Merendam Kaki dengan Air Garam Bisa Menghilangkan Lelah?

Oleh Ayu Maharani pada 05 Sep 2019, 14:40 WIB
Selain tidur dan dipijat, merendam kaki dengan air garam bisa menghilangkan lelah. Benar atau tidaknya hal tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.
Merendam Kaki dengan Air Garam Bisa Menghilangkan Lelah? (IVL/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Setelah lelah beraktivitas seharian, salah satu bagian tubuh yang paling terasa pegal adalah kaki. Nah, merendam kaki dengan air garam diklaim dapat menghilangkan rasa pegal tersebut. Setelah itu, rasa lelah yang dirasakan seluruh tubuh serta pegal yang dirasakan pada bagian kaki pun diyakini akan mereda. Namun, benarkah pendapat ini?

Kombinasi garam dan air hangat 

Manfaat mengusir pegal dan lelah dengan rendaman air garam tersebut dibenarkan oleh dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter. Menurutnya, rendaman air garam biasanya menggunakan air hangat.

“Nah, air hangat itu berfungsi untuk merilekskan otot-otot yang tegang setelah dipakai beraktivitas seharian. Adapun garam bersifat antiinflamasi. Rasa nyeri otot atau pegal-pegal pun bisa reda karena hal tersebut,” jelas dr. Karin. 

Dengan demikian, merendam kaki dengan air garam memang efektif untuk menghilangkan lelah, sekaligus mengurangi rasa pegal.

Jika rasa pegal ingin benar-benar hilang, sembari merendam kaki dengan air garam, Anda juga bisa melakukan pijatan-pijatan di bagian yang terasa pegal. Tak ada salahnya juga untuk menuangkan minyak esensial untuk membuat air rendaman menjadi harum sekaligus menghilangkan bau tak sedap pada kaki. 

Setelah 10-15 menit merendam kaki sambil memberikan pijatan, Anda juga bisa melanjutkannya dengan mandi air hangat agar keseluruhan tubuh bisa rileks. 

Sementara itu, dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc Hons dari KlikDokter berpendapat, tak cuma bisa menghilangkan lelah dan pegal, merendam kaki dalam air garam juga memberikan manfaat, seperti:

  • Menstimulasi sirkulasi tubuh
  • Meredakan kram otot
  • Membantu meringankan kekakuan pada persendian
  • Membantu meredakan pada punggung dan tungkai akibat terlalu banyak bekerja.

Jika kaki direndam dalam air hangat tanpa tambahan garam, itu tetap memberikan manfaat. Hanya saja, menurut dr. Alberta Jesslyn, suhu hangat pada air tidak akan bertahan lama. Dengan demikian, menambahkan garam dalam air hangat untuk merendam kaki adalah keputusan yang tepat. 

Merendam kaki dengan air garam bisa usir insomnia

Satu lagi manfaat yang didapat dengan merendam kaki dengan air garam, yakni mengusir insomnia. Teratasinya insomnia setelah merendam kaki dengan air garam hangat sebenarnya berasal dari efek rileks. Biasanya, orang yang sering mengalami insomnia memiliki kondisi otot yang tegang sehingga tak nyaman untuk dibawa tidur. 

Nah, ketika otot sudah tak tegang lagi, rasa tenang dan kantuk akan datang dengan sendirinya. Alhasil, Anda pun tidak membutuhkan waktu lama untuk terlelap. Untuk memaksimalkan efek tenang sebelum tidur, sesuaikan juga kondisi kamar tidur Anda. Redupkan pencahayaan, sesuaikan suhu ruangan, dan—bila memang suka—pasang aromaterapi. 

Ada satu hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda merendam kaki dengan air garam hangat, yakni jenis kulit. Apabila jenis kulit Anda adalah kulit yang super kering. Sebaiknya jangan terlalu lama berendam atau mandi dengan air hangat.

Pasalnya, itu bisa menambah efek kering dan bisa menimbulkan sensasi gatal setelahnya. Untuk mengatasi hal tersebut, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap pada kulit kaki yang kering dan jangan tergoda untuk menggaruknya karena bisa bikin iritasi.

Merendam kaki dengan air garam adalah alternatif meredakan pegal dan lelah setelah seharian beraktivitas. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah saat bersantai bersama keluarga. Akan tetapi, tunda merendam kaki jika Anda memiliki luka di kaki. Sebaiknya, sembuhkan dulu luka sebelum Anda merendamnya di air garam. Jika nekat melakukannya, luka akan terasa sangat perih.

[HNS/ RVS]