Hobi Makan Junk Food Bisa Memicu Kebutaan?

Tidak hanya memicu obesitas, sering makan junk food juga disebut bisa mengakibatkan kebutaan. Benarkah demikian?
Hobi Makan Junk Food Bisa Memicu Kebutaan? (Dean Drobot/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Sudah bukan rahasia kalau terlalu sering makan junk food bisa memicu kegemukan dan mengganggu pencernaan. Akan tetapi, baru-baru ini, sebuah laporan menunjukkan bahwa terlalu sering makan junk food ternyata bisa menyebabkan kebutaan. Laporan ini merujuk pada peristiwa yang tengah dialami remaja berusia 17 tahun di Inggris. 

Dia diketahui mengalami kebutaan setelah mengonsumsi junk food selama bertahun-tahun. Dalam artikel yang dikutip dari WebMD, sang remaja bertahun-tahun hanya makan keripik kentang, kentang goreng, potongan daging dingin, dan roti putih. Menariknya, meski kebiasaan makannya buruk, indeks massa tubuhnya tetap normal. 

Baca Juga

Akan tetapi, remaja itu kekurangan vitamin dan mineral penting. Dia mengalami anemia, kepadatan mineral tulang yang buruk, serta rendahnya kadar vitamin B-12, vitamin D, tembaga, dan selenium.

Lantas, bagaimana tanggapan medis mengenai hal ini?

Junk food picu kebutaan?

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, makan junk food tidak serta-merta membuat anak jadi buta. Akan tetapi, makan junk food secara terus-menerus perlahan-lahan akan memengaruhi sistem jaringan tubuh anak, termasuk pada saraf mata anak. Hal ini juga ditambah oleh minimnya asupan nutrisi yang didapatkan anak karena selalu makan junk food

“Karena tidak mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup, sistem kerja tubuh anak juga menjadi tidak maksimal. Hal ini berpengaruh pada seluruh tubuh, termasuk pada kondisi kesehatan mata anak,” ujar dr. Karin. 

Selain itu, dikutip dari laman WebMD, seorang penulis studi bernama Denize Atan juga membuktikan bahwa anak yang terlalu sering makan makanan cepat saji, mampu meningkatkan risiko kebutaan di masa depan. 

“Ini memicu neuropati optik gizi. Ini adalah bentuk langka kerusakan pada saraf optik akibat kekurangan pangan yang penuh dengan vitamin dan gizi. Jika tidak segera dicegah, hal ini dapat berujung pada hilangnya penglihatan,” ujar Denize Atan. 

“Sebenarnya bukan hanya junk food yang memiliki efek toxic pada penglihatan anak. Namun, tidak mendapat asupan yang bergizi dan bervariasi juga menjadi faktor pendukung anak bisa mengalami rabun,” dia menambahkan. 

1 dari 2

Hindarkan diri dari junk food

loading

Menurut penulis studi sekaligus dosen senior konsultan di Bristol Medical School itu, ada banyak vitamin yang seharusnya dipenuhi untuk menunjang kesehatan mata. Vitamin-vitamin itu meliputi vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B9 (folat), vitamin B12 (kobalamin), zat besi, kalsium, magnesium, dan tembaga.

“Mungkin jika dia sesekali makan junk food dan diimbangi dengan ikan dan sayuran, kebutaan tidak akan menimpanya,” ujar Atan.

Karena begitu menggoda, Anda perlu membuat rencana-rencana khusus untuk menghindari junk food. Dilansir dari Healthline, beberapa tips yang bisa lakukan adalah:

  • Konsumsi protein

Diet kaya protein membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan junk food. Isi diet Anda dengan sumber protein sehat, seperti ikan, kacang polong, sayuran. 

  • Makan asupan lemak baik

Lemak telanjur dikenal akan sifatnya yang jahat dan bisa membuat gemuk. Padahal, tubuh Anda membutuhkan lemak. Ada banyak jenis lemak.  Konsumsilah lemak yang menyehatkan jantung, seperti kacang dan alpukat. Asupan ini akan membantu Anda merasa kenyang. Masukkan segenggam kacang almond ke dalam menu camilan sore Anda. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh.

  • Perbanyak buah

Buah mengandung gula, tetapi memiliki banyak vitamin, antioksidan, dan air. Buah juga mengandung serat yang membuat Anda kenyang lebih lama. Masukkan semangkuk buah beri, apel potong, atau jeruk dalam camilan Anda.

  • Makan asupan “pelangi”

Tambahkan beberapa makanan ke dalam menu harian Anda. Semakin banyak variasi makanan dalam diet Anda, semakin kecil kemungkinan Anda akan bosan atau menginginkan junk food

Mengonsumsi beragam makanan dengan berbagai warna juga akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu pencegahan penyakit juga. Misalnya, semangkuk salad berisi kentang, bit, brokoli, dan wortel.

Informasi yang mengatakan bahwa sering makan junk food bisa memicu kebutaan memang benar adanya. Kondisi itu bisa terjadi ketika Anda hanya mengonsumsi satu jenis makanan tersebut dan melupakan makanan bernutrisi lainnnya. Nah, agar terhindar dari kondisi tersebut, mulailah perbanyak minum air putih, serta banyak mengonsumsi sayur dan buah segar.

[HNS/ RVS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Ini Alasan Mengapa Anda Tak Boleh Tidur Memakai Lensa Kontak

Info Sehat
23 Jul

Punya Gangguan Penglihatan, Bolehkah Berenang Pakai Softlens?

Info Sehat
13 Jul

Hobi Makan Junk Food Rentan Picu Alergi?

Info Sehat
23 Jun

Waspada, Katarak Juga bisa Menyerang Kelompok Usia Muda

Info Sehat
02 Mei

Kenali 4 Komplikasi Diabetes Ini

Info Sehat
11 Apr

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk