Tips Sukses Kembali Olahraga Rutin setelah Liburan

Oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD pada 08 Sep 2019, 10:00 WIB
Liburan bikin Anda malas untuk kembali melakukan olahraga secara rutin? Jangan tinggal diam, lakukan ini untuk mengatasinya.
Tips Sukses Kembali Olahraga Rutin setelah Liburan (Jacek-Chabraszewski/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Liburan menjadi momen yang umumnya digunakan untuk pesta pora guna melupakan segala hal-hal yang mengganjal di pikiran. Tak jarang, liburan juga menjadi ajang untuk melupakan gaya hidup sehat, tak terkecuali tentang kegiatan olahraga yang biasa Anda lakukan secara rutin sebelumnya.

Jangan terjebak dan tinggal diam. Anda mesti memupuk semangat untuk kembali menerapkan gaya hidup sehat, termasuk menjalankan olahraga yang sebelumnya menjadi rutinitas.

Nah, supaya Anda bisa kembali semangat untuk berolahraga secara rutin seperti sebelumnya, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Mulailah dengan olahraga ringan dan menyenangkan

Jika Anda sudah tidak berolahraga dalam waktu lama, langkah awal yang perlu dilakukan agar kembali semangat adalah memilih jenis olahraga yang ringan dan membuat Anda senang saat melakoninya.

Berenang, jogging, atau berlari di sekitar lingkungan rumah bisa Anda jadikan pilihan. Agar tidak mudah bosan, tingkatkan intensitas olahraga yang dilakukan secara bertahap hingga Anda mencapai “batas” ketahanan tubuh seperti sebelumnya.

Sebagai contoh, jika sebelum liburan Anda dapat berlari selama 20 menit, maka Anda dapat mulai berlari selama 10 menit untuk tahap awal. Lalu Anda tingkatkan secara bertahap hingga sampai pada intensitas olahraga yang dilakukan sebelum berlibur.

2. Buatlah jadwal

Menentukan jadwal dapat memotivasi Anda agar tidak menunda untuk kembali olahraga setelah liburan. Karenanya, tentukan waktu di mana Anda bisa sepenuhnya berolahraga. Pastikan waktu yang dipilih tidak bertabrakan dengan kesibukan, agar Anda bisa lebih leluasa mengatur jadwal olahraga yang hendak dilakukan.

3. Terapkan pola makan sehat

Guna memotivasi Anda untuk kembali menerapkan gaya hidup sehat dan aktif, iringi menu sehari-hari dengan asupan yang sehat dan bergizi seimbang. Konsumsilah makanan yang rendah lemak trans, rendah garam, dan tinggi serat.

Layaknya olaraga, Anda juga bisa memulai pola makan sehat secara bertahap. Misalkan, Anda hanya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu. Secara bertahap, Anda tingkatkan frekuensinya hingga menjadi setiap hari.

4. Lakukan secara konsisten

Setelah berlibur dalam waktu lama, tubuh Anda akan terbiasa dengan gaya hidup tanpa olahraga. Sehingga, perlu waktu untuk beradaptasi dan kembali ke kebiasaan yang dilakukan sebelum berlibur.

Maka, agar kemalasan tidak kembali datang, tanamkan niat yang kuat di dalam hati dan lakukan perubahan positif yang sedang Anda usahakan secara konsisten. Dengan ini, Anda bisa kembali ke kebiasaan lama, di mana olahraga dan pola makan sehat adalah rutinitas yang tidak boleh ditinggalkan.

Memang tidak mudah. Namun dengan niat, usaha dan konsistensi yang kuat, niscaya Anda bisa kembali menerapkan gaya hidup sehat dan olahraga secara rutin setelah kembali dari liburan panjang. Jangan merasa putus asa jika nantinya rasa malas melanda di tengah jalan. Teruslah berusaha dan cari sesuatu yang bisa terus memotivasi, hingga akhirnya gaya hidup sehat dan olahraga sepenuhnya menjadi bagian dari hidup Anda.

(NB/ RVS)