektif untuk mengatasi luka. Bubuk baking soda menetralkan asam yang menyebabkan ulserasi (lesi dalam mulut). Selain itu, kandungan antibakteri yang terdapat di dalam baking soda juga bisa membantu proses penyembuhan secara cepat.

Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa mencampur baking soda dengan sedikit air dan aduk hingga berbentuk pasta, kemudian oleskan langsung pada bagian yang mengalami sariawan. 

  1. Daun ketumbar

Daun ketumbar mengandung zat yang mampu mengatasi peradangan, termasuk dalam hal sariawan. Untuk merasakan manfaat ini, rebus daun ketumbar, kemudian saring dan biarkan hingga air menjadi hangat suam-suam kuku. Lalu, kumurlah dengan air tersebut sebanyak tiga hingga empat kali sehari.

Bahan sederhana yang mudah ditemukan di rumah ternyata dapat menjadi obat alami untuk mengatasi sariawan. Namun, jika keluhan tak kunjung membaik dalam beberapa hari setelah penggunaan bahan-bahan tersebut, atau Anda sangat sering mengalami sariawan tanpa sebab yang jelas, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut pada dokter. 

(NB/ RVS)

Lanjutkan Membaca ↓